Pengertian Spektral, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Spektral Adalah

Penginderaan Jauh dapat diartikan sebagai suatu ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang objek, daerah, atau fenomena melalui analisa data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa melakukan kontak langsung dengan objek, daerah, atau fenomena yang diamati (Lillesan & Kiefer, 1994). Dalam manfaat penginderaan jauh terdapat istilah resolusi yang dapat diartikan sebagai kemampuan suatu sistem optik-elektronik untuk membedakan informasi yang secara spasial berdekatan atau secara spektral mempunyai kemiripan (Swain dan Davis, 1978). Resolusi dalam penginderaan jauh ada 4, yaitu spectral, spasial, temporal, dan radiometrik. Adapun dalam artikel ini akan menjelaskan tentang pengertian spektral, ciri, dan contohnya.

Spektral

Resolusi spektral ialah interval panjang gelombang khusus pada spektrum elektromagnetik yang direkam oleh sensor. Semakin sempit lebar interval spektrum elektromagnetik, resolusi spektralnya akan menjadi semakin tinggi. Misalnya SPOT pankromatik band 3 memiliki lebar interval 0.51-073 m, sedagkan TM3 memiliki lebar interval 0.63-0.69 m. Artinya resolusi spektral SPOT lebih tinggi dari TM3.

Resolusi spektral adalah kemampuan suatu sistem optik-elektronik untuk membedakan informasi (objek) yang didasarkan pada pantulan atau pancaran spektralnya (Danoedoro, 2012). Apabila semakin banyak jumlah salurannya terlebih lagi dengan julat yang sempit, maka kemungkinannya untuk membedakan objek-objek berdasarkan respons spektralnya akan semakin tinggi.

Hal tersebut menjelaskan bahwa apabila julat (interval panjang gelombangnya) semakin sempit dan/atau banyak jumlah salurannya, maka semakin tinggi pula resolusi spektral yang dimiliki.

Pengertian Spektral

Spektral merupakan hasil interaksi antara energi elektromagnetik (EM) dengan suatu objek. Objek yang terdapat di permukaan bumi memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan lainnya (khas). Tiap objek memiliki sifat daya serap yang berbeda-beda, ada yang daya serapnya (absorpsi) terhadap EM tinggi dan pantulannya rendah, sebaliknya ada pula objek yang mempunyai daya serap yang rendah dan daya pantulnya tinggi.

Pola pantulan dan absorpsi ini akan berbeda untuk panjang gelombang (wavelength) yang berbeda. Apabila dikaitkan dengan citra satelit, maka tiap-tiap objek akan memberikan pantulan EM yang berbeda, sehingga kita dapat membedakan suatu objek dengan objek yang lain (identifikasi) (Kusumowidagdo dkk, 2007).

Pengertian Resolusi Spektral Menurut Para Ahli

Adapun definisi resolusi spektral menurut para ahli antara lain:

Science Direct

Resolusi spektral adalah rentang panjang gelombang di mana saluran spektral beroperasi oleh sensor.

Horiba Scientific

Resolusi spektral merupakan kemampuan untuk menyelesaikan fitur spektral dan pita ke dalam komponen yang terpisah. Resolusi spektral yang diperlukan oleh analis atau peneliti tergantung pada aplikasi yang terlibat. Misalnya, analisis rutin untuk identifikasi sampel dasar biasanya memerlukan resolusi rendah/sedang.

Resolusi spektral adalah parameter eksperimental yang penting. Jika resolusi terlalu rendah, informasi spektral akan hilang, mencegah identifikasi dan karakterisasi sampel yang benar. Jika resolusi terlalu tinggi, total waktu pengukuran bisa lebih lama dari yang diperlukan. Apa yang membuat resolusi “terlalu rendah” atau “terlalu tinggi” tergantung pada aplikasi tertentu, dan informasi apa yang diinginkan dari percobaan.

Ciri dan Contoh Spektral

Ciri spektral merupakan ciri yang dihasilkan dari interaksi antara energi elektromagnetik dengan benda. Ciri spektral dan contohnya pada hakekatnya dapat dinyatakan dengan rona (tingkat kecerahan) dan warna-warna yang membentuknya.

  • Rona yaitu tingkat Kecerahan/kegelapan objek pada citra.
  • Warna yaitu wujud yang tampak oleh mata dengan menggunakan spektrum sempit.

Contohnya adalah warna putih pada air sungai, menunjukkan bahwa sungai tersebut dangkal dan keruh, sedangkan warna gelap, menunjukkan bahwa sungai tersebut dalam.

Nah, itulah tadi artikel yang menjelaskan tentang pengertian spektral menurut para ahli, ciri, dan contohnya. Semoga tulisan ini dapat memberikan wawasan serta menambah edukasi mendalam bagi segenap pembaca yang sedang mencari referensinya. Trimakasih,

5 (100%) 3 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *