5 Manfaat Batu Serpih Bagi Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

5 Manfaat Batu Serpih Bagi Kehidupan Sehari-hari

Planet bumi tersususn dari beberapa batuan yang ada di lapisan atmosfer. Jenis batuan tersebut salah satunya adalah batuan sedimentasi, yaitu batuan yang berasal dari pelapukan batuan. Proses terjadinya sedimentasi di permukaan bumi, mengaktibatkan muncul jenis batuan yang dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari oleh manusia.

Jenis batuan sedimen terbagai menjadi dua yaitu, sedimen klastik dan non klastik, salah satu contih dari jenis batuan klastik adalah batu serpih. Nah pada artikel ini akan menjelaskan tentang manfaat batu serpih dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu ciri batuan sedimen  adalah banyak mengandung fosil dari ribuan tahun yang lalu. Nah pada kesempatan kali ini tulisan akan menjelaskan adanya mafaat batuan serpih dalam kehidupan.

Pengertian Batu Serpih

Serpih adalah batuan sedimen berbutir halus yang terbentuk saat lumpur dan tanah liat dikompresi. Secara khusus, lumpur yang membatu menjadi batu dan serpih dengan demikian dikenal sebagai “batu lumpur (mudstone)”. Jenis batu yang satu ini terdiri dari banyak lapisan tipis, dan mudah pecah menjadi potongan-potongan tipis di mana lapisan-lapisan ini bertemu, menjadikannya batu yang relatif rapuh. Faktor penyebab sedimentasi adalah terdapat lingkungan yang cocok untuk pengendapan sehingga terbentuklah batuan serpih. Serta proses terjadinya sedimentasi adanya pengendapaan atau pelapukan oleh fosil dari ribuan tahun yang lalu.

Manfaat Batu Serpih

Manfaat batu serpih diantaranya yaitu:

  1. Bahan baku industri keramik

Serpih memiliki banyak kegunaan komersial. Ini merupakan salah satu sumber bahan baku industri keramik untuk pembuatan batako, genteng, dan gerabah. Serpih yang digunakan dalam pembuatan gerabah dan bahan bangunan memerlukan sedikit pemrosesan selain proses penghancuran dan pencampuran dengan air.

  1. Bahan untuk membuat semen

Serpih dihancurkan dan dipanaskan dengan batu kapur untuk membuat semen untuk industri konstruksi. Pemanasan menghilangkan air dan memecah batu kapur menjadi kalsium oksida dan karbon dioksida. Karbon dioksida hilang sebagai gas, meninggalkan kalsium oksida dan tanah liat, yang mengeras jika dicampur dengan air dan dibiarkan mengering.

  1. Industri perminyakan

Industri perminyakan menggunakan fracking untuk mengekstraksi minyak dan gas alam dari minyak serpih. Fracking melibatkan injeksi cairan bertekanan tinggi ke dalam batuan untuk memaksa molekul organik keluar. Biasanya suhu tinggi dan pelarut khusus diperlukan untuk mengekstrak hidrokarbon, yang mengarah ke produk limbah yang menimbulkan kekhawatiran tentang dampak lingkungan.

  1. Alat bantu mengupas

Pada zaman mesolithikum, manusia menggunakan batu serpih sebagai alat pengupas makanan, yang disebut  flaces. Penggunaan batu serpih sebagai alat pengupas disebabkan karena batu serpih mempunyai bentuk pipih. Batu serpih juga bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk memotong seperti halnya batu intan.

  1. Sebagai titik proyektil

Di atas telah dikatakan bahwa batu serpih dapat digunakan sebagai alat pengupas dan pemotong, sehingga batu yang satu ini juga bisa digunakan untuk titik proyektil dalam pembuatan pisau, grinda, alat pencakar dan palu. Dan dalam kebermanfaatannya ini batu serpih mempunyai manfaat yang sangat besar yaitu sebagai titik Proyektil.

Nah, Itulah penjeleasan yang dapat dibagikan kepada segenap pembaca mengenai manfaat batu serpih bagi kehidupan sehari-hari, Semoga dengan adanya tulisan artile ini dapat menambah wawasana sekaligus pengetahuan kepada segenap pembaca yang selanjutnya akan berguna untuk dikuasi.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.