10 Dampak Positif dan Negatif Vulkanisme

Diposting pada

Dampak Positif dan Negatif Vulkanisme

Pada Prinsipnya bahwa bencan alam yang terjadi permukaan bumi tidak terlepas dari adanya dampak kegiatan manusia yang terus menerus hingga merusak alam, maka dari itu perlu adanya analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) yang harus di implementasikan di dalam kehidupan sehari-hari

Salah satu contoh dari bencana alam tersebut adalah vulkanisme, pada peristiwa vulkanismemaka terdapat magma yang keluar di permukaan bumi menjadi sebuah endapan. Dan juga mayoritas gunung berapi terestrial aktif (kira-kira 80 persen) dan fenomena terkait terjadi di mana dua lempeng tektonik bertemu dan yang satu menimpa yang lain, dengan masing-masing dampak yang ditimbulkan.

Vulkanisme

Arti Vulkanisme adalah letusan magma yang diturunkan secara internal untuk membentuk endapan permukaan, memberikan salah satu petunjuk paling penting ke lokasi pemanasan interior dalam ruang dan waktu serta evolusi termal planet secara umum. Gunung api bisa terbentuk ketika batuan di dekat permukaan menjadi cukup panas untuk meleleh. Di Bumi, hal ini sering terjadi terkait dengan batas lempeng. Dampak dari vulkanisme tersebut mempunyai sisi negatif dan sisi positif.

Ketika dua lempeng bergerak terpisah, seperti di pegunungan vulkanik di tengah samudra, material dari interior bumi perlahan-lahan naik, meleleh saat mencapai tekanan yang lebih rendah, dan mengisi celah tersebut. Akan tetapi, ketika satu lempeng disubduksi di bawah lempeng lain, ruang magma bisa terbentuk. Badan magma ini memberi makan pulau vulkanik yang menandai zona subduksi. Gejala pasca vulkanisme itu juga berdampak positif karena dapat menyuburkan tanah disekitar.

Pengertian Vulkanisme

Vulkanisme juga bisa diartikan sebagai proses di mana magma yang berada di dalam perut bumi meletus ke permukaan atau di dekat permukaan melalui saluran vulkanik, sehingga membentuk berbagai jenis puing vulkanik yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Vulkanisme bisa mengakibatkan fenomena air mata panas yang di dalamnya mengandung banyak sekali manfaatnya.

Apa yang dikatakan oleh gunung api di bumi?

Fakta bahwa Bumi memiliki gunung berapi memberi tahu kita bahwa interior Bumi bersirkulasi dan panas – cukup panas untuk meleleh. Bumi mendingin; gunung api adalah salah satu cara untuk menghilangkan panas. Salah satu contoh fenomena vulkanisme di dalam kehidupan adalah gunung api.

Pola sebaran gunung berapi di Bumi memberi kita petunjuk bahwa permukaan luar Bumi terbagi menjadi lempeng; rantai gunung berapi yang berasosiasi dengan pegunungan di tengah laut dan zona subduksi menandai tepi lempeng.

Planet lain memiliki fitur vulkanik – beberapa di antaranya baru-baru ini aktif – memberi tahu ahli geologi bahwa mereka juga kehilangan panas dari interiornya dan adanya sirkulasi. Namun, planet-planet ini tidak menampilkan pola seperti yang dilakukan oleh gunung berapi di Bumi.

Dampak Positif Dan Negatif Vulkanisme

Keberadaan gunung api berpengaruh besar terhadap wilayahnya. Gunung api menghasilkan abu, lahar, bom vulkanik, aliran piroklastik dan lahar. Abu dari gunung api besar diketahui mempengaruhi iklim global. Dampak keberadaan gunung api dengan segala aktivitas vulkanisnya bisa berupa dampak positif maupun negatif.

  1. Dampak Positif Vulkanisme

Dampak positif karena aktivitas vulkanisme, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Energi panas bumi adalah tempat panas dari dalam bumi digunakan untuk menghasilkan listrik. Energi panas bumi dapat dihasilkan di area di mana magma terletak dekat dengan permukaan. Ini bagus untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan.
  2. Abu yang dikeluarkan oleh gunung berapi berfungsi sebagai pupuk yang baik untuk tanah, sehingga tanah menjadi subur dan baik digunakan untuk menanam sayuran tauapun tanaman lainnya.
  3. Gunung berapi menarik banyak wisatawan, yang menikmati pemandangan dramatis yang mereka hasilkan.
  4. Magma yang naik membawa mineral berharga ke permukaan, menciptakan peluang pertambangan.
  5. Menambah jumlah material bangunan yang ada dipermukaan bumi

 

  1. Dampak Negatif Vulkanisme

Dampak negatif karena aktivitas vulkanisme, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Ketika abu dan lumpur dari letusan bercampur dengan air hujan atau salju yang mencair, semburan lumpur cepat terjadi. Hal ini juga dapat memicu banjir bandang, dan batu runtuh.
  2. Letusan gunung api sangat berbahaya, karena dapat menewaskan orang dan merusak properti.
  3. Kegiatan ekonomi dapat menderita karena sulitnya bisnis beroperasi setelah letusan.
  4. Habitat dan lanskap rusak oleh aliran lava. Atau bisa dikatakan bahwa materi hasil buatan manusia dan pemandangan alam akan hancur dan akan berubah selamanya ketika terkena letusan gunung api.
  5. Menimbulkan kerusakan alam

Demikianlah materi yang dapat dibagikan kepada segenap pembaca mengenai dampak positif dan negatif vulaknisme. Semoga artikel yang sudah di tulis ini dapat menambah pengetahuan dan juga wawasan kepada segenap pembaca serta juga dapat menjadi salah satu sumber referensi terkait materi tersebut.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.