Jenis Globe dan Penjelasannya

Diposting pada

Jenis Globe

Globe atau bola bumi buatan merupakan arti peta bumi yang bulat seperti bola (tiruan bumi), dunia (planet bumi). Meskipun globe seringkali kita kenal sebagai bola bumi, tapi pada dasarnya globe bukan hanya bermanfaat untuk menggambarkan bola bumi, ada pula jenis globe selestial, yaitu bola langit yang digunakan untuk memetakan jenis bintang-bintang dalam bentuk bulat.

Bola terestrial tertua yang masih hidup adalah Erdapfel, ditempa oleh Martin Behaim pada tahun 1492. Bola langit tertua yang masih ada berada di atas Farnese Atlas, diukir di Kekaisaran Romawi abad ke-2. Globe memiliki beberapa ciri, diantaranya yaitu berbentuk 3 dimensi (bulat), dapat digunakan untuk mengetahui lokasi suatu titik / wilayah terhadap lokasi titik/wilayah lain di seluruh permukaan bumi.

Globe

Globe adalah model spheroid, biasanya Bumi atau benda langit lainnya. Ada banyak jenis globe yang berbeda, mulai dari yang sederhana hingga yang sangat kompleks dan akurat. Jenis globe yang paling umum memetakan Bumi, yang terbagi lagi menjadi beberapa jenis globe yang berbeda, masing-masing dengan manfaat dan keterbatasannya sendiri.

Jenis Globe

Secara garis besar, globe bisa dibedakan menjadi dua, yaitu globe terestrial dan globe selestial. Berikut penjelasannya:

  1. Globes Terrestrial dan Planetari

Globe adalah satu-satunya representasi bumi yang tidak mengubah bentuk atau ukuran fitur muka bumi. Peta datar dibuat menggunakan proyeksi peta yang mau tidak mau memperkenalkan semakin besar area yang ditunjukkan peta banyak distorsi. Skala tipikal untuk globe terestrial kira-kira 1:40 juta.

Terkadang globe memiliki tekstur permukaan yang menunjukkan topografi; dalam hal ini, ketinggian ditonjolkan, jika tidak maka akan sulit terlihat. Sebagian besar globe modern juga dicetak dengan paralel dan meridian, sehingga orang dapat mengetahui perkiraan koordinat tempat tertentu.

Globe juga dapat menunjukkan batas dalam arti negara dan namanya, fitur yang dapat dengan cepat menjadi ketinggalan zaman, karena negara mengubah nama atau perbatasannya.

  1. Globe Selestial

Globe Selestial menunjukkan posisi arti bintang-bintang di langit. Globe tersebut menghilangkan Matahari, Bulan dan planet-planet karena posisi benda-benda ini bervariasi relatif terhadap bintang-bintang, tetapi ekliptika, di mana Matahari bergerak, diindikasikan.

Macam Globe Yang Lainnya

Selain kedua jenis utama globe tersebut, ada pula macam-macam globe yang dapat kita beli dari pembuat dan penjual global di seluruh dunia, diantaranya yaitu:

  1. Globe Berputar (Spinning Globes)

Ada banyak globe yang akan berputar sebentar jika kita memberi mereka dorongan yang bagus, tetapi tidak ada begitu banyak bola yang akan berputar tanpa batas.

  1. Globe Historis (Historical Globes)

Beberapa globe paling indah yang dapat kita beli memiliki desain historis, baik sejarah globe  dari abad lampau atau desain kontemporer yang terinspirasi oleh sejarah pembuatan global.

  1. Globe Buatan Tangan (Handmade Globes)

Sementara sebagian besar globe diproduksi secara massal akhir-akhir ini, beberapa, seperti abad yang lalu, dibuat dengan tangan. Buatan tangan dapat berarti banyak hal: diplester, dilukis dengan tangan, dibuat dengan kertas, atau bahkan, dalam kasus globe kaca, ditiup dengan mulut!

  1. Globe Seni (Art Globes)

Setiap globe, sampai tingkat tertentu, adalah karya seni. Namun, beberapa seniman telah beralih ke bola dunia sebagai inspirasi untuk karya seni mereka yang lebih abstrak.

  1. Globe Relief (Relief Globes)

Bumi itu begitu besar sehingga bahkan gunung-gunung tertinggi hanyalah riak di permukaan bola. Bagaimanapun juga, globe dengan relief yang terangkat menunjukkan gunung-gunung, hal itu sangat kontras dengan dataran dan lautan yang bahkan lebih halus.

  1. Globes Pendidikan (Educational Globes)

Seringkali kita berpikir bahwa setiap globe dibuat untuk tujuan pendidikan, sebagai pengingat bahwa kita hidup di planet kecil. Namun beberapa globe melangkah lebih jauh, membantu anak-anak untuk belajar tentang dunia dengan berbagai cara yang menyenangkan dan mengejutkan.

  1. Globe Kayu (Wooden Globes)

Meskipun kayu telah lama digunakan untuk membuat basis bagi globe, baru-baru ini para pembuat kaca beralih ke bahan paling alami ini untuk membuat globe itu sendiri.

  1. Globe Warisan/Pusaka (Heirloom Globes)

Beberapa bola dunia dibangun tidak hanya untuk seumur hidup, tetapi untuk diturunkan dari generasi ke generasi. Jika kita mencari bola dunia yang akan menjadi pusaka keluarga, makan dalam hal ini lihat bola dunia yang tak lekang oleh waktu.

Demikianlah tadi artikel lengkap yang bisa kami sajikan pada semua pembaca. Tentang macam-macam globe yang ada di seluruh dunia dan penjelasannya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *