8 Ciri Globe Secara Umum dan Penjelasannya

Diposting pada

Ciri Globe

Globe pada dasarnya dibuat dari bola yang tertutup selembar kertas yang menunjukkan batas politik Bumi, topografi Bumi atau keduanya. Globe jenis ini memiliki kualitas yang beragam, tetapi semuanya pada dasarnya sama. Jenis umum lainnya dari globe menunjukkan topografi ciri planet ini.  Pada tipe ini, gunung-gunung dibuat menonjol, sementara lembah-lembah yang dalam atau ngarai-ngarai dibuat cekungan.

Model yang lebih mahal sering kali terbuat dari logam atau bahan padat lainnya, dengan garis-garis politik atau topografi terukir di dunia itu sendiri, daripada dicetak pada strip kertas. Ini sangat bervariasi dalam kualitas dan nilai, dari bola yang diproduksi secara massal yang dirancang untuk digunakan di kantor hingga barang-barang kolektor yang mungkin terbuat dari logam mulia dan bahkan memiliki lapisan permata.

Baru-baru ini, sejumlah globe telah mulai menggunakan elektromagnet kecil untuk memungkinkan mereka melayang di udara dan berputar pada sumbu antara dua magnet.

Selain globe yang mewakili Bumi, beberapa juga ada yang mewakili benda langit lainnya. Paling umum adalah dari bulan atau Mars, meskipun bola dari planet lain di tata surya kita juga ada. Selain itu, beberapa model khusus menggambarkan planet fiksi, seperti Arrakis karya Frank Herbert dari novel Dune.

Namun tipe lain, yang dikenal sebagai globe bintang, menggambarkan bintang-bintang di langit yang dilihat dari planet Bumi. Globe-globe ini sangat berguna bagi para astronom amatir dan sering juga menunjukkan jalur matahari, bulan dan planet-planet lain, serta rasi bintang utama dan fenomena langit penting. Manfaat globe dalam kehidupan dalam berbagai kehidupan banyak sekalai salah satu contohnya adalah untuk mengetahui tempat yang akan dikunjungi.

Pengertian Globe

Arti Globe adalah bola bumi berukuran kecil dengan kemiringan 66 ⅛ ° pada garis ekliptika (bidang edar bumi) dan dengan kemiringan 23 ⅛ ° dari matahari. Globe juga dapat disebut sebagai model tiruan bumi yang memberikan gambaran bentuk bumi sehingga mendekati bentuk sebenarnya. Kata “globe” itu sendiri berasal dari kata “globus” (bahasa Latin) yang artinya bola yang bulat.

Globe menunjukkan detail dari subjeknya. Bola terestrial menunjukkan massa daratan dan badan air. Ini mungkin menunjukkan negara dan kota-kota terkemuka dan jaringan garis lintang dan bujur.

Beberapa telah disertai relief untuk menunjukkan gunung. Bola selestial menunjukkan bintang-bintang, dan juga dapat menunjukkan posisi benda-benda astronomi terkemuka lainnya. Biasanya itu juga akan membagi ruang angkasa menjadi rasi bintang. Fungsi dari globe juga dimafaatkan manusia untuk meringkan pekerjaan manusia serta jenis globe itu sangat banyak tergantung daalam pemanfaataanya.

Globe memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu:

  1. Untuk menentukan proses kejadian di langit, baik lokasi terjadi dan waktunya.
  2. Untuk menentukan skala perbedaan musim yang didasarkan pada perbedaan letak Matahari.
  3. Untuk menentukan distribusi iklim bumi berdasarkan garis lintang.
  4. Untuk memprediksi jenis waktu yang terjadi pada muka Bumi berdasarkan garis bujur.
  5. Untuk membedakan area terestrial dengan wilayah laut pada permukaan bumi.
  6. Untuk jadi pendukung untuk memvisualisasikan bentuk rotasi bumi.
  7. Untuk mengarahkan macam kegiatan untuk menetapkan lokasi tertentu.
  8. Untuk menemukan skala nomina area pada permukaan bumi.
  9. Untuk perencanaan jalur penerbangan atau pelayaran.

Pengertian Globe Menurut Para Ahli

Adapun definisi globe menurut para ahli, antara lain:

  1. Oxford Living Dictionaries

Globe dapat didefinisikan sebagai sebuah representasi bola bumi atau rasi bintang dengan peta di permukaan.

  1. Cambride Dictionary

Globe dapat didefinisikan sebagai peta dunia yang dibuat dalam bentuk bola dan melekat pada penyangga, yang dapat diputar pada sudut yang sama dengan berputarnya bumi di angkasa. Globe merupakan miniatur bola bumi yang dibuat oleh manusia dan jika dilihat mendekati bentuk bumi yang sebenarnya.

Ciri-Ciri Globe

Globe mempunyai ciri-ciri yang menyeluruh terhadap gambaran bumi, diantaranya yaitu sebagai berikut;

  1. Globe adalah satu-satunya representasi Bumi yang tidak mengubah bentuk atau ukuran fitur termasuk massa daratan, badan air, dan lain-lain
  2. Berbentuk 3 dimensi (bulat)
  3. Menunjukkan lokasi yang nyata atau sebenarnya
  4. Bisa mengetahui lokasi suatu titik / wilayah terhadap lokasi titik / wilayah lain di seluruh permukaan bumi
  5. Sulit direproduksi / disalin
  6. Keterangan sangat terbatas ( karena biasanya berskala kecil )
  7. Daerah / wilayah yang sangat kecil tidak tergambar atau tergambar kurang jelas.
  8. Tidak lazim ditambahkan simbol-simbol dan keterangan lain untuk kepentingan tertentu

Demikianlah materi yang dapat dibagikan kepada segenap pembaca mengenai ciri globe sacara umum. Semoga artikel yang ditulis ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada segenap pembaca serta menjadi salah satu sumber informasi yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.