Ciri Hewan Vertebrata dan Contohnya

Diposting pada

Ciri Vertebrata

Kerajaan  hewan yang ada di planet bumi dikenal juga juga kingdom animalia pada hakekatnya dibagi menjadi 35 filum yang berbeda. Filum ini sendiri dapat berdasarkan ciri fisik eksternal dan internal dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok besar yaitu vertebrata dan avertebrata.

Akan tetapi yang pasti, untuk vertebrata adalah mereka yang memiliki tulang belakang vertebral, sedangkan avertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang vertebral. Disisi lain, ciri yang menyatukan semua chordata (semua vertebrata dan beberapa avertebrata) adalah bahwa pada tahap tertentu dalam kehidupan mereka, semua memiliki batang tubuh pendukung yang fleksibel, notochord, yang membentang di sepanjang tubuh mereka.

Hewan Vertebrata

Setiap vertebrata sejatinya diklasifikasikan di bawah sub filum vertebrata, yaitu hewan yang memiliki tulang punggung atau tulang belakang. Pada hewan vertebrata, tulang belakang berkembang dari notochord yang mereka miliki saat masih berupa embrio.

Semua kelas vertebrata telah mengembangkan otak, kerangka internal tempat otot dapat menempel, dua mata, sistem peredaran darah tertutup, dan otot mulut. Sehingga vertebrata cenderung lebih besar daripada avertebrata. Dimana keberadaan tulang punggungnya  memungkinkan tubuh mereka tumbuh lebih besar dan bergerak lebih cepat daripada pada hewan avertebrata.

Ciri Hewan Vertebrata

Ciri-ciri hewan vertebrata, diantaranya yaitu;

  1. Memiliki tulang belakang, sistem otot, dan sistem saraf pusat

Selain ciri utama vertebrata yaitu memiliki tulang belakang, vertebrata juga dicirikan oleh sistem otot yang terutama terdiri dari massa yang berpasangan secara bilateral dan sistem saraf pusat yang sebagian tertutup di dalam tulang punggung.

Tulang belakang membentang dari kepala ke ekor di sepanjang sisi punggung (atas) tubuh. Kolom vertebral adalah inti dari endoskeleton, yang memungkinkan vertebrata untuk mempertahankan bentuknya. Selain itu, kolom vertebral juga menampung dan melindungi sumsum tulang belakang (saraf) yang melewatinya.

Kolom vertebral terdiri dari unit berulang yang disebut vertebrae (tunggal, vertebra). Pada banyak spesies, terdapat cakram penyerap goncangan di antara tulang belakang untuk melindungi mereka selama melakukan gerakan.

  1. Memiliki anggota tubuh yang kompleks

Vertebrata memiliki darah yang bersirkulasi melalui pembuluh darah dan paru-paru atau insang untuk pertukaran gas (oksigen dan karbon dioksida), memiliki penutup atau pelindung kulit; memiliki kaki, sayap, atau sirip untuk bergerak, memiliki sistem saraf dengan otak yang memproses informasi dari lingkungannya melalui organ sensorik.

  1. Memiliki cara yang berbeda dalam mengontrol suhu tubuh

Vertebrata memiliki cara yang berbeda satu sama lain dalam mengontrol suhu tubuh mereka. Beberapa vertebrata (ikan, amfibi, dan reptilia) bersifat ektotermik (berdarah dingin), yang suhu tubuhnya berubah sebagai respons terhadap perubahan suhu di lingkungannya.

Sedangkan, vertebrata lain (burung dan mamalia) bersifat endotermik (berdarah panas), yaitu suhu tubuh mereka tetap konstan terlepas dari suhu lingkungan.

Contoh Hewan Vertebrata

Sedangkan untuk contoh hewan bertulang belakang atau vertebrata, antara lain;

  1. Ikan
  2. Amfibi
  3. Reptil
  4. Burung
  5. Mamalia

Itulah tadi artikel yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan ciri utama yang termasuk hewan vertebrata dan contohnya.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *