Pengertian Benua, Macam-Macam, dan Ciri-Cirinya

Diposting pada

Benua Adalah

Benua didefinisikan sebagai permukaan bumi yang terdiri dari daratan besar yang utuh yang dikelilingi oleh air, meskipun dalam beberapa kasus, benua (atau sebagian) terhubung oleh jembatan darat. Tujuh benua yang ada di dunia yaitu Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia, Afrika, Australia, dan Antartika. Pertimbangan-pertimbangan politik sering bertumpuan dengan fakta-fakta geografis ketika berkaitan dengan ke penamaan benua.

Misalnya, secara geografis, Eropa, termasuk Kepulauan Inggris, adalah semenanjung barat yang besar di benua Asia; dan banyak ahli geografi, ketika mengacu pada Eropa dan Asia, berbicara tentang benua Eurasia. Tetapi secara tradisional, Eropa dihitung sebagai benua terpisah, dengan pegunungan Ural dan pegunungan Kaukasus membentuk garis demarkasi antara Eropa dan Asia. Di bagian selatan Eropa, Asia memiliki semenanjung berbentuk aneh yang menjorok ke arah barat, yang memiliki banyak subdivisi politik. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang benua, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, macam-macam, beserta ciri-ciri benua di dunia.

Benua

Ahli geologi jauh lebih jelas ketika mendefinisikan apa yang mereka yakini sebagai definisi benua. Para ahli geologi umumnya berpendapat bahwa benua tidak terbagi oleh daratan atau air seperti yang kita lihat di peta, tetapi kerak benua yang hanya terlihat di banyak lapisan batuan, pasir, dan sedimen yang membentuk lempeng benua.

Jika kita menggunakan definisi ini secara eksklusif, kita akan menemukan bahwa akan ada banyak benua yang tumpang tindih karena adanya pegunungan, dan kenampakan geografis lainnya di mana kerak benua saling tumpang-tindih satu sama lain. Selengkapnya, bacaTeori Apungan Benua: Pengertian, Jenis, dan Penjelasannya

Pengertian Benua

Benua adalah daratan besar yang terpisah dari daratan lain oleh lautan. Tapi, pada dasarnya, definisi tersebut sedikit tidak tepat, karena Asia, Eropa, dan Afrika tidak dipisahkan oleh lautan. Begitu juga Amerika Utara dan Amerika Selatan. Bahkan, jika kita menggabungkan kumpulan daratan tersebut, hanya akan terdapat empat benua.

Dari perspektif geologi, sebuah benua tidak ditentukan oleh ukuran, lokasi, siapa yang menemukannya, atau apakah itu dikelilingi oleh lautan. Sebaliknya, ini didefinisikan oleh batu-batuan penyusunnya dan bagaimana itu membentuk benua tersebut.

Ketika para ahli geografi mengidentifikasi suatu benua, mereka biasanya memasukkan semua pulau yang terkait dengannya. Jepang, misalnya, adalah bagian dari benua Asia. Greenland dan semua pulau di Laut Karibia, yang biasanya dianggap sebagai bagian dari Amerika Utara.

Terdapat beberapa pulau yang tidak dianggap sebagai bagian fisik dari benua. Misalnya Selandia Baru, Polinesia Prancis, dan Kepulauan Hawaii adalah contoh-contoh lahan yang dianggap mikrokontinen. Daerah-daerah ini biasanya dikelompokkan dengan benua yang mirip secara budaya, tetapi secara geologis berbeda.

“Benua” memiliki lebih dari sekedar definisi fisik. Untuk geografi manusia, istilahnya adalah tentang budaya. Benua Eropa dan Asia, misalnya, sebenarnya adalah bagian dari sebidang tanah besar yang disebut Eurasia. Tetapi secara linguistik dan etnis, wilayah Asia dan Eropa berbeda.

Berbagai kelompok budaya Eropa memiliki lebih banyak kesamaan dengan satu sama lain daripada kelompok budaya di Asia. Karena itu, sebagian besar ahli geografi membagi Eurasia menjadi Eropa dan Asia. Garis imajiner, berjalan dari Pegunungan Ural utara di Rusia selatan ke Laut Kaspia dan Laut Hitam, memisahkan Eropa dan Asia dari barat ke timur.

Pengertian Benua Menurut Para Ahli

Adapun definisi benua menurut para ahli, antara lain:

KBBI

Benua merupakan bagian bumi berupa tanah atau daratan yg sangat luas sehingga bagian tengah benua itu tidak mendapat pengaruh langsung dari angin dalam pengertian laut (seperti Eropa, Australia, Amerika, Afrika, dan Asia).

Britannica

Benua adalah salah satu dari daratan yang saling bersambungan. Berdasarkan ukuran dari yang terbesar sampai terkecil terdiri atas Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, dan Australia (Eropa dan Asia terkadang dianggap sebagai benua tunggal, Eurasia.)

Benua tidak terdistribusikan secara merata di atas permukaan dunia. Jika peta belahan bumi yang berpusat di Eropa barat laut diambil, sebagian besar wilayah dan perwilayahan daratan dunia dapat terlihat berada di dalam belahan bumi itu. Lebih dari dua pertiga permukaan daratan Bumi terletak di utara Khatulistiwa, dan semua benua kecuali Antartika berbentuk baji, lebih lebar di utara daripada di selatan.

Dictionary

Benua merupakan salah satu daratan utama dunia, biasanya diperhitungkan jumlahnya sebanyak tujuh, yang meliputi Eropa, Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia, dan Antartika.

Wikipedia

Benua atau kontinen ialah daratan sangat luas yang berada di permukaan bumi. Iiidentifikasi benua lebih didasarkan pada konvensi (kesepakatan) daripada kriteria-kriteria baku. Terdapat tujuh wilayah yang umum dianggap sebagai benua, yaitu (dari berukuran terbesar hingga terkecil): Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, dan Australia.  Secara geologis, kerak benua meliputi wilayah yang tertutupi air.

Dalam arti sempit, benua ialah wilayah darat atau daratan yang saling menyambung, dengan garis pantai dan batas-batas darat lainnya membentuk tepi benua. Berdasarkan pada pengertian ini, istilah Eropa kontinental merujuk pada daratan Eropa, tidak termasuk pulau-pulau seperti Britania Raya, Irlandia, Malta, dan Islandia, dan istilah benua Australia merujuk pada daratan Australia, tidak termasuk Tasmania dan Guinea Baru.

Ditunjau dari perspektif geologi atau geografi fisik, benua dapat diperluas melebihi batas wilayah kering daratan hingga mencakup wilayah yang ditutupi air dangkal yang berdekatan (landas atau paparan benua) dan pulau-pulau di paparan tersebut (pulau kontinental) karena mereka secara struktur adalah bagian dari benua.

Berdasarkan perspektif geologi tersebut, tepi landas benua ialah tepi benua yang sesungguhnya karena garis pantai berubah-ubah sesuai dengan perubahan permukaan laut. Merujuk pada pengertian ini, kepulauan Britania Raya dan Irlandia ialah bagian dari Eropa, Australia dan Guinea Baru secara bersama-sama membentuk satu benua.

Berdasarkan perspektif dasar budaya, konsep benua dapat melebihi landas benua hingga mencakup pulau-pulau samudra dan bagian-bagian benua yang terpisah. Merujuk pada pengertian tersebut, Islandia dianggap sebagai bagian dari Eropa dan Madagaskar adalah bagian dari Afrika.

Macam Benua dan Ciri-Cirinya

Berapa jumlah benua yang sesungguhnya ada di bumi? Terdapat beberapa versi jawaban yang dapat Anda kemukakan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tapi yang paling umum terdapat 7 benua di dunia, yaitu:

Benua Asia

Benua Asia mencakup hampir 9% permukaan bumi sehingga menjadi benua terbesar dibanding benua lainnya. Benua ini juga memiliki jumlah populasi manusia paling banyak, diperkiraan memilki populasi 4,3 miliar pada tahun 2015 yang mewakili hampir 60% dari populasi dunia. Dengan banyak populasi tersebut, Asia dikaitkan dengan menjadi bagian penting dari ekonomi dunia. Asia mencakup hampir 10% dari luas permukaan dalam pengertian planet bumi.

Benua Asia, bersama-sama dengan Benua Eropa sering disebut Eurasia. Benua Asia sebagai bagian timur benua Eurasia dengan perbatasan mengikuti garis utara dari Laut Aegea ke Laut Hitam ke sudut barat laut Laut Kaspia ke Sungai Ural yang bermuara di Samudra Arktik. Benua ini terutama diposisikan di belahan bumi utara sepanjang bagian timur.

Batas-batas wilayahnya yaitu bagian timur adalah Samudera Pasifik; bagian barat adalah Laut Merah, Laut Tengah, dan Pegunungan Ural; bagian selatan adalah Samudera Hindia; dan bagian utara adalah Samudra Arktik.

Benua Asia memiliki beberapa peradaban tertua, termasuk negara-negara China dan Jepang. Asia termasuk semenanjung Arab Saudi dengan negara-negara kaya minyak termasuk Uni Emirat Arab dan Kuwait. Benua ini juga mencakup pusat manufaktur India dan Jepang dan Hong Kong, yang merupakan pusat perbankan dan perusahaan terkemuka.

Benua Afrika

Orang-orang Afrika tersebar di 54 untuk sejumlah pengertian negara berbeda di Afrika. Benua ini adalah rumah bagi 15% populasi dunia dan benua membentuk 20% dari total luas daratan di planet bumi. Garis khatulistiwa melewati bagian tengah benua yang menyebabkan iklimnya hangat dan/atau tropis. Bagian utara dan selatan Afrika memiliki iklim sedang.

Ukurannya yang besar dan iklim yang beragam di Afrika membuatnya menjadi tempat bagi banyak spesies tanaman dan hewan yang unik di Bumi. Saat ini ada lebih dari 7.000 spesies mamalia, ikan, dan burung yang berbeda di Afrika. Ada lebih dari 100.000 spesies serangga. Di sini kita dapat menemukan binatang terbesar (Gajah Afrika) dan tertinggi (Jerapah).

Afrika adalah benua yang unik karena membentang antara zona utara dan selatan. Afrika juga dikaitkan dengan tempat kelahiran umat manusia. Bukti fosil tertua Homo sapiens ditemukan di bagian timur benua ini.

Benua Amerika Utara

Benua Amerika Utara adalah benua terbesar ke-3. Ini termasuk negara-negara Kanada, Amerika Serikat, Greenland, Meksiko dan Amerika Latin yang berfungsi sebagai penghubung antara Amerika Utara dan Selatan.

Amerika Utara membentuk sekitar 17 persen dari daratan dunia dan populasinya sekitar 8 % dari penduduk dunia. Benua ini ditemukan seluruhnya di belahan bumi utara dan dikelilingi oleh Samudera Arktik ke Utara, Samudera Pasifik dibagian Barat, dan Samudera Atlantik di bagaian Timur.

Amerika Utara memiliki iklim, keadaan alam, dan geografi yang sangat beragam. Misalnya  terdapat wilayah dengan temperatur gurun yang ekstrem di Death Valley hingga wilayah  pegunungan yang tertutup salju di Gunung McKinley, menuju ke danau air tawar terbesar di AS (terbesar kedua di dunia) yaitu Danau Superior.

Amerika Utara bertanggung jawab untuk hampir 50% dari produksi jagung dunia dan 1/5 produksi gandum dunia. Benua ini juga merupakan raksasa ekonomi dengan PDB per kapita terbesar dari 7 benua.

Benua Amerika Selatan

Benua Amerika Selatan adalah bagian selatan benua Amerika yang terletak di belahan bumi selatan. Amerika Selatan dikelilingi oleh Samudera Pasifik di perbatasan barat dan Samudera Atlantik di perbatasan timurnya. Benua ini adalah yang terbesar keempat dari 7 benua dan terdiri dari dua belas negara. Brasil menjadi negara terbesar dalam hal massa daratan dan populasi.

Di wilayah ini terdapat Pegunungan Andes yang terdiri dari puncak terpanjang di dunia. Selain itu, terdapat Sungai Amazon, yang memiliki volume air terbesar di dunia. Ada pula Hutan hujan Amazon yang merupakan hutan hujan terbesar di dunia dan menjadi tuan rumah bagi beberapa tanaman dan hewan paling unik di Bumi.

