Ciri Negara Maju di Bidang Ekonomi dan Sosial Beserta Contohnya

Diposting pada

Negara Maju di Bidang Ekonomi dan Sosial

Negara maju menjadi salah satu macam pengelompokan yang diberikan kepada bangsa berdaulat karena tingkat keberhasilannya dalam membangun serta memperjuangkan hak dan kewajiban masyarakat secara setara yang dapat dilihat berdarkan pada kondisi ekonomi, sosial, teknologi, kesehatan, dan pendidikan.

Karakteristik negara maju ini berbeda dengan kondisi negara berkembang yang identik dengan mengalkan SDA (Sumber Daya Alam) daripada kektor industrinya. Meskipun demikian, haruspula diakui bahwa jumlah negara maju cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan negara berkembang.

Negara Maju

Negara Maju adalah peristilahan yang diberikan kepada bangsa berdaulat secara de facto dan de jure kepada negara yang dianggap sukses dalam memberikan kedaulatan pangan serta menciptakan SDM (Sumber Daya Manusia) yang lebih tinggi daripada negara lainnya.

Karakteristik pengukuran dalam menentukan negara maju dan berkembang akan senantiasa dilihat dari aspek perekonomian serta sosial, dibadingkan dengan aspek yang lainnya. Hal ini lantaran dua element ini menjadi penentu dalam IPM (Indeks Pembangunan Manusia).

Ciri Negara Maju

Adapun untuk ciri negara maju dan penjelasannya yang dikemukakan disini lebih dekat dengan 2 bidang, antara lain bidang ekonomi dan bidang sosial. Keduanya menjadi aspek pengukuran negara maju, tentusaja semua ini terjadi lantaran berkenaan dengan wilayah dan perwilayahanan yang dibangun dalam setiap negara, melalui serangkaian daerah-daerah dibawah kekuasaannya.

Penjelan sebagai berikut;

  1. Bidang Ekonomi

Antara lain;

  1. Pendapatan per kapita tinggi

Pengukuran tentang pendapatkan seseorang yang ada di dalam negara menjadi salah satu ciri dalam menentukan kondisi negara, apabila pendapatannya tinggi dari setiap individu bukan kelompok maka dapatlah dipastikan bahwa negara tersebut menjadi negara maju.

  1. Tingkat pertumbuhan ekonomi stabil

Pertumbuhan dalam sektor ekonomi menjadi salah satu ciri khas dalam mengaktegorikan negara teresebut tergolong bagus ataupun tidak. Jika kesetabilan dalam bidang pasar, pejualan masyarakat, sektor ekspor tinggi maka dapatlah dijelaskan bahwa negara tersebut bagian daripada negara maju.

  1. Tingkat inflasi rendah

Ttentang ciri inflasi negara yang dapat dikategorikan maju akan senantiasa memiliki kerendahan dalam inflasi. Definisi inflasi ini ialah terjadinya peningkatkan secara signifikan dalam umum dan terus menerus dalam kehidupan masyarakat.

  1. Tersedia modal banyak

Negara maju akan senantiasanya memiiki ciri untuk menyediakan modal tidak terbatas. Modal ini sendiri bisa dalam bentuk material atauppun non material, misalnya saja untuk material ialah bantuan ekonomi dalam memberikan dorongan berwirasaha sedangkan yang non material ialah SDA (Sumber Daya Alam).

  1. Memiliki potensi pasar nasional dan internasional

Tentang potensi pasar setiap bangsa-bangsa berdaulat, yang memiliki peranan dalam mendorong peningkakan perekonomian di seluruh dunia karena adanya potensi pasar yang menjanjikan. Atas dasar ini setidaknya bisa menjadi cerminan tentang kategori negara maju ataupun tidak.

  1. Bidang Sosial

Adapun kaitannya pada bidang sosial, yaitu;

  1. Pertumbuhan penduduk rendah

Pertumbuhan arti penduduk yang rendah. Alasan hal ini diungkapkan karena dengan jumlah sedikit semua program pemerintahan akan senantiasa dapat distribusikan dengan baik, selain itujuga mampu memberikan jaminan pemerataan pembangunan.

  1. Tingkat pengangguran rendah

Pengangguran menjadi salah satu kondisi sosial yang pasti dialami oleh semua negara, oleh sebab itulah ciri sosial dalam negara maju memiiki tingkat pengangguran yang rendah dibadingkan dengan ciri negara berkembang yang memiliki tingkat pengangguran tinggi.

  1. Tingkat pendidikan penduduk tinggi

Pendidikan dijadikan sebaga salah satu pengukuran dalam negara maju, pendidikan ini menjadi hak bagi setiap orang untuk dapat memaksimalkan potensi yang ada di dalam dirinya. Setiap negara maju akan mengutamakan pendidikan sebagai sektor pengupayakan pembangunan di bidang SDM (Sumber Daya Manusia).

  1. Tingkat kesehatan penduduk tinggi

Kesehatan merupakan salah satu karakteristik yang sangatlah menentukan bagi negara maju, kesehatan ini identic dengan kondisi masyarakat untuk menjalani hidup sevcara baik, masyarakat yang terjamin kesehatannya akan bisa memaksimalkan potensi hidup serta menjaga tumbuhnya agar tetap fits menjalankan aktifitas keseharian.

  1. Penduduk menguasai teknologi

Pada saat ini perkembangan teknologi sudah tidak bisa dipeisahkan lagi dalam setiap sendi kehidupan manusia. Atas dasar itulah setiap masyarkat yang berada di negara maju akan mengusai sebaik mungkin teknologi yang sedang berkembang atau dikembangkan.

  1. Hukum dan keadilan dìtegakkan secara transparan

Hukum dan keadilan dalam negara maju akan membuat setiap orang mengetahui dengan benar-bener dalam mengategorikan sebuah bangsa. Hal inilah setidaknya menjadi prioritas utama bagi masyarakat untuk dapat terus memperbaiki cita hukum yang beradilan bagi setiap element negara.

Contoh Negara Maju

Contoh Negara Maju
Contoh Negara Maju

Bragam bentuk negara maju yang ada di dunia. Antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Negara Maju di Benua Amerika. Misalnya saja Amerika Serikat (A.S)
  2. Negara Maju di Benua Eropa. Misalnya saja Belanda
  3. Negara Maju di Benua Asia. Misalnya Jepang
  4. Negara Maju di Benua Australia. Contihnya Salandia Baru
  5. Negara Maju di Benua Afrika. Misalnya dahulunya Libya dan Mesir akan tetapi sejak terjadi banyaknya konflik di negara benua afrika pada saat ini tidak ada negara yang digolongkan sebagai negara maju
Kesimpulan

Dari penjelasan, dapatlah dikatakan bahwa karakteristik negara maju senantisa terlihat tingkat produktivitas ekonomi tinggi. Adapun faktor pendorong tingginya produktivitas ekonomi tersebut salah satunya etos kerja tinggi. Akan tetapi, kelebihan tersebut tidak sepenuhnya berdampak baik untuk negara maju.

Etos kerja yang tinggi pada penduduk perempuan mengakibatkan penduduknya memilih berkarier dibandingkan berkeluarga dan memiliki anak. Kondisi ini mengakibatkan pertumbuhan penduduk yang umumnya ada di negara maju sangat rendah.

Pertumbuhan penduduk yang rendah dapat mengakibatkan kekurangan sumber daya manusia. Strategi pengembangan bagi negara maju yaltu sebaiknya pemerintah di negara maju menetapkan ke bijakan untuk meningkatkan pertumbuhan penduduk agar tidak kekurangan sumber daya manusia dan tenaga kerja pada kemudian hari.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang ciri negara maju kaitannya dalam bidang sosial dan bidang ekonomi beserta dengan contohnya, semoga melalui tulisan ini setidaknya memberikan wawasan dan pengetahuan bagi segenap pembaca yang mendalami materinya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *