5 Manfaat Batu Granit di Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Manfaat Batu Granit  di Kehidupan Sehari-hari

Batu granit merupakan salah satu jenis batuan beku yang banyak ditemukan di daerah Indonesia. Kandungan yang terdapat di batu granit itu diantaranya adalah antara 2.65 hingga 2,75 g / cm3, serta batu granit ini memiliki tekanan yang kuat dan biasanya terletak di atas 200 Mpa. Oleh karena itu jenis batuan ini sering digunakan sebagai bahan dasar konstruksi bangunan karena karakteristiknya yang sangat kuat.

Selain itu,  Jenis batu granit ini menunjukkan pada tingkat yang jauh lebih rendah daripada kerusakan, batu granit memiliki sifat penyerapan terhadap air lebih rendah dan lebih sulit daripada marmer, kapur, maupun batuan lainnya

Batu Granit

Granit adalah batuan beku berwarna terang dengan butiran yang cukup besar untuk terlihat dengan mata telanjang. Granit terbentuk dari kristalisasi magma di bawah permukaan bumi dalam waktu yang lama. Kegunaan batu granit ini sangat dimanfaatkan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Mineral penyusun granit terutama terdiri atas kuarsa dan feldspar, dengan sejumlah kecil mika, amfibol, sreta mineral lainnya. Komposisi mineral ini biasanya memberi granit warna merah, merah muda, abu-abu, atau putih dengan butiran mineral gelap terlihat di seluruh batuan.

Buku teks pengantar geologi melaporkan bahwa granit adalah batuan paling melimpah di kerak benua. Di permukaan, granit tersingkap di inti banyak pegunungan, di dalam area luas yang dikenal sebagai “batolit”, dan di area inti benua yang disebut ” shield (perisai)”.

Manfaat Batu Granit

Manfaat batu obsidian, diantaranya yaitu:

  1. Membuat monumen yang dapat bertahan lama

Dari batu nisan hingga kuil, monumen yang dimaksudkan untuk bertahan turun-temurun sering kali terbuat dari batu granit. Ketika perkakas listrik belum ada, proses pengukiran granit membutuhkan tenaga dan waktu yang lama, sehingga batu tersebut sering dimanfaatkan untuk proyek-proyek penting.

Manfaat batu granit untuk kehidupan manusia salah satunya yaitu menjadikan monumen bersejarah menjadi tahan lama sehingga dalam pembuatan monumen tersebut batu granit ini menjadi bahan dasar.

  1. Inti dari kekuatan

Jembatan Romawi, Piramida, dan katedral memiliki kesamaan dalam hal bahan yang digunakan dalam pembuatannya yaitu granit. Banyak bangunan kuno dan bersejarah yang memanfaatkan granit untuk menciptakan inti kekuatan di pusatnya. Selain itu, granit dapat dipoles menjadi kilau yang indah atau dibalut dengan batu lain, sehingga biasanya digunakan untuk menopang pilar.

  1. Untuk membuat lantai

Granit yang dipoles adalah batu alam yang menakjubkan, dan sering digunakan untuk membuat lantai batu, disamping marmer. Marmer sering kali mempunyai urat yang sangat mencolok, sedangkan granit biasanya mempunyai pola yang lebih halus, sehingga kedua jenis batu tersebut bisa saling melengkapi dengan sempurna.

Pemanfaatan batu sabak untuk kehidupan manusia adalah untuk pembuatan lantai yang biasa digunakan untuk bahan dasar dalam pembuatannya. Contoh batuan granit biasanya berwarna hitam, biru, kuning dan coklat.

  1. Mosaik dan pola ubin

Karena granit alam tersedia dalam banyak warna, sangat mungkin untuk membuat pola mosaik atau ubin hanya dengan menggunakan batu ini. Menggunakan satu jenis batu yang kuat adalah cara yang baik untuk memastikan tidak ada bagian pola lantai yang aus. Manfaat Batu Granit digunakan untuk menghias pola lantai agar terlihat halus.

  1. Meja dapur

Granit adalah pilihan populer untuk meja dapur dapur. Granit tahan air, tahan noda, tahan panas, mudah dibersihkan dan sulit rusak sehingga menjadi pilihan yang sangat praktis untuk dapur atau kamar mandi. Manfaat batuan granit ini bisa dijadikan Meja dapur jika orang tersebut bisa mengukirnya.

Demikianlah tulisan ini yang dapat kami bagikan kepada segenap pembaca tentang materi manfaat batu granit di kehidupan sehari-hari. Semoga dapat memberikan pengetahuan serta wawasana bagi segenap pembaca serta dijadikan sumber referensi bagi para pembaca dalam mencari sumber.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.