Manfaat Batu Stalaktit dan Stalagmit dalam Keseharian

Diposting pada

Batu Stalaktit dan Batu Stalagmit

Batu stalaktit dan stalagmit merupakan jenis batuan dalam arti karst dan batuan kapur. Alasannya karena batuan ini berbentuk runcing yang senantisa terdapat di dalam gua dengan durasi waktu yang lama. Tetapi yang pasti, dalam kegunannya sendiri batuan stalaktit dan stalagmit tidak dapat dipisahkan lantaran keduanya merupakan satu kesatuan.

Misalnya untuk pariwisata, dimana ketika ada gua dengan banyaknya batuan stalaktit dan batu stalagmit seorang wisatawan bisa teratik untuk mengunjunginya.

Batu Stalaktit dan Stalagmit

Pada hekatnya saat membahas formasi mineral di gua, kita sering membicarakan tentang stalaktit dan stalagmit. Tetapi tidak memahami secara deskripsinya. Berikut pemaran singkat;

  1. Stalaktit

Stalaktit adalah formasi berbentuk es yang senantisa menggantung dari langit-langit gua dan dihasilkan oleh pengendapan mineral dari air yang menetes melalui langit-langit gua. Dimana khususnya kebanyakan stalaktit memiliki ujung runcing.

  1. Stalagmit

Stalagmit adalah jenis batuan dengan bentuk gundukan deposit mineral yang tumbuh keatas dan senantisa mengendap dari air yang menetes ke lantai gua. Khususnya kebanyakan stalagmit senidi memiliki ujung bulat atau pipih.

Manfaat Batu Stalaktit dan Stalagmit

Kagunaan batu stalaktit dan batu stalakmit yang bisa dlihat dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya;

  1. Membentuk pilar-pilar di goa

Dengan waktu yang cukup lama dalam gua akan terlihat formasi stalaktit dan stalakmit yang dapat bertemu, sehingga pada proses ini pada akhirnya mampu menghasilkan formasi yang dikenal dengan sebutan tiang atau pilar di goa yang bisa difungsikan untuk melidungi berbagai hewan, seperti kelelawar.

  1. Memperindah goa

Stalaktit dan batu stalakmit yang ada di dalam gua bermanfaat untuk menambah keindahan goa sehingga lebih kemudian dalam hal ini membarikan banyak kunjungan bagi wisatawan, selain itu beberapa stalatit dan stalakmit juga bisa menimbulkan suara yang unik.

  1. Merekonstruksi catatan iklim masa lalu

Stalagmit pada dasarnya mengandung banyak karakteristik fisik dan kimia yang dapat digunakan untuk merekonstruksi catatan iklim masa lalu, meskipun isotop oksigen dan karbon yang stabil adalah dua hal yang paling sering digunakan.

  1. Menguji peran output Matahari

Kegunaan lainnya dalam batu stalagmit juga telah digunakan untuk menguji peran yang dimainkan oleh perubahan output Matahari terhadap kekuatan monsun. Dimana untuk tahapannya sendiri bisanya batu stalaktit dan batu stalakmit dapat melihat secara terang pencahayaan yang dihasilkan matahri.

  1. Menetapkan batas atas permukaan laut

Tanggal radiometrik stalagmit, stalaktit, dan flowstones adalah alat yang berharga untuk menetapkan batas atas posisi permukaan laut sepanjang waktu. Menetapkan waktu pertumbuhan speleothem (speleothem=endapan mineral sekunder (seperti kalsit) yang terbentuk di langit-langit, dinding, dan lantai gua) membantu menetapkan batasan waktu kemunculan gua di atas permukaan laut.

Itulah saja penjelasan yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan kegunaan batu stalaktit dan batu stalagmit. Semoga saja memberikan kebermanfaatan.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *