3 Contoh Kajian Pedologi di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Kajian Pedologi

Dalam terminologi modern, pedologi adalah cabang ilmu tanah yang mengintegrasikan dan mengkuantifikasi formasi, morfologi, dan klasifikasi tanah sebagai badan lanskap alam. Penelitian pedologi dasar diarahkan juga untuk merekonstruksi pada lingkungan permukaan bumi masa lalu, mengintegrasikan database sumber daya alam, dan bahkan memperluas konsep pengembangan tanah ke sistem luar bumi.

Kontribusi pedologi dapat dibawa ke dalam ilmu sistem bumi dengan cara yang sangat kuat dan menarik melalui analisis sistem informasi geografis. Tanah sangat berharga untuk mempelajari evolusi biologis dan fisikokimia di Bumi.

Pedologi

Pada umunya pedologi adalah ilmu yang mempelajari tanah dan aspeknya. Pembahasan tentang pedologi secara etimologi, berasal dari Bahasa Yunani, yakni ‘pedon’ yang artinya adalah tanah serta kata ‘logos’ berarti pengetahuan. Maka dapat dijadikan bahwa pengertian pedologi ialah pengetahuan atau ilmu yang mempelajari tentang tanah yang berkaiatan erat dengan lingkungan.

Contoh Pedologi

Pada suatu pembahasan tentang pedologi terdapat unsur lapisan tanah yang menjadi pembahasan utamanya. Pengertian dari pedologi merupakan salah satu cabang ilmu dalam geografi yang berkaitan dengan jenis tanah, aspek tanah, dan karakter tanah. Berdasarkan kajiannya pedologi mempunyai beberapa contoh sebagai berikut:

  1. Karakteristik fisik tanah

Sifat fisik pada tanah adalah hal tentang sifat tanah yang selalu berhubungan pada bentuk/kondisi tanah asli, fisik tanah itu termaksud diantaranya adalah pada tekstur, struktur, bobot isi tanah, porositas, stabilitas, konsistensi, warna maupun suhu pada tanah dan lain-lain.

  1. Pembentuk tanah

Adapun beberapa pembentuk tanah adalah suatu hal yang paling dominan dalam pembentukan tanah yaitu faktor iklim disuatu daerah. sedangkan faktor yang mempengaruhi dari suatu karakteristik pembentuk tanah adalah faktor bahan induk yang berkaitan erat pada tanah tersebut.

  1. Sifat kimia tanah

Analisi sifat kimia tanah antara lain pH tanah dan kandungan unsur hara yang terdapat pada tanah. Kandungan unsur hara yang terdapat pada tanah mengandung nitrogen, fospor, kalium dan bahan organik. Sifat fisik tanah dan sifat kimia tanah yang menentukan pada pertumbuhan dan perkembangan suatu tanaman.

Kesimpulan

Pada penjelasan diatas tentang kajian pedologi disebutkan bahwa contoh pedologi adalah suatu hal yang berkaitan dengan ilmu yang mempelajari tanah dan aspeknya. Dimana karakteristik khasnya sendiri dilihat dari sifat dari kimia tanah, karakteristik tanah, dan pembentuk tanah.

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan kepada pembaca berkenaan pada materi tentang contoh kajian ilmu pedologi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, semoga bagi pihak yang membaca khususnya dapat bermanfaat sehingga menambah wawasan.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.