7 Keunggulan SIG (Sistem Informasi Geografi) dan Penjelasannya

Diposting pada

Bentuk Keunggulan SIG

SIG yang lebih dikenal dengan Sistem Informasi Geografi dalam objek studi Geografi memailiki peranan yang sangat penting bagi perkembangan hasil penelitian.

Utamanya SIG ini menggunakan komputerdalam proses mitigasi bencana, pengelolaan tata kota, serta kondisi kewailayahan dan keruangan lainnya. Atas alasan demikinlah keunggulan penggunaan SIG untuk informasi keruangan ini juga mempunyai perbedaan utama dengan manfaat penginderaan jauh, salah satunya ia mampu sebagai alat analisis keruangan pada sektor-sektor yang terdalam. Sehingga memunculkan hasil lebih sepesifik dibandingkan dengan Indraja.

SIG (Sistem Informasi Geografi)

SIG adalah serangkaian gabungan daripada komponen yang dipergunakan untuk sebagai analisis data keruangan dengan mengedepankan tahapan-tahapan agar hasil yang diutarakan sesuai dengan kondisi wilayah dan kewilahan yang ada.

Adapun komponen Sistem Informasi Geografi ini juga terdiri atas berbagai bentuk, yaitu perangkat lunak, perangkat keras, data, dan manusia. Yang kesemuanya saling terkait dan berhubungan antara satu dengan lainnya.

Keunggulan SIG (Sistem Informasi Geografi)

Keunggulan Sistem Informasi Geografi
Keunggulan SIG

Beberapa jenis keunggulan yang dimiliki dari proses penggunaan SIG sebagal alat analisis informasi keruangan, antara lain;

  1. Mengintegrasikan Data

Manfaat yang mengedapankan SIG lebih dominan ialah mampu mengintegrasikan atau menyatukan bentuk penyajian data spasial dan data atribut dalam suatu sistem komputerisasi, hal ini tentusaja dapat mendorong informasi spasial baru pada objek serta subjek yang dipergunakan.

  1. Uraian Lebih Spesifik

Keungulan dalam tahapan kerja SIG ialah mampu memberikan penguraian atas unsur-unsur letak geografis di permukaan Bumi melalui beberapa layer data spasial yang dihasilkan dalam sejumlah penelitian, sehingga objeknya tidak akan terasa bias dibandingkan dengan metode lainnya.

  1. Menggunakan Software

Yang menjadi keutumaan dari penerapan SIG (Sistem Informasi Geografi) ini ialah dapat diolah dan saling terintegrasi menggunakan berbagai jenis software. Dengan langkah demikianlah tidak semua orang dapat mengoprasikan lantaran dibutuhkan pengetahuan dan skill yang memadai.

  1. Statis dan Dinamis

Pengolahan data menggunakan SIG dapat yang menjadi keutumaan lainnya ialah hasil penelitian yang dijalnkan, tentusaja ini bersifat statis dan dinamis. Sesuai dengan judul-judul penelitian serta objek yang dimabil dalam proses keruangan dan tata wilayah perkotaan/pedesaan.

  1. Murah

Keutumaan daripada SIG (Sistem Informasi Geografi) ini ialah pada proses updating data relatif lebih murah karena disajikan dalam format digital. Untuk analisa penganalisisan katanya juga tidak sulit sehingga memudahkan para peneliti untuk melakukannya.

  1. Bersifat Tetap

Keutumaan lain dalam proses SIG ini ialah pada data spasial yang diolah dapat bersifat kontinyu (tetap) dan pemanggilan data lebih mudah ketika dibutuhkan saat analisis. Kondisi ini bisa dipengaruhi dengan lantaran ada arsip yang menyimpan data-data yang diperlukan.

  1. Tampilan

Dalam segi tampilan data yang dihasilkan keunggulan SIG (Sistem Informasi Geografi)  ini dapat berupa gambar tiga dimensi dan mampu melakukan analisis spasial dengan teknik modelling. Sehingga atas dasar inilah setiap orang bisa membaca hasil penyajian data.

Kesimpulan

Dari serangkaian penjelasan dapatlah dikatakan bahwa setinya sistem ini bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan penelitian yang secara ilmiah dapat dipertangung jawabkan. Sehingg proses penggunaan SIG sangat berarti pada pendekatan geografi.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang kelebihan dari penggunaan SIG, semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pemahaman yang mendalam bagi segenap pembaca sekalian, terutama yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *