10 Klasifikasi Iklim Matahari dan Tipe-Tipenya

Diposting pada

Klasifikasi Iklim Matahari

Iklim tentu dapat dikatakan sebagai kondisi biasa dari suhu, kelembaban, tekanan lapisan atmosfer, angin, arti curah hujan, dan elemen meteorologi lainnya di area permukaan bumi untuk waktu yang lama. Secara sederhana iklim adalah kondisi rata-rata selama sekitar tiga puluh tahun. Iklim dan cuaca berbeda. Cuaca adalah kondisi sehari-hari di atmosfer. Terdapat beragam klasifikasi iklim yang pembagiannya berdasarkan pada kriteria yang berbeda-beda.

Salah satunya klasifikasi iklim adalah iklim matahari, yaitu pembagian iklim yang didasarkan pada intensitas cahaya matahari yang diterima oleh permukaan bumi karena pengaruh letak garis lintang yang berbeda. Iklim matahari bisa diklasifikasikan menjadi empat dengan masing-masing tipenya, misalnya iklim sedang yang terdiri atas dua tipe yaitu iklim maritim dan iklim kontinental.

Iklim Matahari

Iklim Matahari atau disebut juga iklim garis lintang adalah klasifikasi iklim yang didasarkan pada letak lintang suatu daerah di permukaan bumi. Oleh karena itu, iklim matahari juga bisa dipahaami sebagai iklim yang didasarkan pada kedudukan dan pergesaran semu matahari terhadap tempat-tempat di muka bumi.

Klasifikasi Iklim Matahari

Berikut ini klasifikasi iklim matahari beserta tipe-tipenya, antara lain:

  1. Iklim Tropis

Iklim tropis atau iklim megathermal merupakan iklim pada wilayah yang berada di antara dua lintang balik utara dan selatan (23½º LU – 23½º LS). Iklim tropis ditandai oleh suhu rata-rata bulanan 18 ℃ (64,4 ℉) atau lebih tinggi sepanjang tahun, dan memiliki tingkat curah hujan yang tinggi. Iklim tropis hanya terdiri dari dua jenis musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Iklim tropis bisa dibedakan menjadi tiga tipe, yaitu:

  1. Iklim Hutan Hujan Tropis

Iklim hutan hujan tropis ditemukan di tempat-tempat yang berada di sekitar wilayah khatulistiwa biasanya antara garis lintang 5º hingga 10º khatulistiwa. Namun, di beberapa daerah pesisir timur, iklim seperti itu mungkin melampaui 26º dari garis khatulistiwa.

Iklim hutan hujan tropis terutama ditandai oleh sistem tekanan rendah karena didominasi oleh doldrum sehingga menerima curah hujan sepanjang tahun, dengan rata-rata minimal 2,4 inci.

Contoh-contoh daerah dengan iklim hutan hujan tropis meliputi Bogor (Indonesia); Mbandaka (Kongo); Singapura; Klang, Malaysia; Apia Samoa (Filipina).

  1. Iklim Monsun Tropis

Iklim monsun tropis adalah jenis iklim yang ditemukan di wilayah Selatan dan Tengah Amerika dan bagian Asia Tenggara dan Selatan serta bagian Australia dan Afrika. Iklim monsun tropis dipengaruhi oleh angin monsun yang menurut musim berubah arah.

Untuk bagian khatulistiwa ini, bulan terkering dari iklim musim hujan tropis terjadi segera setelah atau pada titik balik matahari ‘musim dingin’. Curah hujan biasanya kurang dari 2,4 inci tetapi melebihi total curah hujan tahunan 3,9 inci.

Contoh-contoh daerah yang mengalami iklim monsun tropis meliputi Jakarta (Indonesia); Miami (Florida); Abidjan (Pantai Gading); Puerto Ayacucho (Venezuela); Chittagong (Bangladesh); Yangon (Myanmar); dan Macapa (Brasil).

  1. Iklim Tropis Basah dan Kering

Juga dikenal sebagai iklim Sabana. Iklim tropis basah dan kering mengalami periode kering yang panjang dan curah hujan yang kurang tahunan. Bulan terkering di iklim tropis basah dan kering memiliki presipitasi kurang dari 2,4 inci dan curah hujan kurang dari 3,9 inci total tahunan.

Iklim basah dan kering tropis terutama ditemukan di Kupang (Indonesia); Lagos (Nigeria); Bangalore, (India); Dar es Salaam (Tanzania); Barquisimeto (Venezuela); Darwin (Australia); Honolulu (AS); Fort Myers (Florida); Rio de Janeiro, (Brasil).

  1. Iklim Sub Tropis

Iklim subtropis merupakan iklim pada wilayah yang berada pada 23½º LU/LS – 40º LU/LS, yang sering ditandai oleh musim panas yang panas dan musim dingin yang ringan dengan cuaca beku yang jarang. Iklim sub tropis bisa dibedakan menjadi tiga tipe, yaitu:

  1. Iklim Sub Tropis Lembab

Iklim subtropis lembab adalah zona iklim yang ditandai oleh musim panas yang panas dan lembab, dan musim yang sejuk hingga musim dingin. Iklim ini biasanya terletak di sisi tenggara semua benua, umumnya antara garis lintang 25° dan 35° dan terletak di kutub utara dari iklim tropis yang berdekatan.

Sementara banyak iklim subtropis cenderung terletak di atau dekat lokasi pantai, dalam beberapa kasus mereka meluas ke daratan, terutama di Cina dan Amerika Serikat, di mana mereka menunjukkan variasi musim yang lebih nyata dan kontras yang lebih tajam antara musim panas dan musim dingin.

  1. Iklim Mediterania

Iklim Mediterania atau iklim musim panas yang kering ditandai dengan musim panas yang kering dan musim dingin yang basah. Zona iklim Mediterania biasanya terletak di sepanjang sisi barat benua, antara sekitar 30° dan 45° utara dan selatan khatulistiwa.

Vegetasi yang dihasilkan dari iklim Mediterania adalah garrigue atau maquis di Cekungan Mediterranean; chaparral di California; fynbos di Afrika Selatan; mallee di Australia, dan matorral di Chile. Daerah dengan iklim ini adalah tempat yang disebut “trinitas Mediterania” dari produk pertanian secara tradisional dikembangkan: gandum, anggur, dan zaitun.

  1. Iklim Gurun

Iklim gurun adalah iklim di mana terdapat kelebihan penguapan atas presipitasi. Ini meliputi 14,2% dari luas daratan bumi, gurun panas adalah jenis iklim paling umum di planet bumi setelah iklim kutub.

Meskipun tidak ada bagian dari Bumi yang diketahui benar-benar tidak berbahaya, di Gurun Atacama di Chili utara, curah hujan tahunan rata-rata selama periode 17 tahun hanya 5 milimeter (0,20 in).

  1. Iklim Sedang

Iklim sedang merupakan iklim pada wilayah yang berada pada 40º LU/LS – 66½º LU/LS, membentang antara tropis dan daerah kutub Bumi. Zona-zona ini pada umumnya mempunyai rentang suhu yang lebih luas sepanjang tahun dan perubahan musim di wilayah ini antara musim panas dan musim dingin biasa sejuk, tidak terlalu panas atau dingin.

Iklim sedang bisa dibedakan menjadi dua tipe, yaitu:

  1. Iklim Maritim atau Iklim Laut

Iklim maritim merupakan iklim yang sangat dipengaruhi oleh lautan. Iklim ini mempertahankan suhu yang cukup stabil di sepanjang musim. Daerah seperti Eropa Barat, khususnya Inggris, Dublin, Melbourne, dan Auckland, serta Amerika Utara bagian barat antara 40°  dan 60° garis LU, menglami angin yang berada di barat beriklim sedang, tepi barat benua di daerah-daerah tersebut paling sering mengalami iklim maritim.

  1. Iklim Kontinental atau Iklim Benua

Iklim kontinental mengalami musim panas yang lebih hangat dan musim dingin yang lebih dingin sebab dipengaruhi oleh tanah terhadap penerimaan dan kehilangan panas meningkat. Hal tersebut terutama berlaku di Amerika Utara.

Dengan keberdaan Pegunungan Rocky yang berorientasi utara-selatan, bertindak sebagai penghalang iklim terhadap udara maritim ringan yang bertiup dari barat.

Beberapa bagian dari zona beriklim sedang, terutama di bagian utara zona beriklim kontinental, mengalami musim dingin yang parah, misalnya Moskow dan Minnesota, ini disebut iklim hemiboreal. Beberapa tempat di zona beriklim sedang mempunyai musim panas dan musim dingin yang panas, misalnya Chicago, Budapest dan Almaty.

  1. Iklim Dingin

Iklim dingin merupakan iklim yang berada pada wilayah 66½º LU/LS – 90º LU/LS. Pada daerah kutub, panjang siang hari di musim panas bisa mencapai 24 jam dan terjadi sebaliknya pada musim dingin. Periode siang dan malam pada daerah beriklim kutub yaitu 6 bulan sekali.

Iklim kutub dibagi menjadi dua tipe, yaitu:

  1. Iklim tundara

Iklim tundra merupakan tipe iklim dingin yang terjadi di daerah kutub. Di wilayah tersebut, musim dinginnya berlangsung lama, sedangkan musim panasnya yang sejuk berlangsung singkat, udara kering, serta tanahnya selalu membeku sepanjang tahun.

Ketika musim dingin seluruh tanah tertutup oleh es. Jenis vegetasi yang tumbuh hanya berupa lumut-lumutan dan semak-semak. Wilayah beriklim tundra yang terdapat di belahan bumi utara mencakup Amerika Utara, Greenland, dan pantai utara Siberia, sedangkan yang terdapat di belahan bumi selatan yaitu Antartika.

  1. Iklim kutub atau Iklim Es

Iklim kutub atau iklim es merupakan tipe dalam arti iklim dingin yang suhunya sangat rendah secara terus-menerus, sehingga terdapat salju abadi. Wilaha beriklim kutub terletak di kutub utara yaitu Greenland (tanah hijau) dan kutub selatan yaitu di Antartika.

Itulah tadi artikel lengkap yang bisa kami bagikan pada semua pembaca. Berkenaan dengan klasifikasi iklim matahari dan tipe-tipenya. Semoga melalui postingan ini bisa memberikan bahan bacaan bagi kalian yang sedang memerlukan.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *