Pengertian Temporal, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Temporal Adalah

Temporal menjadi salah satu kajian yang sangat cukup penting dalam ruang kebumian. Hal ini lantaran berhubungan erat dengan waktu atas perodisasi dalam penginderaan jauh. Oleh sebab itulah artikel ini secara lengkap menjelaskan tentang pengeratian temporal, ciri, dan contohnya.

Temporal

Resolusi temporal merupakan interval waktu yang dibutuhkan oleh satelit untuk merekam areal yang sama, atau waktu yang dibutuhkan oleh satelit untuk menyelesaikan seluruh siklus orbitnya. Resolusi temporal yaitu frekuensi suatu sistem sensor merekam suatu areal yang sama (revisit).

Resolusi temporal juga penting ketika penginderaan jauh dibutuhkan dalam rangka pemantauan dan atau deteksi obyek permukaan bumi yang terkait dengan variasi musim (waktu).

Satuan dari resolusi temporal yaitu jam atau hari. Contohnya adalah Satelit IKONOS resolusi temporalnya 3 hari, satelit NOAA resolusi temporalnya 12 jam, dan satelit Landsat 8 resolusi temporalnya 30 hari. Landsat 8 mempunyai resolusi temporal lebih rendah dibandingkan IKONOS sedangkan IKONOS mempunyai resolusi temporal lebih rendah dibandingkan NOAA.

Pengertian Temporal

Temporal berasal dari kata Latin temporalis yang berarti “waktu” dan biasanya diterapkan pada kata-kata yang berarti tidak memiliki banyak waktu (bersifat sementara). Kata yang kurang umum, temporalitas juga berarti memiliki waktu yang terbatas.

Pengertian Resolusi Temporal Menurut Para Ahli

Adapun definisi resolusi spasial menurut para ahli antara lain:

Danoedoro (2012)

Resolusi temporal dapat didefinisikan sebagai kemampuan suatu sistem untuk merekam ulang daerah yang sama

Science Direct

Resolusi temporal adalah ukuran siklus berulang atau frekuensi di mana sensor meninjau kembali bagian yang sama dari permukaan Bumi.

Wikipedia

Resolusi temporal mengacu pada ketepatan pengukuran sehubungan dengan waktu.

Ciri dan Contoh Temporal

Ciri temporal merupakan ciri yang berkaitan dengan waktu atau saat perekamandan umur benda.

Waktu

Contohnya yaitu air pada citra foto kenampakannya gelap ketika musim kemarau, tapi cerah ketika musim hujan; Pesawahan yang baru ditanami bibit padi kenampakannya gelap ketika musim kemarau, karena radiasi matahari banyak terserap oleh air, sehuingga pantulannya kecil.

Umur

Contohnya yaitu lereng lembah yang muda dibedakan dengan lereng lembah tua.; Daerah aliran sungai yang belum terlalu terkikis erosi tepi dapat dibedakan dengan DAS tua yang sudah lama terkikis oleh erosi.

Itulah tadi artikel yang menjelaskan tentang pengeratian temporal menurut para ahli, ciri, dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah edukasi mendalam bagi segenap pembaca yang sedang mencari referensinya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *