Pengertian Batu dan Macam-macamnya di Permukaan Bumi

Diposting pada

Pengertian Batu dan Macam-macamnya di Permukaan Bumi

Batu merupakan salah satu bahan pertama yang digunakan untuk membuat perkakas dan bangunan. Sebuah batu lebih besar dari sebutir pasir, kerikil atau kerikil. Ini adalah bahan yang sangat kokoh. Itu kurang terpengaruh oleh cuaca daripada kayu atau batu bata. Batu juga bisa biasanya digunakan sebagai senjata primitif.

Orang dapat melemparkannya ke musuh atau hewan, atau menggunakannya untuk membuat lebih banyak kerusakan dalam pertarungan jarak dekat. Meskipun demikian, bermacam-macam jenis batu yang ada di muka bumi memiliki manfaat atau kegunaan masing-masing yang berbeda satu sama lain, ada yang digunakan untuk ornamen atau hiasan, bahan pembuatan keramik, hingga aplikasi dalam bidang pertanian.

Batu

Batu (stone) adalah bagian dari batuan (rock), yang merupakan massa mineral yang keras dan padat. Kata “batu” juga mengacu pada batuan alam (natural rock) sebagai material, terutama bahan bangunan. Batuan alam yang digunakan sebagai bahan bangunan antara lain granit, marmer dan batu pasir. Produk buatan pabrik, seperti beton atau batu bata tanah liat, bukanlah batu.

Batu membutuhkan beberapa saat untuk memanas, dan tetap panas untuk sementara waktu, tapi batu tidak menghantarkan listrik dengan baik. Proses batuan yang ada di bumi ini sebenarnya banyak disebabkan oleh suhu, gografi dan biologi.

Pengertian Batu

Atau secara sederhana bisa dikatakan bahwa batu adalah sepotong kecil batuan yang ditemukan di tanah. Arti Batu adalah salah satu bagian yang ada di permukaan bumi dari lingkungan yang sekitar. Pengetrian batu dalam kamus besar bahasa Indonesia. Pengertian batu didefinisikan sebagai benda yang sangat keras dan padat yang berasal dari bumi atau planet lain di luar angkasa, tetapi bukan seperti benda yang berasal logam.

Dalam dunia ilmu geologi, batu adalah sebuah  agregat yang terbentuk secara alami dan tidak sengaja dan koheren dari satu atau lebih mineral yang terkandung. Agregat itu merupakan unit dasar yang digunakan untuk menyusun Bumi padat dan biasanya batu tersebut  membentuk sebuah volume yang dapat dikenali oleh semua orang dan dipetakan untuk keperluan orang.

Jenis-jenis Batuan

Penjelasan menunjukkan bahwa, sekalipun batuan merupakan material yang keras, ia masih bisa berubah bentuk maupun jenis karena ada proses siklus. Meskipun memerlukan waktu lama, siklus batuan membikin batu bisa berubah menjadi beragam jenis. Secara umum, siklus batuan menyebabkan bentuk batu tidak permanen dan memunculkan 3 jenis batuan. Ketiganya adalah batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf. Namun, dari ketiga tipe itu, batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf dibedakan lagi jadi beberapa jenis.

  1. Batuan beku

Arti batuan beku adalah berupa batuan yang berasala dari lava yang keluar dari gunung api yang telah membeku. Magma alah sebuah batuan cair dan sangat panas dan letaknya berada di dalam perut bumi. Sehingga batuan beku tersebut menjadi lava, lava adalah magma yang mencapai pada permukaan bumi.

  1. Batuan Sedimen

Arti Batuan sedimen adalah batuan yang berasal dari sisa pelapukan dari pengikisan batuan yang dihanyutkan oleh arusan air atau terbawa oleh angin yang berada di udara. Kemudian daripada itu, endapan yang berasal dari batuan sedimen tersebut menjadi sangat keras karena hal tersebutndapat menjadi tekanan atau pada zat-zat yang merekat pada beberapa bagian endapan yang terjadi.

  1. Batuan Metamorf

Arti batuan metamorf adalah batuan yang berasal dari batuan sedimen yang berasal dari aliran sungai, dan batuan beku berupa batu metamorf ini mengalami perubahan yang sangat signifikan karena adanya panas dan tekanan yang berasal dari perut bumi sehingga membuat batuan metamorf terbentuk.

Demikianlah pengertian batuan yang dapat di bagikan kepada segenap pembaca mengenai materi pengertian batu dan macam-macamnya di permukaan bumi. Semoga artikel yang sudah di tulis ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada segenap pembaca dan juga kepada khalayak umum sehingga artikel ini menjadi sumber rujukan informasi tentang materi terkait.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.