5 Manfaat Batu Konglomerat dalam Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Manfaat Batu Konglomerat dalam Kehidupan Sehari-hari

Ciri batuan sedimen salah satunya adalah mengandung banyak sekali fosil dari rubuan tahun yang lalu, deskripsi batuan sedimen itu seperti batunya berwarna besi. Contoh dari jenis batuan sedimen adalah batu kinglomerat, batu in berisi berisi fragmen dari bahan batuan atau produk pelapukan yang tercuci dan terbawa pada suatu lingkungan pengendapan.

Fragmen pada batu konglomerat tersebut dapat berupa sebuah partikel mineral seperti kuarsa atau bisa berupa batuan sedimen, batuan metamorf, dan batuan beku yang ada di permukaan bumi. Matriks yang mengikat pada batua konglomerat fragmen besar dapat berupa campuran pasir, lumpur dan semen kimia yang sehingga terbentuk menjadi sebuah batuan.

Pengertian Batu Konglomerat

Konglomerat adalah jenis batuan sedimen klastik yang terdiri atas klas bulat dengan diameter lebih dari 2 milimeter. Ruang antar klas umumnya diisi dengan partikel berukuran pasir dan tanah liat. Batuan tersebut diikat oleh semen yang biasanya terdiri dari kalsit atau kuarsa. Konglomerat relatif tidak umum. Faktanya, ahli geologi memperkirakan bahwa hanya ada sekitar 1% dari semua batuan sedimen adalah konglomerat.

Manfaat Batu Konglomerat

Manfaat batu konglomerat diantaranya yaitu:

  1. Dalam persiapan pembangunan agregat

Konglomerat yang dihancurkan adalah material agregat konstruksi yang sangat baik untuk industri konstruksi jalan dan gedung. Konglomerat juga digunakan dalam industri manufaktur semen. Salah satu ciri batu konglomerat ini mempunyai sifat yang keras sehingga bagus untuk konstruksi

  1. Sebagai batu dimensi

Konglomerat dengan ukuran kelas yang lebih kecil dapat dengan mudah dipotong dalam bentuk yang diinginkan. Jika material penyemennya bagus, maka dapat digunakan sebagai batu dimensi untuk lantai dan lapisan pada dinding dan genteng. Jenis batuan sedimen yaitu batu konglomerat sering kali dimanfaatkan manusia untuk bangunan rumah.

  1. Sebagai batu arsitektural untuk pengekang

Bagian depan pintu masuk selalu menuntut sesuatu yang berbeda dan unik untuk menciptakan daya tarik pengekang yang hebat, dan konglomerat dari jenis batuan yang berbeda ini dapat menyediakan cukup pilihan untuk menggunakan bahan yang andal dan tepat guna sehingga bisa dimanfaatkan manusia.

  1. Sebagai bahan untuk artefak

Konglomerat menyediakan bahan atau material terbaik untuk artefak, monumen, pembuatan patung, dan pembuatan arca kecil. Jenis batuan yang terbentuk melalui pengendapan di sungai, batu konglomerat ini juga dapat dimanfaatkan manusia sebagai bahan untuk artefak keindahan ruangan tertentu

  1. Aplikasi komersial lainnya

Pemanfaatan batu yang digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak sekali, terlebih kegunaanya juga bisa dimanfaatkan oleh batu nisan. Dulu dan sekarang, batuan konglomerat digunakan sebagai penanda kuburan, konstruksi akuifer, dan batu nisan.

Demikianlah materi yang dapat dibagikan kepada segenap pembaca mengenai manfaat batu konglomerat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga materi yang ditulis ini dalam artikel dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta dapat menjadi salah satu sumber referensi bagi pembaca yang mencari materi tersebut.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.