Pengertian penduduk asli Amerika Selatan kemungkinan adalah penduduk dari Meria Utara yang bermigrasi ke selatan, meskipun mayoritas dari 371 juta penduduknya saat ini adalah keturunan Eropa. Penduduknya sebagian besar berada di sepanjang pantai Pasifik dan Atlantik , dan sebagian besar wilayah pedalaman yang menampung populasi kecil dan tersebar luas.

Benua Antartika

Benua Antartika diposisikan sebagai daratan paling selatan di Bumi. Meskipun Antartika memiliki salah satu iklim paling keras dan medan yang paling tidak diinginkan di planet Bumi, masih ada hampir lima ribu orang yang membangun rumah di benua ini setiap tahun.

Kondisi geografis ekstrem, menjadikan Antartika benua berpenduduk paling sedikit di dalam pengertian bumi. Antartika dikenal sebagai daratan paling dingin dan memiliki beberapa tanaman atau hewan asli karena sebagian besar benua ditutupi lapisan es yang tebalnya lebih dari satu mil yang membentuk gletser permanen. Menariknya, benua ini adalah satu-satunya yang tidak memiliki reptil di daratannya.

Eropa

Bagian barat daratan Eurasia dikenal sebagai Eropa. Eropa mencakup 7% dari daratan dunia. Namun, Eropa adalah rumah bagi sekitar 11% dari populasi penduduk dunia dan merupakan benua terpadat kedua, dengan 134 orang per mil persegi, sedangkan Asia yang mencapai 203 orang di Asia per mil persegi.

Eropa terdiri dari sekitar 50 negara dan beberapa wilayah lainnya. Eropa mencakup daratan paling timur di Pegunungan Ural, Rusia. Eropa juga mencakup pulau-pulau seperti Islandia, Sisilia, dan Kepulauan Inggris.

Terdapat beberapa badan air yang mengelilingi benua Eropa. Di bagian selatan terdapat Laut Tengah dan Laut Hitam, di sebelah barat tredapat Samudera Atlantik, dan di utara terdapat Samudera Arktik.

Eropa mengalami banyak peristiwa bersejarah yang telah meninggalkan efek abadi dan membentuk benua yang kita kenal sekarang. Orang-orang telah tinggal di Eropa selama sekitar 100.000 tahun. Sekitar tahun 2000 SM, pendatang Indo-Eropa datang dan membawa bahasa yang digunakan oleh sebagian besar bahasa Eropa modern.

Australia

Benua Australia termasuk daratan utama negara Australia dan wilayah pulau New Guinea, Tasmania, dan Seram. Australia adalah yang terkecil, tetapi merupakan rumah bagi negara terbesar keenam yang dikenal dengan nama yang sama, Australia. Benua ini mendapatkan namanya dari kata latin ‘australis’ yang jika diterjemahkan berarti selatan.

Australia dikelilingi oleh dua samudera, yaitu Samudra Hindia di sisi barat dan samudra pasifik di sisi timur. Australia adalah benua yang paling terpencil dan tidak dipengaruhi oleh migrasi manusia, tumbuhan, dan hewan.

Hal tersebut menyebabkan Australia memiliki berbagai macam hewan dan tumbuhan yang unik di dunia seperti kanguru, koala, dingo, walabi, dan wombat. Dari 5.700 ratus spesies hewan di benua Australia, lebih dari 80% adalah unik dan tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia. Benua ini juga rumah bagi terumbu karang terbesar di dunia dan salah satu keajaiban alam terbesar, yaitu The Great Barrier Reef.

Benua pertama dihuni oleh manusia hampir 45.000 tahun yang lalu. Penduduk Eropa datang ke daratan Australia pada tahun 1700-an. Australia adalah salah satu benua berpenduduk terkecil namun negara Australia adalah ekonomi terbesar ke-12 di dunia.

Nah, demikianlah serangkaian materi atas penjelasan lengkap tentang pengertian benua menurut para ahli, macam-macam, dan ciri-cirinya di seluruh dunia. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta pemahaman mendalam bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

4.1 (82.42%) 33 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *