Pengertian Sungai Resekuen dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Sungai Resekuen dan Contohnya

Jenis-jenis sungai di Indonesia merupakan anugerah dari alam untuk itu wajib kita jaga dan rawat. Sungai merupakan salah satu kajian materi geografi yang dapat dipelajari melalui materi-materi di sekolah. Pengetahuan tentang sungai adalah aliran air yang mengalir dari dataran tinggi menuju ke dataran yang paling rendah.

Pada kesempatan kali ini artikel in iakan menjelaskna tentang pengertian sungai resekuen dan contohnya, penjelasan mengenai materinya dapat disimak di bawah , sebagai berikut:

Pengertian Sungai Resekuen

Sungai resekuen adalah arti sungai yang arah alirannya mengikuti arah kemiringan lapisan batuan, yang kemudian bermuara di sungai subsekuen. Atau bisa juga dikatakan bahwa sungai resekuen adalah sungai yang arah aliran airnya sesuai dengan sungai konsekuen dan menuju sungai subsekuen, sehingga secara sederhana, bisa dikatakan bahwa sungai resekuen adalah anak sungai subsekuen.

Sungai resekuen adalah salah satu jenis sungai yang aliran airnya mengikuti arah kemiringan lapisan batuan serta bermuara di sungai subsekuen. Berdasarkan alirannya sunagi resekuen mempunyai kiblat pada satu sungai iatu sungai konsekuen.

Ciri Sungai Resekuen

Beberapa hal tentang ciri-ciri dari sungai resekuen sebagai berikut:

  1. Arah gerak aliran airnya sejajar dengan sungai konsekuen
  2. Berdasarkan jenis sungainya sungau resekuen merupakan anak sungai subsekuen

Contoh Sungai Resekuen

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa sungai resekuen ialah anak sungai subsekuen. Contoh sungai subsekuen sebagaimana yang telah dituliskan di atas adalah Sungai Opak. Salah satu anak Sungai Opak yaitu Sungai Oyo, yang berada di selatan Jawa Tengah dan Yogyakarta, tepatnya di bagian tengah selatan pulau Jawa.

Pembahasan selanjutnya adalah sungai resekuen. Sungai resekuen merupakan sungai yang mempunyai arah aliran airnya yang sejajar pada sungai konsekuen. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sungai resekuen tersebut merupakan sungai yang berkebalikan dengan sungai subsekuen sehingga dalam persebarannya juga hampir sama.

Nah, demikianlah tulisan yang dapat kami bagikan kepada seluruh segenap pembaca mengenai materi tentang pengertian sungai resekuen dan contohnya. Semoga tulisan ini dapat menjadi tambahan pengetahun dan wawasan bagi segenap pembaca serta menjadi salah satu sumber referensi.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.