Jenis Perdagangan Internasional dan Contohnya

Diposting pada

Macam Perdagangan Internasional

Kekayaan merupakan definisi negara maju dapat dilihat dari jumlah ekspor barang yang melebihi impornya. Dengan tingginya ekspor barang ke luar negeri maka bisa menguatkan mata uang dalam negeri terhadap nilai tukar dollar Amerika. Mengapa tolak ukur yang digunakan US Dollar? Karena dollar Amerika telah ditetapkan sebagai mata uang internasional dalam melakukan perniagaan antar negara.

Nilai tukar rupiah terhadap US Dollar kian melemah. Hal ini dikarenakan Indonesia terus menerus melakukan kegiatan impor barang dari luar negeri. Fenomena tersebut bisa diatasi dengan meningkatkan ekspor barang sehingga dapat mendorong menguatnya rupiah atas US Dollar. Kajian ini merupakan salah satu pokok bahasan dalam perdagangan internasional. Apa itu perdagangan internasional? Apa saja jenisnya? Simaklah artikel di bawah ini.

Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah perjanjian antara dua negara atau lebih dengan dasar kesepakatan bersama dari masing-masing pihak yang bersangkutan. Bentuk perdagangan internasional bisa berasal dari lembaga pemerintahan maupun perusahaan swasta. Fungsi perdagangan internasional sederhana namun sangat kuat kegunaannya. Yaitu menyediakan barang atau jasa yang tidak ada di masing-masing negara.

Sehingga dalam perdagangan internasional memerlukan kegiatan ekspor impor barang. Amerika Serikat merupakan negara yang paling diuntungkan dalam semakin banyaknya kegiatan ekspor impor barang atau jasa. Hal ini dikarenakan penggunaan dollar Amerika yang menjadi mata uang internasional. Ketersediaan bahan baku setiap negara pasti berbeda-beda. Maka dari itu peran perdagangan internasional adalah membantu negara satu sama lain.

Jenis Perdagangan Internasional

Jepang merupakan salah satu ciri negara maju yang terkenal akan sumberdaya manusia berkualitas. Namun negara tersebut tidak memiliki kekayaan alam yang dapat dimaksimalkan. Sedangkan Indonesia kaya akan sumberdaya alam namun kualitas manusia belum memadahi. Untuk membuat ban mobil berkualitas perlu dilakukan perdagangan internasional dari Jepang dan Indonesia. Bahan baku dari Indonesia dan pembuatannya di Jepang. Jenis perdagangan internasional antara lain;

Ekspor Barang atau Jasa

Ekspor adalah kegiatan mengirim atau mendistribusikan barang atau jasa produk asli dalam negeri ke luar negeri. Ekspor sangat penting bagi perdagangan internasional karena dapat menguatkan nilai tukar mata uang dalam negeri terhadap mata uang internasional. Pengertian soal ekspor terbagi menjadi 2, yaitu ekspor dengan L/C dan ekspor tanpa L/C. L/C adalah letter of credit.

Yaitu sejenis surat yang berisi tentang alat pembayarang dalam proses perdagangan internasional. Biasanya, hampir setiap negara menetapkan kebijakan ekspor menggunakan L/C. Hanya negara yang mendapatkan izin dari departemen perdagangan yang mampu melakukan kegiatan ekspor barang atau jasa tanpa L/C. Penggunaan L/C dapat diibaratkan sebagai surat ijin dalam melakukan jual beli skala internasional.

Impor Barang atau Jasa

Impor adalah kegiatan membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri. Indonesia merupakan negara berkembang yang belum memaksimalkan potensi industri yang ada. Oleh sebab itu negara Indonesia hingga saat ini masing membeli mesin sepeda motor dari Jepang dan merakit sendiri. Impor sepeda motor dari Jepang membawa dampak positif dan negatif. Efek baiknya adalah mobilitas masyarakat menjadi mudah.

Namun, dampak buruk hadirnya banyak kendaraan bermotor di Indonesia adalah bertambahnya kemacetan dan ancaman polusi udara hingga mengakibatkan kebocoran pada lapisan ozon. Secara garis besar, impor adalah kebalikan dari ekspor. Jika negara Jepang membeli karet dari Indonesia sebagai bahan baku pembuatan ban mobil, maka Jepang termasuk negara yang melakukan impor barang.

Barter

Barter adalah pertukaran barang dengan barang yang memiliki nilai sama. Barter digunakan dalam perdagangan pada masa pra sejarah. Untuk menentukan nilai barang yang hendak dipergunakan dalam melakukan barter perlu diawali dari kesepakatan bersama.

Barter dirasa tidak efisien sebagai alat tukar. Hal ini dikarenakan tidak adanya nilai yang pasti serta membawa barang kemana-mana merupakan suatu hal yang mengganggu.

Konsinyasi (Consignment)

Terlihat begitu banyak pilihan sajian yang disediakan oleh pedagang angkringan. Padahal makanan-makanan yang ada di pedagang angkringan tersebut tidak dibuat sendiri. Melainkan berasal dari berbagai titipan orang-orang. Titipan dagangan dari orang lain yang dipercayakan pada penjual besar disebut sebagai konsinyasi (consignment). Penerapan kosinyasi pada perdagangan internasional dilakukan dengan cara mengumpulkan dahulu.

Barang dikumpulkan di bursa pasar bebas untuk dilelang kepada calon pembeli. Lalu harga terbaik akan dipilih sebagai konsumen. Keuntungan dari perdagangan internasional melalui konsinyasi pasar bebas sepenuhnya menjadi milik penjual. Penyedia pasar bebas baik pemerintah maupun swasta tidak berhak mengambil keuntungan dari kegiatan berniaga melalui proses konsinyasi ini.

Border Crossing

Border crossing adalah perdagangan yang terjadi di perbatasan. Di Kabupaten Sajingan Besar, Provinsi Kalimantan Barat, daerah tersebut berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. Warga perbatasan disana sering saling memperjualbelikan kedua komoditas hasil panen antara kedua negara. Tak heran mata uang ringgit dan rupiah dua-duanya berlaku di daerah tersebut.

Package Deal

Package deal adalah perdagangan internasional yang dilakukan dengan cara membuat perjanjian dagang dengan negara yang sedang menjalani transaksi niaga. Isi perjanjian dagang tersebut adalah penetapan ketentuan jumlah barang atau jasa yang akan diekspor atau diimpor antar negara. Hal ini bertujuan untuk membatasi jumlah barang atau jasa yang masuk dari proses perdagangan internasional.

Sea Border Crossing

Sea border crossing adalah perdagangan antar negara yang dilakukan melewati batas laut. Sistem seperti ini berlaku bagi negara yang memiliki wilayah laut yang luas seperti Indonesia. Penggunaan sea broder crossing dilakukan untuk menentukan wilayah perairan agar tidak menjadi daerah jarahan negara lain. Karena kekayaan laut bisa menjadi devisa utama suatu negara.

Overland Border Crossing

Overland broder crossing adalah perdagangan antar negara yang melewati lintas batas darat. Setiap negara memiliki batas administrasi yang menjadi tolak ukur luas daerah. Ketika melakukan perdagangan lintas batas, pengamanan harus dilakukan super ketat agar barang yang digunakan sebagai objek jual beli tidak melanggar aturan hukum yang berlaku. Karena ditakutkan terjadi perdagangan narkotika dan obat-obatan terlarang.

Penyelundupan

Penyelundupan merupakan suatu upaya memperdagangkan barang yang tidak memiliki izin dari pihak berwewenang. Barang selundupan biasanya yang bersifat haram dari aturan hukum seperti senjata api dan narkotika atau obat-obatan terlarang lainnya.

Pengasingan

Pengasingan merupakan salah satu jenis perdagangan internasional yang mana melakukan sanksi kepada suatu negara jika kedapatan mengirimkan barang palsu saat sudah terjadi kesepakatan bersama.

Black Market

Black market merupakan sebutan bagi pasar gelap. Harga smartphone dengan jenis iphone di Indonesia tergolong mahal karena melewati berbagai proses seperti bea cukai dan lain sebagainya. Namun barang black market harganya jauh lebih murah dikarenakan tidak mendapatkan izin cukai yang berlaku.

Perdagangan Ilegal

Perdagangan illegal terjadi karena kebutuhan konsumen akan barang terlarang seperti minuman keras, obat-obatan terlarang, senjata api, dan lain sebagainya. Perdagangan barang haram tersebut bisa saja disahkan apabila bersedia membayar izin dengan harga yang lebih tinggi.

Pembajakan

Pembajakan artinya plagiasi atau mengcopy barang tiruan yang kualitasnya tidak sebagus barang aslinya. Membajak sangat dilarang karena dapat menurunkan keaslian barang yang dipergunakan dalam kegiatan perdagangan internasional.

Nah, penjelasan di atas merupakan uraian materi yang mengulas tentang beragam jenis-jenis perdagangan internasional dan contohnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca dalam tujuan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Sekian dan terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *