Pengertian Sungai Obsekuen dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Sungai Obsekuen dan Contohnya

Diakui atau tidak keberadaaan nya bahwa macam-macam sungai di Indonesia sangat banyak macamnya maka dari itu tidak heran jika sungai selalu dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Jenis-jenis sungai tersebut sangat banyak pasti disebabkan oleh alam yang mendukung kegiatan manusia sehingga terbentuklah kawasan berair.

Beragam jenis sungai berdasarkan aliran sungai sudah dijelaskan seperti sungai anteseden, sungai subsekuen, sungai resekuen. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang materi pengertian sungai obsekuen dan contohnya.

Sungai

Sebuah sungai mengalir di sepanjang saluran dengan tepian di kedua sisinya. Jika ada banyak curah hujan, atau salju atau pencairan es, sungai sering kali naik ke atas tepiannya dan mulai mengalir ke dataran banjir di kedua sisinya. Pengertian sungai adalah aliran air yang mengalir dalam skala besar dan memanjang yang dapat mengalir secara menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara).

Pada dasarnya, sungai itu terbagi menjadi beberapa bagian, yakni hulu, tengah, dan hilir. Aliran air dalam sungai pada dasarnya terkumpul dari presipitasi, seperti air dari hujan, embun pagi, sumber mata air serta beberapa negara juga sungai berasal dari es salju pada musin dingin. Aliran sungai ini berasal dari dataran tinggi menuju ke dataran yang lebih rendah

Pengertian Sungai Obsekuen

Sungai obsekuen adalah sungai yang arah alirannya berlawanan dengan arah aliran sungai konsekuen, atau dengan kata lain arah alirannya berlawanan dengan kemiringan lapisan batuan, yang kemudian bermuara di sungai subsekuen. Jenis sungai  obsekuen ini, arah aliran airnya berlawanan dengan arah jenis sungai konsekuen (kemiringan lereng) serta sungai konsekuen ini bermuara atau anak sungai subsekuen.

Ciri Sungai Obsekuen

Berikut adalah ciri-ciri dari sungai obsekuen;

  1. Mempunyai aliran sungai yang berinduk pada jenis sungai konsekuen
  2. Arah aliran sungainya berlawana pada sungia konsekuen

Contoh Sungai Obsekuen

Contoh sungai obsekuen misalnya sungai-sungai bawah tanah di daerah Karst Gunung Kidul. Sungai bawah tanah merupakan sungai yang sebagian atau seluruhnya mengalir di bawah tanah. Atau bisa dikatakan bahwa sungai bawah tanah adalah sungai yang permukaan air dan bagian tepinya tidak tidak terekspos cahaya matahari.

Demikianlah penjelasan materi yang dapat kami bagikan kepada seluruh pembaca mengenai materi tentang pengertian sungai obsekuen dan contohnya. Semoga dapat menambah pengetahuan serta wawasana bagi segenap pembaca dan juga menjadi sumber referensi dalam mencari informasi.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.