Permukaan Bumi: Daratan dan Perairan

Diposting pada

Permukaan Bumi Adalah

Permukaan bumi memiliki bentuk yang beragam, bentuk muka bumi dapat disebut dengan topografi, kenampakan alam, dan lain sebagainya. Bentuk permukaan bumi tersebut terbentuk melalui faktor eksogen dan faktor endogen. Faktor eksogen adalah faktor pembentuk kenampakan bumi dari luar. Sedangkan faktor endogen adalah faktor pembentuk permukaan bumi dari dalam. Faktor tersebut merupakan contoh gejala alam.

Faktor eksogen pembentukannya berasal dari komponen biotik dan komponen abiotik yang berada di luar bumi. Sedangkan faktor endogen pembentukannya berasal dari aktivitas di dalam perut bumi seperti pergerakan lempeng dan aktivitas vulkanik. Tenaga pembentuk permukaan bumi membentuk beberapa contoh kenampakan bumi sebagai berikut;

Permukaan Bumi

Adapun macam-macam permukaan bumi dari daratan dan perairan, antara lain adalah sebagai berikut;

Dataran Tinggi

Dataran tinggi adalah wilayah daratan yang memiliki ketinggian berkisar antara 300 sampai dengan 2000 meter di atas permukaan laut. Daratan tinggi memiliki iklim yang sejuk sesuai dengan teori iklim Jhunghun yang berbunyi semakin tinggi suatu tempat maka iklim yang dihasilkan akan semakin sejuk.

Di dataran tinggi dapat ditanami berbagai macam tanaman yang cocok dibudidayakan pada iklim sejuk seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Suhu dingin yang terdapat di dataran tinggi menjadikan mayoritas penduduk bekerja di sektor perkebunan.

Dataran Rendah

Dataran rendah adalah wilayah dan perwilayahan permukaan bumi di daratan yang memiliki ketinggian antara 0 sampai dengan 299 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah ini meliputi daerah pantai. Sehingga dataran rendah memiliki iklim yang panas.

Tanaman yang cocok di tanamai di dataran rendah adalah tanaman pertanian iklim tropis. Contoh dari tanaman pertanian iklim tropis adalah padi, jagung, kelapa, tebu, singkong, ubi, kacang, dan lain sebagainya.

Plato

Plato merupakan kenampakan permukaan bumi yang menjulang tinggi dengan puncak yang datar. Kenampakan plato di permukaan bumi ibarat seperti panggung pertunjukan. Plato biasanya terdapat di daerah perbukitan. Plato terbentuk karena adanya pergerakan lempeng tektonik pada lapisan bumi yang mengakibatkan patahan transform. Patahan transform tersebut memberikan efek plato pada kenampakan permukaan bumi. Baca JugaPengertian Teori Lempeng Tektonik, Jenis, Bagian, dan Contohnya

Depresi Kontinental

Depresi kontinental adalah kenampakan permukaan bumi berupa dataran rendah yang ketinggiannya di bawah 0 meter dari permukaan laut. Depresi kontinental memiliki ketinggian lebih rendah dibandingkan dengan permukaan laut. Depresi kontinental terbentuk karena pergerakan lembeng tektonik di lapisan perut bumi yang mengakibatkan patahan. Patahan tersebut membawa dampak pembentukan depresi kontinental di permukaan bumi.

Gunung

Gunung adalah kenampakan permukaan bumi yang memiliki ketinggian diatas 2000 meter. Pengertian gunung ini sendiri memiliki beberapa jenis yaitu gunungapi aktif, gunungapi mati, dan gunung mati. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Gunungapi Aktif

Gunungapi aktif adalah gunung vulkanik yang masih aktif melakukan aktivitas vulkanik. Gunungapi aktif ini masih sering terjadi erupsi sebagai dampak dari aktivitas vulkanik di bawah perut gunungapi. Contoh dari Gunungapi Aktif adalah Gunung Merapi di Jawa Tengah

Gunungapi Tidak Aktif

Gunungapi mati adalah gunungapi vulkanik yang sudah tidak menunjukkan aktivitas vulkanik. Gunungapi mati terjadi karena tidak befungsinya aktivitas magma di bawah perut gunungapi sehingga tidak lagi menunjukkan aktivitas vulkanik. Contoh dari Gunungapi Tidak Aktif adalah Gunungapi Lawu di Jawa Timur.

Gunung Mati

Gunung mati adalah gunung non vulkanik. Gunung mati merupakan gunung yang tidak ada sama sekali magma di dalamnya. Gunung mati terbentuk karena pergerakan lempeng tektonik di bawah lapisan perut bumi. Contoh dari Gunung Mati adalah Gunung Ungaran di Jawa Tengah. Baca JugaPengertian Gunung Meletus, Penyebab, dan Contohnya

Pegunungan

Pengertian pegunungan adalah kenampakan permukaan bumi yang memiliki ketinggian diatas 2000 meter di atas permukaan laut dalam jumlah banyak dalam 1 wilayah. Dilihat dari segi topografinya, pegunungan memiliki 1 puncak tertinggi yang menjadi induk gunung tersebut.

Bukit dan Perbukitan

Bukit adalah kenampakan di permukaan bumi berupa dataran tinggi yang memiliki ketinggian antara 1000 sampai dengan 2000 meter di atas permukaan laut. Sedangkan perbukitan adalah kumpulan dari bukit.

Lembah

Lembah adalah kenampakan di permukaan bumi yang merupakan lereng dari suatu gunung, bukit, atau dataran tinggi. Lembah sering dimanfaatkan penduduk untuk pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Jurang

Jurang memiliki persamaan dengan lembah. Perbedaan antara jurang dengan lembah adalah jurang memiliki tingkat kecuraman lereng yang tinggi sedangkan lembah memiliki tingkat kecumaran leren yang rendah.

Paparan Benua

Paparan benua adalah kenampakan di permukaan bumi yang berada di perairan. Paparan benua merupakan tempat di dasar laut yang memiliki keanekaragaman ekosistem di dalamnya. Hal ini dikarenakan paparan benua di dasar laut hanya memiliki kedalaman sekitar 200 meter di bawah permukaan laut sehingga sinar matahari masih leluasan untuk menyinari area tersebut.

Punggung Laut

Punggung laut adalah kenampakan bukit yang berada di dasar laut. Punggung laut ini memiliki ketinggian antara 50 sampai dengan 100 meter yang diukur dari dasar laut. Punggung laut merupakan rumah bagi ekosistem laut seperti terumbu karang.

Ambang Laut

Ambang laut adalah kenampakan di permukaan laut yang menjadi pemisah antara dasar laut yang dangkal dan dasar laut yang dalam. Ambang laut ini sering dijadikan nelayan untuk menangkap ikan karena di daerah ini suhunya hangat, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Hangatnya suhu di area ambang laut dikarenakan daerah ambang laut ini merupakan pertemuan 2 suhu yaitu suhu panas di dasar laut yang dangkal dan suhu dingin di dasar laut yang dalam.

Gunung Laut

Pengertian gunung laut sama seperti gunung yang ada di daratan. Gunung laut juga memiliki sifat ada gunung laut yang aktif dan ada gunung laut yang tidak aktif. Gunung laut aktif juga dapat menghasilkan aktifitas vulkanik.

Lubuk Laut

Lubuk laut adalah kenampakan permukaan bumi di dasar laut yang berbentuk cekungan besar. Lubuk laut terbentuk karena pergerakan lempeng tektonik dasar laut berupa lapisan sima yang bergerak sehingga menimbulkan daerah patahan. Daerah patahan tersebut membentuk cekungan besar.

Palung Laut

Palung laut adalah daerah kenampakan permukaan bumi yang berada di dasar laut. Palung laut adalah bagian paling dalam dari dasar laut. Dalam palung laut kehidupan yang ditemukan terbatas karena sinar matahari tidak dapat menembus memasuki palung laut. Di dalam dasar palung laut hanya terdapat binatang laut yang mampu hidup tanpa adanya bantuan dari sinar matahari.

Palung laut paling dalam dan paling terkenal adalah Palung Mariana yang terdapat di Samudera Pasifik dengan kedalaman mencapai 11.000 meter di bawah permukaan laut. Palung tersebut menjadi objek studi ilmu oceanografi dunia untuk meneliti kehidupan di dasar palung tersebut. Selengkapnya, baca; Pengertian Laut, Jenis, dan Manfaatnya

Pulau Karang

Pulau karang adalah kenampakan permukaan bumi yang berada di dasar laut dengan bentuk tumpukan karang. Tumpukan karang tersebut menumpuk jadi satu yang berasal dari jasad renik hewan laut yang telah mati.

Nah, penjelasan diatas adalah deskripsi tentang kenampakan permukaan bumi di daratan dan di perairan secara lengkap. Semoga hadirnya tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, terutama yang sangat membutuhkan materinya. Terima kasih !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *