Ciri-Ciri Pembangunan Berkelanjutan dan Contohnya

Diposting pada

Ciri Pembangunan Berkelanjutan dan contohnya

Pembangunan berkelanjutan menjadi salah satu materi penting yang selalu berhubungan dengan permasalahan lingkungan hidup. Hal ini mengindikasikan bahwa sejatinya diperlukan tindakan-tindakan nyata yang dapat mengentisipasi munculnya bergam ancaman dalam kehidupan manusia, dengan menyisakan SDA untuk generasi mendatang. Oleh karena itulah pada artikel ini memberikan penjelasan tentang ciri-ciri pembangunan berkelanjutan dan contohnya.

Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan berkelanjutan adalah peristilahan yang berasal dari Bahasa Inggris “sustainable development”. Dengan menerapkan prinsip untuk generasi mendatang dengan pemenuhan pada kebutuhan sekarang (zaman now).

Atas dasar itu pula, lingkungan dianggap sangat mendukung pelaksanaan pembangunan berkelanjutan. Lingkungan hidup harus dijaga kelestariannya supaya generasi mendatang masih dapat memanfaatkan sumber daya yang ada pada saat ini. Selengkapnya, baca; Pembangunan Berkelanjutan: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan

Pengertian pembangunan berkelanjutan secara lengkap diulas dalam UU No.23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup disebutkan bahwa pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup adalah tindakan yang dijalankan secara sadar sekaligus terencana dalam proses kolaborasi antara lingkungan-lingkungan alam yang saling berkaitan.

Pembangunan yang berkelanjutan dilakukan dengan selaras, serasi, dan seimbang dengan furìgsi lingkungan hidup. Bahkan pada kesriusan ini sejarah mencatat pada tahun 1987 komisi dunia untuk lingkungan dan pembangunan mengenalkan istilah pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

lstilah ini seolah menunjuk pada bentuk pembangunan yang mempertimbang kan kebutuhan sekarang dengan kebutuhan generasi yang akan datang. Konferensi Tingkat Tinggi Pembangunan Berkelanjutan (World Summit on Sustainable Development) tahun 1992 di Rio de Janeiro, Brasil membahas masalah lingkungan dan menghasilkan konsep pembangunan berkelanjutan, yang tersusun dalam Agenda 21.

Agenda 21 dijadikan panduan bagi ciri-ciri negara berkembang dan maju untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan dan pembangunan ekonomi, pemerintahan yang demokratis, serta pembangunan sosial dan pelestarian lingkungan.

Ciri Pembangunan Berkelanjutan

Adapun dilihat dari karakteristiknya, pembangunan berkelanjutan memiliki ciri yang melakat, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Pembangunan berkelanjutan memiliki ciri khas untuk memberikan jaminan pada keberlangsungan lingkungan hidup (genrasi sekarang dan akan datang)
  2. Memanfaatkan sumber daya alam dengan memanfaatkan teknologi yang tidak merusak Iingkungan
  3. Konsep pembangunan berkelanjutan memberikan peluang kepada sektor SDA yang nyata dalam masyarakat untuk terus di dorong perkembangannya sekaligus pemaksimalannya.
  4. Meningkatkan perlindungan secara menyeluruh pada segenap element SDA yang dimaksimalkan oleh manusia
  5. Melestarikan kemampuan fungsi ekosistem untuk memasok serta mendukung sumber alam bagi kehidupan secara berkesinambungan
  6. Menyesuaikan dengan seperangkat inovasi yang berkembang pada saat ini
  7. Menggunakan prosedur dalam pengelolaan SDA, langkah ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan AMDAL
  8. Tata cara yang yang dipergunakan dalam pengelolaanya selalu memperhatian konsep efesiensi dalam masyarakat dengan hasil yang maksimal.
  9. Melakukan pembainaan dalam segenap unsur lembaga sosial yang ada di masyarakat
  10. Pembangunan yang menyelaraskan dengan konsep wilayah dan perwilayahanan, yang tentusaja memiliki karakteristik yang berbeda antara satu daerah dengan yang lainnya
  11. Memiliki program yang jelas dalam menigkatkan pendapatkan masyarakat. Baik dalam jangka pendek, menengah, dan panjang

Dari pengertian tentang pembangunan berkelanjutan dan ciri-cirinya diatas, tentsaja secara singkat dapat diambil intisari bahwa peranan pembangunan yang ada pada saat ini haruslah memperhatikan untuk generasi mendatang. Bentuk perhatian ini dijalankan sesuai dengan dimensinya.

Dimensi Pembangunan Berkelanjutan

Adapun dimensi yang melakat dalam pembangunan berkelanjutan, antara lain adalah sebagai berikut;

Pembangunan ekonomi

Pembangunan ekonomi dalam pembangunan berkelanjutan mengindikasikan bahwa seperangkat kehidupan harus terus ditingkatkan dalam segi pendapatan masyarakat, ukuran ini menjadi penting lantaran setiap kesejahteraan yang diperoleh seseorang pertamakali dipandang dalam segi ekonomi.

Pembangunan sosial

Pembangunan sosial yang menjadi tolak ukur dalam pembangunan berkelanjutan mengindikasikan bahwa hubungan yang ada dalam masyarakat dan perusahaan haruslah seimbang, sehingga keadaan ini memnuculkan korelasi yang terjadi antar masyarakat. Terutsama soal pelestraian lingkungan di dalamnya.

Perlindungan lingkungan

Dimensi yang menjadi bagian daripada pembangunan berkelanjutan selanjutnya adalah perlindungan yang terdapat dalam masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraannya. Perlindungan ini terbentuk dalam contoh aturan Perundang-Undangan ataupun keputusan pemerintah yang mendesak untuk dikeluarkan. Selengkapnya, baca; Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Manusia dalam Kesehariannya

Contoh Pembangunan Berkelanjutan

Contoh yang menjadi salah satu bagian daripada konsep pembangunan berkelanjutan ini misalnya saja tentang terbentuknya aturan yang membelenggu PT Freeport Indonesia yang terdapat di Papua, sebagai salah satu SDA Indonesia dengan pegelolaan emas terbesar di dunia. Pada saat ini secara langsung pemerintah sudah menerapkan konsep berupa manfaat AMDAL yang sesuai dengan lingkungan setelahnya.

Selain itupula upaya pemerintah, melalui kepemimpinan Presiden Joko Widodo telah mampu membeli saham PT Freeport Indonesia ini sebanyak 51%. Sehingga secara sadar ataupun tidak disadari bentuk kebijakan tersebut telah menyisakan untuk generasi mendatang. Selengkapnya, baca; Contoh Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia

Demikianlah penjelasan lengkap tentang ciri pembangunan berkelanjutan dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang telah mendalami materi tentang geografi. Trimakasih,

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *