7 Contoh Biogeografi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Kajian Biogeografi

Biogeografi pada dasarnya menjadi bagian daripada disiplin biologi dan arti geografi. Dimana dalam studi biologi lebih menyukai pandangan yang lebih historis dan menggarisbawahi pentingnya evolusi spesies dan komunitas. Sedangkan dalam objek studi geografi lebih menonjolkan latar belakang ekologis dari sebaran berbagai macam tumbuhan dan hewan, termasuk banyak pengaruh manusia yang senantisa dipengaruhi oleh ruang dan waktu.

Tetapi yang pasti, khusus untuk geografi terdapat contoh kajian tersendiri dalam biogeografi. Salah satunya tentang distribusi organisme dan biocenosis (biocenosis adalah kelompok tumbuhan, hewan, jamur, dan mikroorganisme yang terbentuk secara historis yang menghuni satu area (lapisan tanah atau badan air).

Biogeografi

Biogeografi adalah studi ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pola distribusi letak geografis organisme dan faktor-faktor yang menentukan pola tersebut. Sehingga objek distribusinya mencangkup spesies tumbuhan dalam sub bidang fitogeografi.

Contoh Kajian Biogeografi

Beragam contoh-contoh kajian yang ada d dalam biogeografi dalam kehidupan sehari-hari;

  1. Benua, Lempeng Tektonik, dan Pulau

Salah satu bukti terpenting evolusi berasal dari studi biogeografi pulau atau benua. Banyak dari penemuan terpenting Charles Darwin terjadi di pulau-pulau terpencil, seperti Galapagos. Di lokasi terpencil ini, Darwin memperhatikan bahwa ada spesies unik yang tidak ditemukan di tempat lain.

Pengamatannya bahwa hewan-hewan ini tidak ditemukan di zona iklim serupa di tempat lain di Bumi sangat penting. Pemahaman ini menghasilkan banyak bukti biogeografis terpenting dari evolusi. Darwin berusaha menjawab pertanyaan, “Mengapa hewan di daratan yang jauh dan terpencil tampak berkerabat, tetapi berbeda?” Evolusi adalah jawabannya.

  1. Distribusi Tumbuhan dan Hewan

Dalam penggunaan biogeografi modern, para ilmuwan telah mengidentifikasi tumbuhan dan hewan yang hidup di ekosistem tertentu, atau wilayah yang diklasifikasikan menurut iklim, vegetasi, dan jenis kehidupan yang ada di sana.

Contoh utama biogeografi hewan adalah studi tentang primata, baik dunia lama (yang hidup di belahan timur) maupun dunia baru (yang hidup di belahan barat).

Pada satu titik, semua primata ini hidup di Pangaea, tetapi karena perubahan lahan mereka tumbuh secara berbeda. Perbedaan ini dapat berupa panjang tungkai, kebutuhan makanan, ukuran mata dan apakah mereka aktif di malam hari atau di siang hari.

Tanaman berubah karena perubahan lingkungan mereka juga, misalnya perubahan iklim. Pemulia tanaman, atau orang yang mempelajari dan membuat tanaman baru agar lebih sesuai dengan lingkungan, mempelajari tanaman yang dapat dimakan yang dapat bertahan lebih baik di musim kemarau, panas tinggi, suhu dingin, dan kondisi tanah yang keras.

Pemulia tanaman telah mempelajari tanaman gandum musim dingin untuk memastikan mereka dapat bertahan hidup di musim dingin di bawah salju di daerah kering di Amerika Serikat dan dunia.

  1. Kepulauan Oceanic

Sejak permulaan teori evolusi, Charles Darwin menggunakan pulau-pulau samudra terpencil untuk menunjukkan bagaimana lingkungan yang terisolasi tampaknya memunculkan spesies baru.

Misalnya saja terkait dengan Darwin mengajukan pertanyaan mengapa Galapagos dan Kepulauan Tanjung Verde, yang berada di lepas pantai barat laut Afrika, memiliki spesies yang begitu berbeda, meski memiliki iklim yang hampir identik.

Darwin mengamati bahwa spesies di kedua pulau tampaknya berkerabat dekat dengan spesies di benua terdekat. Dia menyimpulkan bahwa hewan di pulau-pulau terpencil ini pasti berasal dari benua terdekat, tetapi karena mereka terpisah dari spesies lain di benua itu, mereka berangsur-angsur berevolusi menjadi sesuatu yang berbeda selama ribuan tahun.

  1. Marsupial di Australia

Hewan berkantung di Australia adalah contoh terkenal lainnya tentang bagaimana suatu daerah terpencil tampaknya menghasilkan hewan unik yang masih berhubungan jelas dengan hewan di daratan terdekat yang lebih besar.

Sementara garis keturunan marsupial yang tepat masih diperdebatkan, marsupial di Amerika Selatan dan Australia tampaknya terkait, meskipun terpisah ribuan mil.

Walaupun Darwin tidak memahami konsep tersebut pada saat itu, jawabannya mungkin terkait dengan lempeng tektonik. Ketika Australia dan Amerika Selatan bersatu dalam satu benua, spesies marsupial “asli” tinggal di sana, dan kemudian saat dua benua terpisah, marsupial di setiap benua secara bertahap berevolusi menjadi spesies berbeda untuk beradaptasi lebih baik dengan lingkungan baru mereka.

  1. Kekurangan Mamalia di Pulau

Bagi Darwin, salah satu bukti biogeografis terpenting yang mendukung evolusi adalah fakta bahwa mamalia – kecuali jika diperkenalkan oleh manusia. Bahkan hampir tidak pernah secara alami ada di pulau-pulau yang jaraknya lebih dari 300 mil dari daratan terdekat. Apa yang menyebabkan tidak ada mamalia di Kepulauan Canary atau Galapagos?

Penjelasan Darwin tentang ketiadaan mamalia di pulau-pulau seperti Kepulauan Canary atau Galapagos adalah betapa sulit dan kecil kemungkinannya bagi hewan darat besar untuk melakukan perjalanan lebih dari ratusan mil air untuk mencapai pulau-pulau terpencil tersebut.

Dengan demikian, kurangnya mamalia di pulau mendukung pernyataan Darwin bahwa mamalia pada awalnya bercabang pada titik tertentu jauh di bawah pohon evolusi, di benua, bukannya muncul secara terpisah di berbagai daratan di seluruh planet.

  1. Catatan Fosil

Ketika kita menemukan fosil kerang laut atau daun, bahkan mungkin di halaman belakang rumah kita sendiri, pernahkan kita berpikir bahwa potongan-potongan fosil yang sama juga dapat ditemukan di benua yang sama sekali berbeda? Catatan fosil dapat ditelusuri kembali ke masa ketika semua benua di bumi adalah satu daratan besar yang disebut Pangaea.

Jika fosil diberi tanggal dan ditemukan di banyak benua dengan usia yang sama, kemungkinan besar organisme tersebut hidup di Pangaea. Ketika benua terpecah, organisme itu juga terpecah. Ini memberi para ilmuwan pemahaman tentang bagaimana lingkungan, dari waktu ke waktu, dapat mengubah organisme.

  1. Studi tentang Iklim

Iklim dapat sangat mengubah lanskap, dan ini memberi kita cara untuk dengan mudah mengkategorikan suatu wilayah. Biogeografi telah memecah lanskap menjadi zona suhu, seperti kutub, tropis, sub-tropis, dan lain-lain. Tetapi dalam kaedahanya senantisa membantu mengkategorikan suhu dan karakteristik curah hujan daerah tersebut.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan beragam contoh kajian yang ada dalam studi biogeografi. Semoga bisa memberikan manfaat.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *