Pengertian Dataran Tinggi, Ciri, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Dataran Tinggi Adalah

Dataran tinggi merupakan dataran yang terbentuk oleh kekuatan geologis yang mengangkatnya. Dataran tinggi dibangun selama jutaan tahun ketika potongan-potongan kerak struktur bumi saling berhantam, meleleh, dan berdeguk kembali ke permukaan. Dataran tinggi dan terbesar di Bumi, Dataran Tinggi Tibet di Asia Timur, dihasilkan dari tabrakan antara dua lempeng tektonik sekitar 55 juta tahun yang lalu.

Dataran tinggi memiliki beberapa ciri, diantaranya yaitu memiliki iklim yang seuk, udara yang kering, jarang terjadi hujan. Dataran tinggi biasanya banyak dimanfaatkan untuk kegiatan perkebunan dengan jenis tanaman sayuran dan buah-buahan, misalnya kubis, kentang, stroberi, dan laun-lain.

Dataran Tinggi

Banyak dataran tinggi terbentuk sebagai magma jauh di dalam planet Bumi yang mendorong ke permukaan tetapi gagal menembus kerak bumi. Sebaliknya, magma mengangkat batu besar, datar, tak tertembus di atasnya. Ahli geologi percaya bahwa bantal magma mungkin telah memberikan Dataran Tinggi Colorado pengangkatan terakhir dimulai sekitar sepuluh juta tahun yang lalu.

Aliran lava berulang yang keluar dari retakan di tanah dan menyebar lebih dari ratusan mil persegi juga dapat secara perlahan membangun dataran tinggi yang besar. Dataran Tinggi Columbia di AS Barat Laut Pasifik dan Dataran Tinggi Deccan di India barat-tengah dibentuk oleh aliran lava berair ini.

Dataran tinggi juga terbentuk di lautan, seperti Dataran Tinggi Mascarene di Samudera Hindia, salah satu dari sedikit fitur bawah laut yang terlihat jelas dari luar angkasa. Ini membentang sekitar 770 mil persegi (2.000 kilometer persegi) antara Kepulauan Seychelles dan Mauritius.

Dataran tinggi lainnya tercipta dari waktu ke waktu karena angin dan berbagai jenis hujan mengikis sisi daerah yang terangkat, menjadikannya perbedaan geografis dari daerah sekitarnya. Angin dan hujan akhirnya memakai dataran tinggi hingga ke mesa dan buttes dan memahat bentuk-bentuk lahan aneh seperti lengkungan dan tudung yang ditemukan di taman nasional terkenal Utah selatan.

Air adalah kekuatan erosi terbesar di dataran tinggi. Saat mereka berjalan bersama, sungai mengukir lembah ke dalam batu, mencuci sedimen ke arah laut. Seiring waktu, lembah-lembah ini menjadi jurang raksasa yang agung seperti Grand Canyon, yang terus-menerus diukir oleh Sungai Colorado.

Pengertian Dataran Tinggi

Dataran tinggi adalah bentuklahan datar yang mengalami kenaikan tajam di atas daerah sekitarnya setidaknya di satu sisi. Dataran tinggi terjadi di setiap benua dan mengambil sepertiga dari daratan Bumi. Dataran tinggi adalah salah satu dari empat bentang alam utama, bersama dengan gunung, dataran, dan bukit.

Dataran Tinggi Menurut Para Ahli

Adapun definisi dataran tinggi menurut para ahli, antara lain:

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia( KBBI), Dataran tinggi dapat didefinisikan sebagai bagian permukaan bumi yang mendatar serta terletak pada ketinggian lebih dari 600 m dari permukaan laut.

Ciri Dataran Tinggi

Dataran tinggi memiliki ciri-ciri, antara lain:

  1. Kelembaban nisbi yang rendah

Salah satu ciri ciri dataran tinggi yaitu mempunyai kelembaban nisbi yang cukup kecil nilainya dibandingkan dataran lainnya. Hal itu disebabkan karena jumlah uap air yang ada di udara juga rendah.

  1. Iklim sejuk

Daerah dataran tinggi memiliki iklim yang sejuk. Banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut untuk merasakan segarnya udara pegunungan. Semakin tinggi suatu wilayah maka suhu udaranya akan semakin rendah.

  1. Metode pertanian terasering

Karena lokasinya yang cukup tinggi diatas permukaan laut menyebabkan dataran tersebut mudah terkena erosi. Oleh sebab itu, metode pertanian yang digunakan adalah terasiring agar tanah tidak mudah terkena pengikisan.

Erosi menjadi peristiwa geologis yang cukup parah dampaknya sebab bisa menyebabkan tanah tandus. Untuk meminimalisasi hal itu, penanaman tumbuhan dilakukan dengan membuat lahan bertingkat sehingga kondisinya bisa tetap stabil.

  1. Amplitudo suhu tahunan besar

Sebagai efek dari bentuk bumi yang tidak rata, dataran tinggi mempunyai amplitudo suhu baik harian maupun tahunan yang begitu besar. Hal itu menyebabkan iklim di daerah ini cukup dingin dibandingkan dengan daerah lainnya. Semakin tinggi lokasinya maka suhu tahunannya juga akan semakin meningkat.

Jenis Dataran Tinggi

Dalam geologi dan geografi fisik, dataran tinggi (plateau), juga disebut high plain atau tableland adalah daerah dataran tinggi, biasanya terdiri dari dataran yang relatif datar, yang naik secara signifikan, sehingga lebih tinggi dibandingkan daerah sekitarnya, seringkali dengan satu atau lebih sisi dengan bukit yang dalam.

Ada dua jenis dataran tinggi: dataran tinggi yang terbelah dan dataran tinggi vulkanik. Berikut penjelasannya:

  1. Dataran tinggi yang terbelah

Dataran tinggi yang terbelah terbentuk sebagai hasil dari gerakan ke atas (pengangkatan) di kerak bumi. Pengangkatan ini disebabkan oleh tumbukan lempeng tektonik yang lambat. Contoh dataran tinggi jenis ini misalnya Dataran Tinggi Colorado, di Amerika Serikat bagian barat, Dataran Tinggi Tibet dan lain-lain.

  1. Dataran tinggi vulkanik

Dataran tinggi vulkanik dibentuk oleh banyak letusan gunung berapi kecil yang perlahan-lahan menumpuk seiring waktu, membentuk dataran tinggi dari aliran lava yang dihasilkan. Contoh dataran tinggi jenis ini misalnya Dataran Tinggi Columbia di barat laut Amerika Serikat dan Dataran Tinggi Dekan di bagian selatan India.

Selain kedua jenis tersebut, ada pula jenis dataran tinggi lainnya:

  1. Dataran Intermonten adalah yang tertinggi di dunia. Ini berbatasan dengan pegunungan. Dataran Tinggi Tibet adalah salah satu dataran tinggi tersebut.
  2. Dataran tinggi kontinental adalah dataran tinggi yang dibatasi di semua sisi oleh dataran atau lautan, terbentuk jauh dari pegunungan.

Manfaat Dataran Tinggi

Pemanfaatan daerah dataran tinggi, diantaranya yaitu:

  1. Perkebunan

Dataran tinggi mempunyai tanah yang sangat subur dan cocok untuk dijadikan sebagai lahan perkebunan. Vegetasi yang sesuai ditanam di daerah dataran tinggi misalnya teh, kopi, sayur-sayuran, bahkan kina.

  1. Hortikultura

Dataran tinggi biasanya dimanfaatkan untuk menanam hortikultura, yaitu budidaya tanaman kebun atau taman. Macam-macam tanaman hortikultura diantanya yaitu tanaman buah (frutikultur/pomologi), tanaman sayuran (olerikultura), tanaman bunga (florikultura), tanaman obat (biofarmaka), dan taman (lansekap).

  1. Perhutanan

Dataran tinggi biasanya mempunyai kawasan hutan lindung yang masih asri dan alami dengan flora dan arti fauna yang hidup di dalamnya. Dataran tinggi cocok digunakan untuk lahan hutan yang bisa mencegah erosi, melindungi kesuburan tanah hingga sebagai tempat berlindung banyak sekali flora dan fauna.

  1. Lokasi Wisata

Ada banyak dataran tinggi yang dimanfaatkan sebagai lokasi wisata dengan iklimnya yang sejuk banyak orang suka datang ke dataran tinggi untuk berlibur sekadar menikmati keindahan panorama alam dan kesegaran udaranya.

Contoh Dataran Tinggi

Berikut ini beberapa contoh dataran tinggi yang ada di dunia, antara lain:

  1. Dataran Tinggi Tibet

Ini adalah dataran tinggi yang tertinggi dan terbesar di dunia dan karenanya disebut “roof of the world (atap dunia)”. Beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang Dataran Tinggi Tibet, yaitu:

  1. Terbentuk karena tabrakan lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia.
  2. Cukup tinggi untuk membalikkan siklus konveksi sel Hadley dan untuk mengarahkan angin musim India ke selatan.
  3. Mencakup sebagian besar Daerah Otonomi Tibet, Provinsi Qinghai di Cina Barat, dan bagian dari Ladakh di Jammu dan Kashmir.
  4. Dikelilingi oleh pegunungan di selatan oleh Pegunungan Himalaya, ke timur laut oleh Pegunungan Kunlun, dan ke barat oleh Pegunungan Karakoram.
  1. Dataran Tinggi Colorado

Dataran Tinggi Colorado terletak di bagian barat A.S. Ini adalah dataran tinggi terbesar di Amerika. Beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang Dataran Tinggi Colorado, yaitu:

  1. Ini dibagi oleh Sungai Colorado dan Grand Canyon.
  2. Ini adalah contoh dataran intermonten. Mesa dan butte banyak ditemukan di sini.
  3. Dataran tinggi ini dikenal karena air tanahnya yang berada di bawah tekanan positif dan menyebabkan munculnya mata air yang disebut sumur Artesia.
  4. Datara Tinggi Dekan

Dataran Tinggi Dekan adalah dataran tinggi yang membentuk sebagian besar bagian selatan India. Beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang Dataran Tinggi Dekan, yaitu:

  1. Wilayah ini dibatasi oleh dua pegunungan, Ghats Barat dan Ghats Timur.
  2. Dataran tinggi yang relatif datar meliputi sekitar 300.000 mil persegi (770.000 kilometer persegi), meliputi negara bagian Andhra Pradesh, Karnataka, Kerala, dan Tamil Nadu.
  3. Dekan kaya akan mineral. Bijih mineral utama yang ditemukan di wilayah ini adalah mika dan bijih besi di wilayah Chotanagpur, dan berlian, emas, dan logam lainnya di wilayah Golconda.
  1. Dataran Tinggi Kimberley

Dataran Tinggi Kimberley merupakan dataran tinggi yang terletak di bagian utara Australia. Beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang Dataran Tinggi Kimberley, yaitu:

  1. Dataran tinggi ini terbuat dari letusan gunung berapi.
  2. Banyak mineral seperti besi, emas, timah, seng, perak, dan berlian ditemukan di sini.
  3. Berlian juga ditemukan di sini.
  1. Dataran Tinggi Anatolia

Datarn Tinggi Anatolia dikenal juga sebagai Asia Kecil. Beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang Dataran Tinggi Anatolia, yaitu;

  1. Sebagian besar Turki terletak di dataran tinggi ini
  2. Ini adalah dataran tinggi intermonten yang terletak di antara pegunungan Pontiac dan Taurus.
  3. Sungai Tigris dan Eufrat mengalir melalui dataran tinggi ini.

Itulah tadi penjelasan dan penguraian yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan materi pengertian dataran tinggi menurut para ahli, ciri, jenis, manfaat, dan contohnya yang ada di dalam berbagai bidang. Semoga mencerhakan.

Sumber Referensi
  • Plateaus dari https://www.nationalgeographic.com/science/earth/surface-of-the-earth/plateaus/
  • Plateau dari https://en.wikipedia.org/wiki/Plateau
  • Plateau Formation & Types of Plateaus | Major Plateaus of The World dari https://www.pmfias.com/plateaus-types-major-plateaus-world-tibetan-colombia-colorado-deccan-anatolian-kimberly-katanga-altiplano/
Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *