Pengertian Negara Maju, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Negara Maju

Di bumi yang kita tinggali ini terdapat 5 benua dan ratusan Negara. Pada tiap Negara di dunia menurut kesejahteraannya dibagi menjadi 2, yaitu Negara maju dan ciri negara berkembang. Kesejahteraan suatu Negara yang dapat dinilai untuk menentukan maju atau berkembangnya sebuah Negara ditinjau dari beberapa klasifikasi. Negara Indonesia termasuk ke dalam pengertian negara berkembang, sedangkan Negara Singgapura termasuk contoh negara Maju. Oleh karena itulah sebagai penjelasan lebih lanjut, artikel ini akan mengulas tentang pengertian negara maju, ciri, dan contohnya.

Negara Maju

Negara maju adalah negara yang sarana dan prasarana nya sudah memadahi secara lengkap dan perekonomian yang merata pada setiap penduduknya. Negara maju sudah menggunakan teknologi tinggi pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh penduduknya, melalui serangkaian penyajian data yang dapat dipertangung jawabkan.

Pengertian Negara Maju

Pengertian negara maju adalah wilayah dan perwilayahan yang sebagian besarnya masyarakat bekerja di sekotor idutri dengan kwalitas pembangunan serta persebaran pendudukannya terjadi secara konseisten menuju ke arah perbaikan pada ekonomi, sosial, budaya, dan teknologi.

Ciri Negara Maju

Sebuah Negara yang dikatakan sebagai Negara maju tidak hanya dilihat dari Negara tersebut tetapi juga melihat penduduknya. Negara maju memiliki beberapa ciri–ciri yang sangat menonjol apabila dibandingkan dengan Negara berkembang. Ciri – ciri tersebut adalah sebagai berikut.

Taraf hidup yang tinggi

Penduduk Negara maju memiliki gaya hidup yang sehat. Selain memiliki gaya hidup yang sehat, makanan yang mereka konsumsi setiap harinya pun diperhatikan untuk tetap menjaga kesehatan. Maka tidak heran penduduk di Negara maju memiliki tarahf hidup yang tinggi hingga banyak warga Negara yang tua dari pada yang muda.

Pada jenis komposisi penduduk, negara maju digambarkan sebagai piramida konstruktif, yaitu piramida yang penduduk berusia tua lebih mendominasi. Namun penjelasan tentang komposisi penduduk dibahas pada lain artikel.

Sarana dan Prasarana yang lengkap

Di Negara maju, untuk menunjang aktivitas sehari – hari. Masyarakat terbiasa menggunakan fasilitas umum. Fasilitas umum disana terjaga perawatannya dan tersedia lengkap. Jadi orang tidak akan segan untuk menggunakan fasilitas umum.

Sebagai contoh dari sarana transportasi umum. Di negara maju harga bahan bakar kendaraan dan lahan parkir mahal. Jadi tidak heran jika penduduknya lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum. Hal ini yang diperhatikan pemerintah untuk membuat sarana transportasi umum yang lengkap dan memadahi.

Pendidikan yang tinggi

Pendidikan merupakan hal dasar yang wajib dimiliki oleh setiap manusia. Di Negara maju, pendidikan setiap penduduk harus diperhatikan agar setiap penduduk mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas. Universitas bergengsi kelas dunia terdapat di beberapa negara maju di Benua Eropa.

Pendapatan perkapita yang tinggi

Pendapatan perkapita merupakan tolak ukur kesejahteraan seseorang. Jika setiap orang yang berada pada suatu Negara memiliki pendapatan perkapita yang tinggi maka dapat dikatakan Negara tersebut adalah Negara maju. Masyarakat negara maju juga tidak perlu membayar pajak untuk negara.

Teknologi tinggi

Penduduk negara maju warganya bergantung pada sektor industri. Sektor industri membutuhkan teknologi tinggi agar produksinya melimpah. Penggunaan teknologi yang tinggi di negara maju tidak hanya pada sektor industri. Namun juga pada sektor pendidikan, kesehatan, penerbangan, transportasi, hiburan, apartemen, dan lain sebagainya.

Ekonomi yang merata

Pada penjelasan negara maju tentang pendapatan perkapita tinggi sudah bisa dinilai bahwa ekonomi setiap penduduknya merata. Hal ini dikarenakan minimnya pengangguran dan pengangguran kebutuhan hidupnya pun ditanggung pemerintah jadi perekonomiannya dapat merata.

Tata kota diperhatikan

Pernah melihat permukiman kumuh di Amerika Serikat? Jawabannya adalah tidak ada karena tata kota di Amerika Serikat atau di negara maju sangat diperhatikan. Hal ini dikarenakan tata kota yang baik dapat menjadi tolak ukur maju tidaknya suatu negara.

Laju Pertumbuhan Penduduk yang Rendah

Di negara berkembang, laju pertumbuhan penduduknya tinggi dikarenakan penduduknya sudah menikah di usia muda. Berbeda dengan negara maju yang mengutamakan pendidikan yang tinggi dan mengejar karir untuk mendapatkan pendapatan yang tinggi, maka pernikahan tidak banyak terjadi di usia muda. Namun pernikahan berlangsung dia usia matang antara 28 tahun hingga 32 tahun.

Angka buta huruf yang rendah

Di negara maju mengutamakan pendidikan, jarang ditemui bahkan bisa jadi tidak ada satupun masyarakat yang mengalami buta huruf. Tuna netra pun diajarkan membaca menggunakan braile agar terhindar dari buta huruf. Dengan angka buta huruf yang rendah, negara maju menjamin seluruh warganya memiliki pendidikan yang layak.

Kesenjangan Sosial yang rendah

Di negara maju jarang ditemukan kesenjangan sosial. Pendapatan perkapita yang tinggi, ekonomi yang merata, serta pengangguran yang dijamin oleh negara mengakibatkan setiap penduduk mempunyai pemasukan untuk kebutuhan hidup maka tidak terlihat secara visual kesenjangan sosial tersebut.

Angka kematian bayi rendah

Rumah sakit bersalin yang terdapat di negara maju menggunakan teknologi tinggi dan mempunyai dokter berkulitas yang ahli dalam mengurusi persalinan. Wanita melahirkan pun masuk pada usia yang benar – benar matang sehingga sistem organ tubuh persalinan sehat dan bayi dapat lahir secara sehat.

Penduduknya bergantung pada sektor industri

Sektor industri adalah ladang pekerjaan yang memproduksi suatu barang yang digunakan oleh oleh masyarakat. Sektor industri disebut pabrik. Masyarakat negara maju mayoritas bergantung pada sektor industri sebab di negara maju jarang ditemui ladang pertanian disebabkan karena tidak adanya ladang dan tanah yang kurang subur.

Sumberdaya manusia yang tinggi

Di negara maju penduduknya mengutamakan kualitas pendidikan. Orang berpendidikan memiliki sumberdaya yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja. Sumberdaya manusia yang tinggi merupakan salah satu tingginya pendapatan perkapita.

Angka pengangguran yang rendah

Sekali lagi, di negara maju penduduknya mengutamakan pendidikan. Pendidikan menjadikan sumberdaya manusia yang berkualitas. Maka penduduk negara maju mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Modal negara melebihi kebutuhan

Indonesia merupakan negara berkembang. Negara Indonesia memiliki hutang di negara lain untuk kebutuhan pemerataan pembangunan. Di negara maju, negara tersebut tidak memiliki hitang kepada negara lain. Karena modal yang disipakan negara untuk pembangunan melebihi kebutuhan negara tersebut. Selengkapnya, baca; Ciri Ciri Negara Maju di Bidang Ekonomi & Sosial

Contoh Negara Maju

Dari tadi kita membahas tentang negara maju namun belum memberikan contoh negara di dunia yang termasuk ke dalam negara maju. Benua eropa adalah benua dengan negara maju terbanyak di dunia. Daftar negara maju di berbagai belahan dunia adalah sebagai berikut.

Benua Amerika

Negara maju yang terdapat di benua Amerika adalah belahan utara. Tepatnya di Amerika Utara. Negara maju di benua Amerika adalah Negara Kanada dan Negara Amerika Serikat. Sementara benua Amerika bagian Amerika Tengah dan Amerika Selatan Tidak terdapat negara maju di dalamnya.

Benua Asia

Yang unik dari negara maju di Benua Asia adalah negara yang luasnya kurang dari luas Pulau Jawa yang ada di Indonesia. Negara maju di Benua Asia adalah Negara Singapura, Negara Jepang, Negara Hongkong, Negara Korea Selatan, Negara Israel, dan Negara Taiwan.

Benua Australia dan Oceania

Benua Australia merupakan benua paling kecil di dunia. Benua Australia juga memiliki negara maju yaitu Negara Australia dan Negara Selandia Baru. Kedua negara ini paling mendominasi keberadaannya untuk benua Australia dan Oceania

Benua Eropa

Benua Eropa merupakan benua dengan negara maju yang paling banyak. Sekitar 80% negara di Benua Eropa merupakan negara maju. Kemajuan negara di benua eropa karena dasar pendidikan yang berada di eropa sejak dulu nomer 1.

Negara maju di Benua Eropa yaitu Negara Austria, Negara Denmark, Negara Estonia, Negara Belgia, Negara Perancis, Negara Republik Ceko, Negara Yunani, Negara Irlandia, Negara Luxemburg, Negara Italia, Negara Belanda, Negara Portugal, Negara Rusia, Negara Swedia, Negara Spanyol, Negara Monako, Negara Malta, Negara Slovenia, Negara Norwegia, Negara Siprus, Negara Vatikan, Negara Inggris, dan lain – lain.

Deskripsi diatas adalah penjelasan atas beragam pengertian, ciri – ciri, dan contoh negara maju. Walaupun kita tinggal di Indonesia yang termasuk dalam negara berkembang. Namun sikap kita boleh sama dengan penduduk yang ada di negara maju dalam bidang kesehatan, pendidikan, sumberdaya manusia, dan pendapatan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *