Citra Foto dan Non Foto: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Jenis Citra Foto dan Non Foto

Manfaat penginderaan jauh secara umum dapat menjadi salah satu efesiensi waktu dalam penelitian tanpa harus benar-benar bersentuhan langsung dengan objeknya. Dengan demikian peranan ini menjadi penting dalam kamajuan disiplin ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kwalitas gambarnya agar sesuai dengan apa yang diharapkan.

Proses peningkatkan kwalitas inilah biasanya dikenal dalam Indraja sebagai citra foto dan non foto yang memiliki beragam jenis, serta contohnya.

Citra Foto dan Non Foto

Istilah citra foto dan non foto hakekatnya merupakan struktur kata sarapan dari Bahasa Inggris, yang diilustrasikan sebagai pengambilan gambar-gambar dalam penginderaan jauh tanpa mengurangi kwalitas yang ada pada objek yang dituju.

Sehingga, dalam koredor ini kwalitas serata struktur gambar akan sama persis tanpa harus si penelitian bersentuhan dengan objeknya. Apalagi pada zaman sekarang dengan kecanggihan teknologi pengambilannya bisa dilakukan melalui udara, daratan, atapun lautan.

Bahkan biasanya, foto memainkan peran berikut dalam proyek pemetaan satelit:

  1. Foto resolusi tinggi memberikan cara yang efisien dalam memberikan informasi tempat pelatihan untuk klasifikasi gambar.
  2. Selama fase penilaian menengah, mereka adalah alat yang baik untuk verifikasi klasifikasi.
  3. Setelah verifikasi lapangan, foto sangat berharga untuk klasifikasi ulang dan pengeditan.
  4. Selama penilaian akurasi akhir dari klasifikasi citra, foto udara menyediakan sarana yang efisien, dalam beberapa kasus, satu-satunya cara, untuk menentukan akurasi klasifikasi.

Jadi, dalam citra foto dan non foto untuk sebuah proyek berfokus pada penggunaan citra satelit resolusi relatif tinggi atau menengah, keterampilan dalam menggunakan fotografi (termasuk memiliki pengetahuan berbasis darat) tetap penting.

Pengertian Citra Foto

Pengertian citra foto (photographyc image) merupakan hasil dan perekaman objek penelitian dengan mempergunakan beragam bentuk sensor kamera yang dilakukan melalui dasar-dasar persiapan yang matang sehingga sumber asli dan hasil gambarannya tidak bisa dibedakan.

Jenis Citra Foto

Adapun beragam macam citra foto yang biasanya dipergunakan penelitian, antara lainnya adalah sebagai berikut;

Berdasarkan Spektrum Elektromagnetik

Berdasarka pada elektromagnetik, maka cita foto dibedakan dalam beragam jenis, antara lain;

  1. Foto ultraviolet
  2. Foto panknomatik hitam putih
  3. Foto pankromatik berwarna
  4. Foto ortokromatik
  5. Foto inframerah hitam putih
  6. Foto multispektral
Berdasarkan sumbu kamera

Jikalau dilihat dari sumbu kameranya, maka citra foto dibedakan dalam beragam jenis. Antara lain

  1. Foto udara vertikal
  2. Foto udara condong
  3. Foto udara sangat condong
Berdasarkan warna

Trakhir, jikalau ditinjau dari warannya citra foto dapat dibedakan dalam beragam jenis. Antara lain;

  1. Foto warna semu (false color)
  2. Foto warna asli

Pengertian Citra Non foto (Citra Udara)

Citra non foto (nonphotograpyc image) merupakan serangkaian hasil perekaman objek penelitian yang dilakukan melalui sensor elektromagnetik dengan lebih identik dengan karakteristiknya yang condong pada bagian luar angkasa (udara).

Jenis Citra Non foto

Adapaun jikalau dilihat dari macamnya, citra nonfoto secara umum dapatlah dibedakan sebagai berikut;

Berdasarkan spektrum elektromagnetik

Berdasarkan pada spketrum elektromagnetif, jenis-jenis yang terdapat dalam citra non foto antara lain;

  1. Citra inframerah termal
  2. Citra radar
  3. Citra gelombang mikro
Berdasarkan sensor

Akan tetapi macam citra non foto bilamana dilihat dari arti sensornya diberdakan dalam berabagai jenis, antara lain;

  1. Citra tunggal yang menggunakan sensor tunggal
  2. Citra multispektral menggunakan sensor jamak

Contoh Citra Foto dan Non Foto

Adapun untuk memperjelasan tentang kedua istilah ini, maka serangkaian contoh-contoh yang menjadi perbedaannya misalnya saja;

Bulan

Penjelasan dalam contoh untuk foto berupa bulan (moon) ataupun lapisan matahari yang didapatkan secara langsung dari objeknya maka disebut dengan citra foto.

Akan tetapi bilamana ada gambar berupa ilutrasi awal dari bentuk wilayah pertumbuhan penduduk di Indonesia, atapun dalam jenis-jenis penggambaran bentuk tumbuhan enceng gondok dalam lautan yang digambarkan melalui pemantauan udara maka disebut dengan citra non foto.

Kesimpulan

Dari serangkaian penjelasan tentang pengertian citra foto dan citra non foto serta jenis-jenisnya diatas, dapatlah dikatkan bahwa unsur perbedaan yang paling terlihat dari keduanya lebih pada bentuk perekaman objek di permukaan bumi, yang mana untuk citra udara melalui sistem penginderaan jauh menghasilkan foto dengan ukuran berupa ilutrasi (bukan kenyataan yang sebenarnya).

Demikianlah penjelasan tentang pengertian, jenis, contoh, serta perbedaan dalam citra foto dan non foto. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan meningkatkan ilmu pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *