5 Manfaat Batu Gabro di Masyarakat

Diposting pada

Manfaat Batu Gabro di Masyarakat

Pada intinya jenis batuan gabro juga dikenal dengan penamaan granit hitam dan juga salah satu jenis batuan beku yang banyak ditemukaan di permukaan bumi tepatnya di daerah-daerah Indonesia batuan jenis ini digunakan sebagai salah satu bahanutma untuk konstruksi. Batuan gabro sendiri terbentuk dari adanya proses pembekuan magma pada gunung berapi yang berlangsung di dalam permukaan bumi sehing dalam pembentukannya membutuhkan durasi waktu yang cukup lama.

Manfaat batu gabro telah dikenal oleh masayrakat sejak ratusan tahun lalu hingga sekarang maka tidak heran jika keberadaan batu gabro ini dimnafaatkan manusia untuk berbagai bidang, kegunaan batu gabro bisa dimanfaatkan untuk bahan bangunan, kerajinan, hiasana dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini tulisan ini akan menjelaskan tentang manfaat batu gabro di masyarakat.

Batu Gabro

Gabro adalah batuan beku berbutir kasar, berwarna gelap, dan termasuk batuan beku instrusif. Batu gabro biasanya berwarna hitam atau hijau tua dan terutama terdiri dari mineral plagioklas dan augit. Batu Gabro adalah batuan paling melimpah di kerak samudra yang dalam. Fungsi batu gabro banyak sekali sehingga banyak orang mencarinya serta proses pembentukan gabro dinilai memakan waktu yang lama.

Gabro memiliki komposisi yang setara dengan basal. Perbedaan antara kedua jenis batuan tersebut adalah ukuran butirnya. Basal adalah batuan beku ekstrusi yang mendingin dengan cepat dan memiliki kristal berbutir halus. Gabro adalah batuan beku intrusif yang mendingin perlahan dan memiliki kristal berbutir kasar.

Manfaat Batu Gabro

Manfaat batu gabro, diantaranya yaitu:

  1. Produk batu dimensi

Dalam industri batu dimensi, gabro dijual dengan nama “granit hitam”. Gabbro bisa dipoles menjadi kilau hitam cemerlang. Gabro yang dipoles cerah digunakan untuk membuat penanda kuburan, meja dapur, ubin lantai, dan produk batu dimensi lainnya. Ini adalah batuan yang tahan terhadap pelapukan dan keausan.

  1. Digunakan sebagai batu pecah

Penggunaan gabro yang paling umum adalah sebagai batu pecah (crushed stone) atau batu agregat/kerikil. Batu pecah digunakan sebagai bahan dasar dalam proyek konstruksi, misalnya untuk konstruksi jalan, sebagai pemberat rel kereta api, dan di mana saja yang memerlukan batu pecah yang tahan lama sebagai bahan pengisi.

  1. Digunakan sebagai bijih

Gabro terkadang mengandung sejumlah logam yang relatif langka dalam jumlah ekonomis. Gabro yang mengandung sejumlah besar mineral ilmenit ditambang untuk mengetahui kandungan titaniumnya. Gabro lainnya ditambang untuk menghasilkan nikel, kromium, atau platina.

  1. Bahan untuk membuat kerajinan tangan

Gabro juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan produk kerajinan tangan. Bahkan sejak zaman dahulu sudah banyak barang-barang kerajinan dalam bentuk gerabah ataupun patung yang dipahat, yang menggunakan gabro atau granit sebagai bahan dasarnya karena memiliki sifat yang kokoh dan kuat.

  1. Media panjat tebing

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa batu gabro seringkali dijadikan sebagai media panjat tebing, sebab olahraga yang satu ini membutuhkan fasilitas yang dirancang dengan baik terutama dari segi keamanan. Apabila menggunakan semen atau batuan biasa bisa membahayakan sebab bisa saja pecah atau cepat aus, sedangkan batu gabro mampu bertahan lama.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada seluruh segenap pembaca terkait materi tentang manfaat batu gabro di masyarakat. Semoga pada tulisan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi segenap pembaca serta menjadikan tulisan ini sebagai sumber referensi.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.