Karakteristik Benua Australia dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Karakteristik Benua Australia

Australia adalah satu-satunya negara di dunia yang mencakup seluruh benua. Oleh karena itulah sangatlah pantas jikalau benua adalah salah satu negara terbesar di planet Bumi. Meskipun kaya akan sumber daya alam dan memiliki banyak lapisan tanah subur, lebih dari sepertiga Australia adalah gurun pasir.

Di sekitar ujung timur dan tenggara Australia adalah Great Dividing Range, yaitu bentangan gunung sepanjang 2.300 mil (3.700 kilometer) ini mengalirkan air ke sungai-sungai terpenting Australia dan Great Artesian Basin, sumber air tanah terbesar di dunia. Australia adalah negara terakhir hanya dalam arti bahwa itu adalah benua terakhir, selain Antartika, yang dieksplorasi oleh orang Eropa. Setidaknya 60.000 tahun sebelum penjelajah Eropa berlayar ke Pasifik Selatan, penjelajah Aborigin pertama telah tiba dari Asia.

Benua Australia

Penduduk pertama Australia merupakan orang-orang Aborigin yang diyakini telah bermigrasi dari titik yang tidak diketahui di Asia ke Australia antara 50.000 dan 60.000 tahun yang lalu. Sementara Kapten James Cook dikreditkan dengan penemuan Eropa Australia pada tahun 1770, seorang Portugis mungkin pertama kali melihat negara itu, sedangkan Belanda diketahui telah menjelajahi wilayah pesisir pada tahun 1640-an.

Pemukiman Eropa pertama di Australia pada Januari 1788, ketika Armada Pertama berlayar ke Teluk Botany di bawah komando Kapten Arthur Phillip. Awalnya didirikan sebagai koloni hukuman, pada tahun 1830-an jumlah pemukim bebas meningkat. Transportasi narapidana ke koloni timur dihapuskan pada 1852 dan ke koloni barat pada 1868.

Pengertian Benua Australia

Australia, secara resmi Persemakmuran Australia adalah negara berdaulat yang terdiri dari daratan benua Australia, pulau Tasmania, dan sejumlah pulau kecil lainnya. Ini adalah negara terbesar di Oceania dan negara terbesar keenam di dunia berdasarkan luas totalnya. Ibu kota Australia ialah Canberra, dan kota terbesarnya ialah Sydney. Wilayah metropolitan utama negara lainnya adalah Melbourne, Brisbane, Perth, dan Adelaide.

Karakteristik Benua Australia

Berikut ini karakteristik Benua Australia dalam berbagai bidang, antara lain:

  1. Luas Wilayah

Australia terdiri dari tanah seluas sekitar 7,692 juta kilometer persegi. Meskipun ini hanya lima persen dari daratan dunia (149,45 juta kilometer persegi), Australia adalah negara terbesar keenam di planet ini setelah Rusia, Kanada, Cina, Amerika Serikat, dan Brasil. Itu juga satu-satunya dari enam negara terbesar yang benar-benar dikelilingi oleh air.

  1. Batas Wilayah

Batas-batas Benua Australia, yaitu:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Indonesia, Timor Leste, laut Arafuru, dan Papua Nugini.
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, Laut Koral, Laut Tasman, dan Selandia Baru.
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Laut Timor.
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Hindia dan Laut Timor.
  1. Banyak Negara

Ada enam negara bagian di Australia: New South Wales, Queensland (Qld), Australia Selatan (SA), Tasmania, Victoria, dan Australia Barat. Setiap negara bagian memiliki konstitusi negara bagiannya sendiri, yang membagi pemerintah negara bagian ke dalam divisi legislatif, eksekutif, dan kehakiman yang sama dengan pemerintah federal.

  1. Kondisi Geografis

Australia adalah benua terkecil di dunia. Ini juga yang terendah, yang paling datar dan (terlepas dari Antartika) yang paling kering. Titik tertinggi di daratan Australia adalah Gunung Kosciuszko, New South Wales, pada 2.228 meter di atas permukaan laut. Titik terendah adalah dasar kering Danau Eyre, Australia Selatan, yang berjarak 15 meter di bawah permukaan laut.

Daratan dan Tasmania dikelilingi oleh ribuan pulau kecil dan banyak pulau besar. Hampir 40 persen dari total panjang garis pantai terdiri dari garis pantai pulau. Sebagai negara kepulauan, garis pantai memainkan peran penting dalam menentukan batas negara, negara bagian dan teritori.

Hampir 20 persen daratan Australia dikategorikan sebagai gurun. Selain memiliki curah hujan tahunan rata-rata yang rendah, curah hujan di Australia juga bervariasi. Pola curah hujan konsentris di sekitar inti gersang benua yang luas, dengan intensitas curah hujan tinggi di daerah tropis dan beberapa daerah pesisir.

  1. Kondisi Geologis

Terletak di Lempeng Indo-Australia, daratan Australia adalah daratan terendah dan paling purba di Bumi dengan sejarah geologi yang relatif stabil. Daratan mencakup hampir semua jenis batuan yang diketahui dan dari semua periode waktu geologis yang mencakup lebih dari 3,8 miliar tahun sejarah Bumi. Pilbara Craton adalah salah satu dari dua kerak Archaean yang masih asli 3,6-2,7 Ga (miliar tahun lalu) yang diidentifikasi di Bumi.

Setelah menjadi bagian dari semua benua super besar, benua Australia mulai terbentuk setelah pecahnya Gondwana di Permian, dengan pemisahan daratan benua dari benua Afrika dan anak benua India. Ia terpisah dari Antartika dalam waktu lama yang dimulai di Permian dan berlanjut ke Kapur.

Periode glasial terakhir berakhir pada sekitar 10.000 SM, naiknya permukaan laut membentuk Selat Bass, memisahkan Tasmania dari daratan.

Kemudian antara sekitar 8.000 dan 6.500 SM, dataran rendah di utara dibanjiri oleh laut, memisahkan New Guinea, Kepulauan Aru, dan daratan Australia. Benua Australia saat ini bergerak menuju Eurasia dengan kecepatan 6 hingga 7 sentimeter per tahun.

  1. Iklim

Mayoritas Australia mengalami cuaca sedang hampir sepanjang tahun.  Zona iklim berkisar dari hutan hujan tropis, gurun dan hutan bersuhu sejuk hingga pegunungan yang tertutup salju.

Negara bagian utara Australia biasanya hangat sepanjang waktu, dengan negara bagian selatan mengalami musim dingin yang sejuk tetapi jarang suhu di bawah nol. Salju turun di pegunungan yang lebih tinggi selama bulan-bulan musim dingin, memungkinkan ski di selatan New Wales Selatan dan resor ski Victoria, serta resor yang lebih kecil di negara pulau Australia, Tasmania.

  1. Flora

Flora Australia terdiri dari kumpulan besar spesies tanaman yang diperkirakan lebih dari 20.000 vaskular dan 14.000 tanaman non-vaskular, 250.000 spesies jamur, dan lebih dari 3.000 lumut.

Ciri-ciri utama flora Australia adalah adaptasi terhadap kekeringan dan kebakaran yang meliputi skleromorf dan serotin. Adaptasi ini umum terjadi pada spesies dari famili besar dan terkenal, Proteaceae (Banksia), Myrtaceae (Eucalyptus – pohon karet), dan Fabaceae (akasia – gelambir).

  1. Fauna

Fauna Australia terdiri dari berbagai macam hewan; sekitar 83% mamalia, 89% reptil, 90% ikan dan serangga, dan 93% amfibi yang menghuni benua endemik di Australia. Tingkat endemisme yang tinggi ini dapat dikaitkan dengan isolasi geografis yang panjang di benua itu, stabilitas tektonik, dan efek dari pola perubahan iklim yang tidak biasa pada tanah dan flora dari waktu ke waktu geologis.

Salah satu arti fauna Australia adalah banyak binatang marsupial atau binantang berkantung, termasuk makropoda, possum, dan dasyuromorph-menempati banyak relung ekologis hewan plasenta yang menempati tempat lain di dunia.

Australia adalah rumah bagi dua dari lima spesies monotremes yang masih ada dan memiliki banyak spesies berbisa, termasuk platipus, laba-laba, kalajengking, gurita, ubur-ubur, moluska, stonefish, dan ikan pari.

  1. Orang Aborigin

Orang Aborigin Australia tiba di Australia sekitar 50.000 tahun yang lalu atau bahkan lebih awal. Sampai kedatangan pemukim Inggris pada 1788, orang-orang Aborigin hidup dengan berburu dan mengumpulkan makanan dari tanah. Mereka hidup dalam segala macam iklim dan mengelola tanah dengan cara yang berbeda.

Kanguru yang hidup di dataran adalah persediaan makanan yang baik untuk orang Aborigin. Kadang-kadang, orang Aborigin menamai seseorang dengan nama binatang, dan mereka tidak bisa memakan hewan itu untuk membantu meningkatkan populasi makanan.

Orang Aborigin biasanya tidak membangun rumah, kecuali gubuk rumput, daun dan kulit kayu. Mereka biasanya tidak membangun tembok atau pagar, dan tidak ada kuda, sapi atau domba di Australia yang perlu disimpan dalam kandang. Satu-satunya bangunan Aborigin yang diketahui adalah perangkap ikan yang terbuat dari batu yang menumpuk di sungai, dan sisa-sisa beberapa pondok batu di Victoria dan Tasmania.

  1. Populasi

Populasi Australia saat ini berdasarkan penjabaran Worldometer dari data terbaru PBB diperkirakan sekitar 25.449.670 jiwa.

Populasi Australia setara dengan 0,33% dari total populasi dunia. Australia berada di peringkat nomor 55 dalam daftar negara (dan ketergantungan) berdasarkan populasi. Kepadatan populasi di Australia adalah 3 per Km2 (9 orang per mi2). 85,9% dari populasi adalah perkotaan (21.903.705 orang pada tahun 2020). 

  1. Ekonomi

Ekonomi Australia telah berevolusi sejak abad ke-20, ketika dapat dikatakan bahwa ia “menunggang domba” (artinya ia sangat bergantung pada pertaniannya yang berharga dan kemudian sumber daya mineral dan bahan bakar).

Ekonomi Australia saat ini semakin menjadi ekonomi berbasis pengetahuan. Akibatnya pendorong utama pertumbuhan ekonomi Australia berasal dari beberapa sektor yaitu: Pertanian Australia, Pertambangan, Sains dan penelitian Australia, IT.

  1. Bahasa

Meskipun Australia tidak memiliki bahasa resmi, bahasa Inggris telah menjadi bahasa nasional di Australia. Bahasa Inggris Australia adalah variasi utama bahasa dengan aksen dan leksikon yang khas, dan sedikit berbeda dari varietas bahasa Inggris lainnya dalam tata bahasa dan ejaan.

Menurut sensus 2016, bahasa Inggris adalah satu-satunya bahasa yang digunakan di rumah untuk 72,7% populasi. Bahasa paling umum berikutnya yang digunakan di rumah adalah Mandarin (2,5%), Arab (1,4%), Kanton (1,2%), Vietnam (1,2%) dan Italia (1,2%). [272] Sebagian besar migran generasi pertama dan kedua adalah dwibahasa.

Lebih dari 250 bahasa Pribumi Australia dianggap telah ada pada saat kontak pertama di Eropa, di mana kurang dari dua puluh masih digunakan sehari-hari oleh semua kelompok umur. Sekitar 110 orang lainnya dituturkan secara eksklusif oleh orang tua.

  1. Agama

Australia tidak memiliki agama negara yang secara resmi ditetapkan; Bagian 116 dari Konstitusi Australia melarang pemerintah federal membuat undang-undang apa pun untuk mendirikan agama apa pun, memaksakan ketaatan beragama, atau melarang praktik bebas agama apa pun. Dalam sensus 2016, 52,1% orang Australia dihitung sebagai orang Kristen, termasuk 22,6% sebagai Katolik dan 13,3% sebagai Anglikan.

30,1% dari populasi melaporkan “tidak beragama”; 8,2% mengidentifikasi dengan agama-agama non-Kristen, yang terbesar adalah Islam (2,6%), diikuti oleh Buddhisme (2,4%), Hindu (1,9%), Sikhisme (0,5%) dan Yudaisme (0,4%). Sisa 9,7% dari populasi tidak memberikan jawaban yang memadai. Mereka yang melaporkan tidak beragama meningkat secara mencolok dari 19% pada 2006 menjadi 22% pada 2011 menjadi 30,1% pada 2016.

  1. Budaya

Budaya Australia seluas dan beragam seperti lanskap negara itu. Australia adalah multikultural dan multiras dan ini tercermin dalam makanan, gaya hidup, serta praktik dan pengalaman budaya negara tersebut.

Australia adalah salah satu negara dengan etnis yang paling beragam di dunia. Hampir seperempat dari orang-orang yang tinggal di Australia lahir di negara lain. Mereka berasal dari Inggris dan negara-negara Eropa lainnya, tetapi juga dari Cina, Vietnam, Afrika Utara, dan Timur Tengah.

Iklim Australia yang hangat, cerah, dan ruang terbuka yang berlimpah memberi penduduknya kecintaan terhadap alam bebas. Orang-orang juga bersemangat tentang olahraga, termasuk berenang, berselancar, berlayar, tenis, sepak bola, kriket, rugby, dan penemuan mereka sendiri, sepakbola aturan Australia.

  1. Sistem Hukum

Australia mengikuti sistem pemerintahan dan hukum Westminster yang diwarisi dari Inggris yang awalnya menjajah negara itu. Ada dua partai politik utama dan sejumlah partai kecil, yang membentuk Parlemen Commonwealth. Setiap negara bagian dan teritori juga memiliki pemerintahan sendiri.

  1. Politik

Setiap negara bagian dan teritori memiliki Parlemennya sendiri dan membuat undang-undang setempatnya sendiri. Parlemen Australia duduk di Canberra dan membuat undang-undang untuk seluruh negara, juga dikenal sebagai Persemakmuran atau Federasi.

Pemerintah Federal dipimpin oleh Perdana Menteri Australia, yang merupakan anggota Parlemen yang dipilih sebagai pemimpin.

Perdana Menteri saat ini adalah Scott Morrison. Pemimpin Australia adalah Perdana Menteri, meskipun Gubernur Jenderal mewakili Ratu Australia, yang juga Ratu Inggris, sebagai kepala negara. Gubernur Jenderal, saat ini Yang Mulia David Hurley, dipilih oleh Perdana Menteri.

Itulah tadi penjelasan atas materi lengkap yang bisa kami tuliskan. Berkenaan dengan karakteristik Benua Australia dalam berbagai bidangnya. Semoga bisa memberikan edukasi serta menambah pengetahuan bagi pembaca yang sedang memperlukan.

Sumber Referensi
  1. About Australia dari https://info.australia.gov.au/about-australia/our-country
  2. Australia dari https://kids.nationalgeographic.com/explore/countries/australia/
  3. Australia dari https://www.britannica.com/place/Australia
Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *