16 Karakteristik Benua Asia dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Karakteristik Benua Asia

Asia bisa dikatakan sebagai salah satu benua terbesar di dunia, meliputi sekitar 30 persen dari luas daratan planet Bumi. Itu juga merupakan benua terpadat di dunia, dengan sekitar 60 persen dari total populasi. Asia merupakan bagian timur super kontinen Eurasia; Eropa menempati bagian barat. Perbatasan antara kedua benua masih diperdebatkan.

Namun, sebagian besar ahli geografi mendefinisikan perbatasan barat Asia sebagai garis tidak langsung yang mengikuti Pegunungan Ural, Pegunungan Kaukasus, dan Laut Kaspia dan Laut Hitam. Geografi fisik Asia, lingkungan dan sumber daya, dan geografi manusia dapat dipertimbangkan secara terpisah. Asia dapat dibagi menjadi lima wilayah fisik utama, yaitu sistem gunung; dataran tinggi; dataran, stepa, dan gurun; lingkungan air tawar; dan lingkungan air asin.

Benua Asia

Nama Asia kuno, dan asal usulnya telah banyak dijelaskan. Orang Yunani menggunakannya untuk menunjuk tanah yang terletak di sebelah timur tanah air mereka. Diyakini bahwa nama itu mungkin berasal dari kata Asyur Asu, yang berarti “timur”.

Penjelasan lain yang mungkin adalah bahwa itu awalnya nama lokal yang diberikan pada dataran Efesus, yang orang Yunani dan Romawi kuno pertama kali menggunakannya untuk merujuk ke Anatolia (Asia Kecil kontemporer, yang merupakan ekstrim barat daratan Asia), dan kemudian ke dunia yang dikenal timur Laut Mediterania. Ketika penjelajah Barat mencapai Asia Selatan dan Timur di awal zaman modern, mereka memperluas label itu ke seluruh daratan yang luas.

Pengertian Benua Asia

Asia adalah yang terbesar dari lima makna benua di Planet Bumi dalam wilayah dan populasi. Istilah Asia merujuk secara konvensional ke bagian timur daratan Eurasia plus negara kepulauan Jepang dan negara kepulauan Asia Tenggara Maritim.

Benua ini terletak hampir seluruhnya di utara khatulistiwa kecuali beberapa pulau Asia Tenggara. Asia terhubung ke Afrika oleh Isthmus of Suez dan berbatasan dengan Eropa (bagian dari daratan yang sama) di sepanjang Pegunungan Ural dan melintasi Laut Kaspia.

Karakteristik Benua Asia

Berikut ini karakteristik Benua Asia dalam berbagai bidang, antara lain:

  1. Luas wilayah

Asia mencakup area sekitar 49,7 juta km² (19.189.277 mil persegi), yang setara dengan sekitar 30 persen dari total luas daratan Bumi.

  1. Batas wilayah

Batas-batas wialyah Benua Asia yaitu:

  1. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia
  1. Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik dan Selat Bering
  2. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Banua Amerika
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Tengah, dan Terusan Suez
  1. Pembagian wilayah

Asia dibagi menjadi 5 region, yaitu:

  1. Asia Tengah (Tajikistan, Uzbekistan, Kazakhstan, Turkmenistan, Kirgistan)
  2. Asia Timur (Cina, Mongolia, Korea Utara, Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Taiwan, Makau)
  3. Asia Selatan (Sri Lanka, Bangladesh, India, Afghanistan, Pakistan, Bhutan, Nepal, Maladewa)
  4. Asia Tenggara (Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Lester, Vietnam, Pulau Natal, Kepulauan Cocos)
  5. Asia Barat (Georgia, Armenia, Azerbaijan, Turki, Siprus, Suriah, Lebanon, Israel, Palestina, Yordania, Irak, Iran, Kuwait, Bahrain, Qatar, Arab Saudi)
  1. Banyak negara

Menurut PBB ada 48 negara di Asia saat ini. 3 diantaranya dianggap lintas benua, dengan sebagian tanah mereka secara teknis di Eropa.

  1. Kondisi geografis

Daratan besar Asia terdiri dari banyak sungai, danau, gunung, gurun, dan fitur fisik lainnya. Asia dikelilingi oleh tiga samudera – Samudra Pasifik, Samudra Arktik, dan Samudra Hindia. Pegunungan Himalaya, yang merupakan rumah bagi gunung tertinggi di Bumi, yaitu Gunung Everest (8.850 meter), mencakup lebih dari 50 gunung yang memiliki ketinggian 7.200 meter.

Himalaya, yang meliputi area seluas 236.000 mil persegi, tersebar di lima negara – India, Bhutan, Nepal, Cina, dan Pakistan. Beberapa sungai besar yang muncul dari sini adalah Gangga, Indus dan Tsangpo-Brahmaputra. Selain Gunung Everest, gunung-gunung besar lainnya di Asia adalah K2, Kangchenjunga, Gunung Karmel, Gunung Kailash, Nanda Devi, dan lain-lain.

Beberapa gurun terbesar di dunia terletak di Asia. Ini termasuk gurun Gobi di Asia Tengah, dan Gurun Arab dan Suriah di Asia Barat. Sungai Ob di 1,15 juta mil persegi, adalah daerah aliran sungai terbesar di Asia. Ada sejumlah dataran tinggi di Asia.

Dataran tinggi Iran, yang meliputi negara-negara Afghanistan, Pakistan dan Iran, meliputi area seluas 1,4 juta mil persegi. Dataran Tinggi Dekan dengan ketinggian 600 meter terdiri dari sebagian besar India Selatan. Dataran Tinggi Tibet, yang juga dikenal sebagai Rooftop of the World.

  1. Kondisi geologis

Asia tidak hanya benua terbesar di dunia tetapi juga yang termuda dan paling rumit secara struktural. Meskipun evolusi Asia dimulai hampir empat miliar tahun yang lalu, lebih dari setengah benua tetap aktif secara seismik, dan bahan benua baru saat ini diproduksi dalam sistem busur pulau yang mengelilinginya di timur dan tenggara.

Berdasarkan ukurannya yang sangat besar dan kondisi geologisnya yang relatif muda, Asia mengandung banyak morfologi ekstrem dari permukaan tanah Bumi, seperti titik tertinggi dan terendahnya, garis pantai terpanjang, dan area landas kontinen terbesar Arti pegunungan Asia yang luas, garis pantai yang bervariasi, dan dataran dan cekungan benua yang luas memiliki efek mendalam pada perjalanan sejarah manusia.

Fakta bahwa Asia menghasilkan sejumlah besar bahan bakar fosil, seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara, selain menjadi kontributor signifikan bagi produksi global banyak mineral (misalnya, sekitar tiga perlima dari timah dunia) sangat menggarisbawahi pentingnya geologinya untuk kesejahteraan populasi dunia.

  1. Iklim

Iklim di Asia beragam seperti luas daratannya. Sementara Indonesia, Singapura, Thailand, Timor Leste dan sebagian India memiliki iklim tropis dengan musim hujan dan kemarau, negara-negara Asia lainnya memiliki 4 musim yang berbeda serta dataran tinggi dan gurun pasir yang tertutup salju. Mayoritas Asia terletak di belahan bumi utara dan mengikuti pola cuaca musiman yang serupa dengan beberapa variasi regional.

  1. Flora

Asia memiliki flora terkaya di tujuh benua bumi. Karena Asia adalah benua terbesar, tidak mengherankan bahwa 100.000 jenis tanaman tumbuh di berbagai zona iklimnya, yang berkisar dari tropis hingga Arktik.

Tanaman Asia, yang meliputi pakis, gimnospermae, dan tanaman vaskular berbunga, merupakan 40 persen dari spesies tanaman bumi. Spesies tanaman endemik berasal dari lebih dari empat puluh keluarga tumbuhan dan seribu lima ratus genus.

Asia dibagi menjadi lima wilayah vegetasi utama berdasarkan kekayaan dan jenis flora masing-masing wilayah: hutan hujan tropis di Asia Tenggara, hutan campuran sedang di Asia Timur, hujan tropis / hutan kering di Asia Selatan, gurun dan padang rumput di Asia Tengah dan Barat , dan taiga dan tundra di Asia Utara.

  1. Fauna

Semua hewan yang hidup di Asia dan laut dan pulau-pulau sekitarnya dianggap sebagai fauna di Asia. Karena tidak ada batas biogeografis alami di barat antara Eropa dan Asia, istilah “fauna Asia” agak sulit dipahami. Temperate Asia adalah bagian timur dari wilayah Palearctic (yang pada gilirannya adalah bagian dari Holarctic), dan bagian tenggaranya adalah milik wilayah Indomalayan (sebelumnya disebut wilayah Oriental).

Asia menunjukkan keanekaragaman habitat yang penting, dengan variasi signifikan dalam curah hujan, ketinggian, topografi, suhu dan sejarah geologi, yang tercermin dalam kekayaan kehidupan hewan.

  1. Populasi

Populasi Asia saat ini sekitar 4.634.497.918, berdasarkan perkiraan PBB terbaru. Populasi Asia setara dengan 59,76% dari total populasi dunia. Asia menempati urutan nomor 1 di antara wilayah-wilayah di dunia (kira-kira setara dengan “benua”), diperintahkan oleh populasi.

Kepadatan populasi di Asia adalah 150 per Km2 (387 orang per mi2). 50,9% dari populasi adalah perkotaan (2.361.464.416 orang pada 2019).

  1. Ekonomi

Asia adalah wilayah ekonomi dengan pertumbuhan tercepat, serta ekonomi kontinental terbesar oleh PDB Nominal dan PPP di dunia. Terlebih lagi, Asia adalah situs dari beberapa ledakan ekonomi modern terpanjang di dunia, mulai dari keajaiban ekonomi Jepang (1950-1990), Miracle on the Han River (1961–1996) di Korea Selatan, booming ekonomi di Cina (1978-2013) dan booming ekonomi di India (1991 sampai sekarang).

Ekonomi terbesar di Asia dalam hal produk domestik bruto (PDB) PPP adalah Cina, India, Jepang, Indonesia, Turki, Korea Selatan, Arab Saudi, Iran, Thailand dan Taiwan dan dalam hal produk domestik bruto nominal (PDB) adalah Cina, Jepang, India, Korea Selatan, Indonesia, Arab Saudi, Turki, Taiwan, Thailand, dan Iran.

  1. Bahasa

Asia adalah rumah bagi beberapa rumpun bahasa dan banyak isolat bahasa. Sebagian besar negara di Asia memiliki lebih dari satu bahasa yang dituturkan secara asli.

Misalnya, menurut Ethnologue, lebih dari 600 bahasa digunakan di Indonesia, lebih dari 800 bahasa digunakan di India, dan lebih dari 100 bahasa digunakan di Filipina. China memiliki banyak bahasa dan dialek di berbagai provinsi.

  1. Agama

Asia adalah benua terbesar dan terpadat dan tempat kelahiran banyak agama termasuk Buddha, Kristen, Konfusianisme, Hindu, Islam, Jainisme, Yudaisme, Shinto, Sikhisme, Sikhisme, Taoisme, dan Zoroastrianisme. Semua tradisi keagamaan utama dipraktikkan di wilayah ini dan bentuk-bentuk baru terus muncul. Asia terkenal karena keanekaragaman budayanya. Islam adalah agama terbesar di Asia dengan sekitar. 1,1 miliar penganut

  1. Budaya

Budaya yang ada di Asia meliputi adat dan tradisi kolektif serta beragam seni, arsitektur, musik, sastra, gaya hidup, filsafat, politik dan agama yang telah dipraktikkan dan dipelihara oleh berbagai kelompok etnis di benua Asia sejak prasejarah.

Sebagai benua terbesar, terpadat dan kaya akan sumber daya, Asia adalah rumah bagi beberapa peradaban tertua di dunia, yang menghasilkan sebagian besar sistem keagamaan besar, mitos dan kodeks rekaman tertua yang diketahui tentang etika dan moralitas.

Namun, ukuran Asia yang sangat besar memisahkan berbagai peradaban dengan jarak yang jauh dan lingkungan yang tidak bersahabat, seperti padang pasir dan pegunungan. Namun dengan menantang dan mengatasi jarak-jarak ini, perdagangan dan perdagangan perlahan-lahan mengembangkan karakter Pan-Asia yang benar-benar universal.

Perdagangan antardaerah adalah kekuatan pendorong dan keterpaduan, di mana elemen-elemen dan gagasan-gagasan budaya menyebar ke berbagai sub-wilayah melalui jaringan jalan yang luas dan banyak rute laut.

  1. Kelompok etnis

Dua pusat prasejarah utama tempat migrasi populasi manusia modern di benua itu adalah Asia Barat Daya dan wilayah yang terdiri dari dataran tinggi Mongolia dan Cina Utara. Dari zaman prasejarah ke masa bersejarah, mungkin dimulai sedini 60.000 tahun yang lalu, pergerakan dari Asia Barat Daya berlanjut ke Eropa dan ke Asia Tengah (termasuk Asia Tengah) dan Asia Timur; pergerakan signifikan ke India dan Asia Tenggara juga terjadi.

Mungkin ada gerakan migrasi kecil yang berbeda di arah lain yang menjadi tertelan dalam pola pencampuran kemudian. Namun, migrasi penting Asia juga berasal dari Eurasia Tengah. Pergerakan seperti itu pasti sudah dimulai sejak 10.000 tahun yang lalu.

Akan tetapi mungkin migrasi yang paling signifikan untuk ragam etnis dan linguistik di benua ini adalah gerakan orang-orang yang berbahasa Indo-Eropa, dimulai sekitar 3000 SM.  Orang-orang itu bermigrasi ke barat ke Eropa dan ke selatan dan tenggara ke Barat Daya dan Asia Selatan.

Orang-orang yang berbicara nenek moyang bahasa ke bahasa Indo-Aria modern mulai berdatangan di India utara sekitar 2000 SM. Orang lain yang berbicara bahasa Iran awal mungkin menyebar ke Iran pada waktu yang sama.

  1. Politik

Politik Asia sangat bervariasi seperti yang diharapkan dari daratan besar dan populasi yang beragam. Monarki konstitusional, monarki absolut, negara satu partai, negara federal, wilayah dependen, demokrasi liberal dan kediktatoran militer merupakan semua faktor di kawasan ini, serta berbagai bentuk gerakan kemerdekaan.

Peradaban di seluruh Asia memiliki sejarah panjang dan mungkin melibatkan politik sejak awal meskipun beberapa struktur politik yang paling awal muncul muncul di Mesopotamia dengan munculnya tulisan yang menawarkan rincian politik ini.

Itulah artikel yang bisa kami selesaikan pada kalian, berkaitan dengan karakteristik Benua Asia yang ada di dalam berbagai bidang. Semoga bisa memberi edukasi serta menambah pengetahuan bagi yang saat ini sedang membutuhkannya.

Sumber Referensi
  • Asia dari https://www.britannica.com/place/Asia
  • Asia dari https://en.wikipedia.org/wiki/Asia
Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *