Jenis Sumber Daya Manusia dan Contohnya

Diposting pada

Macam Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan kumpulan orang yang membentuk tenaga kerja dari suatu organisasi, bisnis, industri, atau ekonomi. Konsep yang lebih sempit adalah modal manusia, pengetahuan yang diwujudkan oleh individu.

Departemen sumber daya manusia dalam peningkatakan kualitas penduduk dari suatu organisasi melakukan mengklasifikasikan berbagai jenis sumber daya manusia. Mualai dari yang berugas mengawasi berbagai aspek ketenagakerjaan, seperti kepatuhan terhadap undang-undang ketenagakerjaan dan standar ketenagakerjaan, administrasi tunjangan karyawan, pengorganisasian file karyawan dengan dokumen yang diperlukan untuk referensi di masa mendatang, dan beberapa aspek rekrutmen dan offboarding karyawan.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia adalah suatu departemen perusahaan ataupun organisasi yang mengawasi pengelolaan dan pengembangan karyawan. Hal ini tentusaja mencakup semua aspek proses penerimaan karyawan, seperti perekrutan, wawancara, perekrutan dan pelatihan.

Adapun komponen yang dibahas pada bidang SDM termasuk resolusi konflik, praktik ketenagakerjaan yang adil dan keragaman di tempat kerja

Jenis Sumber Daya Manusia (SDM)

Ditinjau dari segi sifat terhadao kemampuan yang dimiliki, sumber daya manusia bisa dibedakan menjadi dua yakni;

  1. Sumber daya fisik
  2. Sumber daya mental

Melalui kemampuan tersebut manusia dapat terbagi kedalam spesialisasi tugas yang berbeda satu sama lain. Secara garis besar. Penjelasan terkait macam-macam sumber daya manusia, yaitu:

  1. Manusia sebagai sumber daya fisik

Manusia sebagai sumber daya fisik mengacu pada kemampuan manusia untuk berbagai bidang dengan menggunakan energi yang tersimpan di dalam ototnya. Misalnya yaitu dalam bidang untuk jenis perindustrian di Indonesia, transportasi, perkebunan, perikanan, perhutanan, dan peternakan.

  1. Manusia sebagai sumber daya mental

Manusia sebagai sumber daya mental mengacu pada kemampuan manusia untuk berpikir. Kemampuan berpikir inilah yang menjadi hal penting karena sebagai landasan utama bagi kebudayaan.

Sebagai makhluk hidup berbudaya, manusia tentunya mampu dalam mengolah sumber daya alam untuk kepentingan hidupnya dan mampu untuk mengubah keadaan sumber daya alam karena adanya kemajuan ilmu dan teknologinya. Dengan menggunakan akal dan budinya, manusia memanfaatkan sumber daya alam dengan penuh kebijaksanaan.

Mengapa sumber daya manusia penting dalam bisnis?

Memiliki departemen sumber daya manusia yang berfungsi penuh penting dalam bisnis karena meningkatkan kepuasan dan loyalitas karyawan secara keseluruhan. Hal ini menyebabkan konflik yang lebih sedikit, kinerja yang lebih baik, dan retensi yang lebih lama, yang menghemat waktu dan uang perusahaan.

Selain itu, departemen SDM melakukan penelitian untuk memastikan upah yang kompetitif dan mengembangkan cara yang hemat biaya untuk menegosiasikan tarif yang lebih baik untuk tunjangan karyawan.

Contoh Sumber Daya Manusia (SDM)

Adapun sebagai contoh SDM, antara lain;

Usaha

Contohnya saja, namanya Chris adalah perwakilan penjualan sebuah perusahaan. Chris adalah salah satu sumber daya manusia perusahaan, dimana ia menempati posisi sebagai seorang karyawan. Jika Chris memiliki kekhawatiran tentang manfaat karyawan atau pertanyaan tentang formulir pendaftaran, dia akan menghubungi departemen Sumber Daya Manusia untuk mendapatkan bantuan.

Jika Chris dan karyawan atau manajer lain mengalami konflik, departemen sumber daya manusia dapat membantu menemukan solusi. Dan departemen memastikan bahwa Chris dan anggota timnya yang lain menerima pelatihan yang sesuai sehingga mereka dapat menjalankan tugasnya secara efisien.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dipahami bahwasanya tujuan sumber daya manusia adalah menggunakan orang-orang perusahaan secara efektif. Oleh karena itulah sumber daya manusia akan sengat memungkinkan untuk menangani masalah seperti kompensasi dan keuntungan, merekrut dan mempekerjakan karyawan, orientasi, manajemen kinerja, latihan, pengembangan dan budaya organisasi.

Area-area ini masing-masing berkontribusi pada kepuasan dan kinerja karyawan. Dengan memperhatikan berbagai masalah ini, sumber daya manusia dapat memastikan tenaga kerja yang berfungsi tinggi dan efektif, yang pada gilirannya membantu perusahaan mencapai tujuan dan sasarannya dengan lebih efisien.

Departemen sumber daya manusia juga memastikan perusahaan mematuhi peraturan ketenagakerjaan dan berupaya menjaga lingkungan bebas dari pelecehan dan halangan lain untuk menghasilkan tenaga kerja yang kuat.

Nah, demikinalah tadi artikel lengkap yang bisa kami sajikan pada segenap pembaca berkenaan dengan macam-macam sumber daya manusia dan contohnya. Semoga memberikan edukasi serta referensi bagi semua kalangan yang sedang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *