Manfaat Globe dalam Kehidupan dari Berbagai Bidang

Diposting pada

Kegunaan Globe

Polemik bentuk bumi menjadi perdebatan yang tak kunjung usai di kalangan ilmuan dan penganut-penganutnya. Kita percaya dalam kurikulum yang dipakai pada pembelajaran menggunakan ideologi bentuk  bumi bundar seperti bola. Bukti bumi berbentuk datar tidak bisa dinalar secara logika. Tak perlu membahas penolakan teori bumi berbentuk datar atau bundar, hal itu akan memakan waktu lama.

Bentuk bumi bundar mudah diaplikasikan dalam wujud globe. Globe dimanfaatkan sebagai pembelajaran hakikat geografi pada tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Menggunakan globe mengandung banyak manfaat yang dirasakan. Selain lebih mudah memahami letak suatu wilayah menggunakan globe, petunjuk lain seperti garis astronomi akan terlihat. Apa yang disebut globe? Manfaat apa saja yang dimiliki globe dalam kehidupan? Penjelasannya sebagai berikut.

Globe

Pengertian globe adalah proyeksi lingkaran yang digunakan untuk menunjukkan wujud rupa bumi dalam bentuk diperkecil dengan skala tertentu. Bola bergambar daratan dan perairan dunia disajikan secara visual sebagai kenampakan globe.

Globe berdiri dikaitkan dengan penyangga sehingga dapat diputar sesuai keinginan untuk memudahkan proses belajar.

Manfaat Globe

Benda yang dibuat oleh manusia tentunya memiliki berbagai dampak. Dampak bisa berupa positif atau negatif. Namun pada benda yang bernama globe, dirasa tidak ditemukan dampak negatifnya mengingat benda tersebut berfungsi sebagai media pembelajaran geografi. Mempelajari geografi kurang lengkap jika tidak memakai unsur peta. Wujud nyata peta bisa dilihat dari kenampakan globe.

Peta memiliki unsur yang harus ada supaya validitasnya dapat dipercaya. Unsur peta yang berjumlah 12 tersebut antara lain judul, simbol, inset, legenda, tanda arah, tahun pembuatan, skala, tata warna, tata penulisan, garis astronomi, garis tepi, dan sumber peta. Globe mengandung unsur peta sehingga kesempurnaan globe begitu lengkap dengan wujud yang menyerupai bumi. Manfaat globe secara lengkap dapat disimak pada penjelasan berikut ini;

Menunjukkan Kenampakan Rupa Bumi

Bumi terdiri dari perairan dan daratan. Wilayah bumi sebesar 75% dipenuhi oleh perairan baik itu laut, sungai, danau, rawa, dan lain-lain. Selebihnya sebesar 25% wilayah bumi terdiri dari daratan. Dilihat dari aspek topografi, klasifikasi wilayah daratan terbagi atas dataran rendah dan dataran tinggi. Wujud globe layaknya peta yang mana wilayah daratan dibagi menjadi beberapa warna agar dapat mengetahui tingkat ketinggian suatu tempat.

Menampilkan Keadaan Suatu Wilayah

Maksud dari manfaat globe untuk menampilkan keadaan suatu wilayah berbeda dengan menunjukkan kenampakan rupa bumi. Bedanya adalah menunjukkan kenampakan rupa bumi artinya memperlihatkan keseluruhan permukaannya secara utuh. Sedangkan menampilkan keadaan suatu wilayah hanya dibagi secara khusus berdasarkan daerah mana yang dikaji. Hal dini ditemukan pada globe dengan inset tertentu.

Globe umumnya menunjukkan wujud rupa bumi secara utuh. Di dalam globe khusus, terdapat bagian yang diberi tanda kota sebagai inset wilayah. Tergantung jenis khusus daerah apa dari globe tersebut. Globe dengan jenis khusus wilayah regional Provinsi Jawa Tengah maka dalam kenampakan globe tersebut inset khusus akan diisi wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Sebagai Media Ilustrasi Terjadinya Gerhana Matahari dan Bulan

Gerhana matahari disebabkan karena cahaya matahari tertutupi oleh bulan sehingga wilayah yang tertutupi tersebut tidak mendapatkan sinar matahari. Sedangkan gerhana bulan terjadi karena bumi berada di tengah-tengah antara matahari dan bulan, sehingga bulan tidak dapat memantulkan cahaya matahari karena tertutupi oleh bumi. Ilustrasi tersebut bisa digunakan dalam pembelajaran geografi.

Caranya adalah menggunakan globe sebagai bumi, bola basket sebagai matahari, dan bola tenis sebagai bulan. Syaratnya, besar globe tidak boleh melebihi besaran bola basket agar ilustrasi pembelajaran tampak lebih nyata. Lalu ketiga benda tersebut diputar menyerupai terjadinya gerhana matahari maupun bulan. Cara tersebut dirasa efektif dalam pembelajaran dan membuat siswa mudah memahami maksud yang disampaikan.

Media Pembelajaran Rotasi Bumi

Pengertian rotasi bumi adalah perputaran bumi yang membuktikan adanya siang dan malam. Globe merupakan bola yang berwujud kenampakan bumi dengan penyangga yang digunakan sebagai objek putar. Penyangga tersebut memungkinkan globe dapat diputar sesuai keinginan sebagai media pembelajaran rotasi bumi.

Pembanding Ukuran Bumi dengan Benda Langit dalam Sistem Tata Surya

Sistem tata surya kita menganut paham heliosentris yaitu matahari sebagai pusat. Sistem tata surya kita dimulai dari matahari sebagai porosnya lalu diikuti oleh planet dengan urutan Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Manfaat globe sebagai pembanding ukuran bumi dengan benda langit dalam sistem tata surya harus sesuai dengan ukuran sebenarnya.

Objek Wirausaha

Melalui tangan manusia yang kreatif, semua peluang bisa dijadikan ladang bisnis. Seperti halnya globe, kebutuhan globe pada pelajar hingga kalangan umum menjadikan para pengusaha memproduksi globe untuk tujuan komersial. Harga globe paling murah sekitar Rp. 300.000,- dan yang paling mahal mencapai Rp. 3.000.000,- membuat pebisnis globe melihat peluang yang menguntungkan dari benda bundar tersebut.

Penunjuk Arah

Salah satu unsur peta adalah terdapatnya tanda arah. Tanda arah yang dimaksud adalah arah mata angin. Arah mata angin tediri atas timur, tenggara, selatan, barat daya, barat, barat laut, utara, dan timur laut.

Menunjukkan Batas Administrasi Suatu Negara

Batas adminitrasi menjadi lokasi mutlak untuk menentukan luas suatu tempat. Peta pada bidang datar telah menggunakan batas administrasi guna menunjukkan lokasi. Globe yang menganut asas unsur peta tentunya mengandung manfaat untuk menunjukkan batas administrasi suatu negara.

Menunjukkan Batas Wilayah Laut

Batas wilayah laut Negara Kesatuan Republik Indonesia diatur dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) sepanjang 12 mil dari panjang garis pantai. Sehingga untuk menunjukkan batas wilayah laut hanya perlu menghitung skala globe dengan perbandingan 12 mil per skala.

Mengetahui Proses Perubahan Musim

Musim dari dunia terbagi atas 6 jenis. Dari 6 jenis musim tersebut dibagi secara khusus menjadi iklim tropis dan subtropis. Iklim tropis merupakan negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa seperti Indonesia. Sedangkan iklim subtropis terjadi di negara/wilayah yang jauh dari garis khatulistiwa.

Maka untuk mengetahui wilayah tersebut terjadi iklim tropis atau subtropis hanya perlu melihat globe sebagai penunjuknya.

Sebagai Media Pembanding Luas Daratan atau Lautan

Benua terluas di dunia adalah Asia, sedangkan perairan terluas di dunia adalah samudera pasifik. Untuk membandingkan luas daratan satu sama lain atau membandingkan beberapa perairan di dunia cukup melihat globe yang telah mencakup keseluruhan kenampakan permukaan bumi.

Menunjukkan Pembagian Waktu

Setiap perbedaan 15° lintang pada garis astronomis mengandung arti jarak waktu yang terpaut 1 jam. Hal ini dapat menjadi acuan untuk melihat jam dunia menggunakan globe. Kita dapat mengetahui jam di Perancis hanya dengan globe.

Mengetahui Wilayah Kutub

Bumi memiliki 2 kutub yaitu utara dan selatan. Kutub utara bumi terbagi atas negara Rusia, Kanada, Eropa Utara, Greenland, dan lain sebagainya. Sedangkan kutub selatan hanya terdapat 1 tempat yaitu benua Antartika.

Mengetahui Beberapa Wilayah yang Dilalui Garis Khatulistiwa

Negara yang dilalui garis khatulistiwa (garis equator) memiliki iklim tropis. Pengertian iklim tropis adalah wilayah yang hanya terjadi 2 musim selama setahun yaitu penghujan dan kemarau. Di dunia ini tidak hanya Indonesia yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Lihatlah globe untuk lebih jelasnya.

Untuk Menghitung Jarak

Jarak antara satu tempat dengan wilayah lain dapat diukur memakai peta atau globe menggunakan acuan skala. Skala pada peta atau globe yang menunjukkan 1:120.000 mengandung arti setiap 1 cm pada peta atau globe berarti 120.000 cm pada jarak sebenarnya.

Nah, uraian materi diatas merupakan penjelasan yang membahas manfaat-manfaat globe dalam kehidupan manusia di berbagai bidang-bidang yang ada. Semoga artikel diatas dapat membantu pembaca dalam mencari ilmu pengetahuan. Sekian dan terima kasih!

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *