6 Jenis Asteroid yang Banyak Ditemukan

Diposting pada

Bentuk Asteroid

Asteroid adalah benda besar berbentuk tidak teratur yang berada di ruang angkasa. Asteroid ini sendiri akan senantiasa mengorbit pada lapisan matahari sehingga terdapat bermacam-macam jenisnya. Asteroid merupakan planet minor, terutama dalam sistem tata surya bagian dalam. Oleh karena itulah bentuk asteroid yang lebih besar disebut planetoid.

Selain itupula perlu dipahami bawa salah satu dari batu raksasa ini bertabrakan dengan planet Bumi, maka kita berada dalam masalah besar. Asteroid itu seperti komet. Namun, meski komet sebagian besar terbuat dari es, asteroid terbuat dari batu atau bahkan logam. Hal ini membuat mereka berbahaya karena dapat menyebabkan banyak kerusakan jika bertabrakan dengan sebuah planet. Kawah di Bulan dibentuk oleh asteroid dan beberapa orang mengira itu adalah asteroid yang memusnahkan dinosaurus. Sekitar satu juta asteroid terletak di antara Mars dan Jupiter di daerah yang disebut sabuk asteroid.

Asteroid

Definisi asteroid kadangkala disebut planet minor yang berarti sisa-sisa batuan dari pembentukan awal tata surya kita sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu. Sebagian besar puing-puing ruang angkasa purba ini dapat ditemukan mengorbit matahari di antara planet Mars dan planet Jupiter di dalam sabuk asteroid utama.

Asteroid Menurut Para Ahli

Adapun definisi asteroid menurut para ahli, antara lain:

  1. Collins Dictionary, Asteroid adalah salah satu planet sangat kecil yang bergerak mengelilingi matahari antara Mars dan Jupiter.
  2. Merriam-Webster, Pengertian asteroid adalah salah satu benda langit berbatu kecil yang ditemukan terutama di antara orbit Mars dan Jupiter.

Jenis Asteroid

Berdasarkan pada komponen kimianya, yaitu kandungan karbon, komposisi logam dan jumlah silikat, asteroid diklasifikasikan menjadi 3 kelompok utama, yaitu:

  1. Asteroid tipe C (C-type)

Ini adalah jenis asteroid yang paling umum, terdiri dari 75% populasi asteroid yang diketahui, juga mendominasi bagian luar sabuk asteroid. Semua asteroid karbon termasuk dalam kategori ini. Asteroid tipe C sangat gelap sifatnya dengan koefisien refleksi berkisar antara 0,03 hingga 0,10.

  1. Asteroid tipe S (S-type)

Asteroid yang cukup terang (albedo/refleksi co-efisien- 0,10-0,22) dengan adanya komponen terutama termasuk besi dan magnesium silikat. Asteroid jenis ini sendiri terutama banyak ditemukan di sabuk asteroid yang ada di bagian dalam.

  1. Asteroid tipe M (M-type)

Asteroid dengan nikel dan besi dalam bentuk paling murni dikategorikan dalam tipe-M. Terkadang ini juga ditemukan dengan adanya batu. Kecerahannya berkisar dari 0,1 hingga 0,2. Semua asteroid terlihat oleh teropong kecuali satu, 4 Vesta. Ini adalah satu-satunya asteroid yang dapat dilihat bahkan tanpa teropong karena permukaannya yang relatif reflektif. Asteroid yang lewat jarang terlihat dengan mata telanjang.

Karena bias yang terlibat dalam pengamatan (misalnya tipe C gelap lebih sulit dilihat), persentase di atas mungkin tidak mewakili sebaran asteroid yang sebenarnya. (Sebenarnya terdapat beberapa skema klasifikasi yang digunakan saat ini.)

Hanya ada sedikit data tentang kepadatan asteroid. Tetapi dengan merasakan efek Doppler pada gelombang radio yang kembali ke Bumi dari dekat karena tarikan gravitasi (yang sangat kecil) antara asteroid dan pesawat ruang angkasa, massa Mathilde dapat diperkirakan. Anehnya, densitasnya ternyata tidak lebih besar dari air, yang menunjukkan bahwa itu bukan benda padat melainkan tumpukan puing yang mengalami pemadatan.

Asteroid Berdasarkan Posisinya

Selain jenis-jenis di atas, asteroid juga dikelompokkan berdasarkan posisinya di tata surya:

  1. Sabuk Utama Asteroid (Main Belt Asteroid)

Mayoritas asteroid yang diketahui mengorbit di dalam sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter, kira-kira 2 sampai dengan 4 SA dari Matahari, umumnya dengan orbit yang tidak terlalu memanjang. Sabuk tersebut diperkirakan berisi antara 1,1 dan 1,9 juta asteroid yang berdiameter lebih dari 1 kilometer (0,6 mil), dan jutaan asteroid yang lebih kecil.

Di awal sejarah karakteristik tata surya, gravitasi Jupiter yang baru terbentuk mengakhiri pembentukan benda-benda planet di wilayah ini dan menyebabkan benda-benda kecil bertabrakan satu sama lain, memecahnya menjadi asteroid yang kita amati hari ini.

Kelompok asteroid yang satu ini dibagi lagi menjadi beberapa sub-kelompok, antara lain:

  1. Hungaria

Kelompok Hungaria adalah dinamis asteroid yang dinamis di sabuk asteroid. Asteroid Hungaria mengorbit Matahari dengan sumbu semi-mayor (radius terpanjang elips) antara 1,78 dan 2,00 unit astronomi (AU).

  1. Flora

Famili Flora (juga dikenal sebagai famili Ariadne) adalah famili asteroid batu terkemuka yang terletak di wilayah dalam sabuk asteroid. Keterangan ini juga menjadi salah satu keluarga terbesar dengan lebih dari 13.000 anggota yang diketahui, atau sekitar 3,5% dari semua asteroid sabuk utama.

  1. Phocaea

Famili Phocaea adalah famili asteroid bertumbukan yang terletak antara 2,25 dan 2,5 SA di wilayah dalam sabuk asteroid. Asteroid Phocaea memiliki komposisi tipe-S yang berbatu dan memiliki orbit dengan eksentrisitas lebih besar dari 0,1 dan kemiringan antara 18 dan 32 °.

  1. Koronis

Famili Koronis (Koronian) atau famili Lacrimosa adalah famili asteroid berbatu yang sangat besar. Letaknya di wilayah luar sabuk asteroid. Ini diperkirakan terbentuk setidaknya dua miliar tahun lalu dalam tabrakan dahsyat antara dua benda yang lebih besar. Famili Koronis bergerak dalam sebuah gugus di sepanjang orbit yang sama. Ini memiliki 5.949 anggota.

  1. Eos

Famili Eos adalah famili asteroid yang sangat besar yang terletak di wilayah luar sabuk asteroid. Keluarga asteroid tipe-K diyakini terbentuk sebagai hasil dari tabrakan dahsyat kuno. Tubuh induk keluarga adalah asteroid 221 Eos.

  1. Themis

Famili Themis adalah keluarga asteroid karbon yang terletak di bagian luar sabuk asteroid, pada jarak rata-rata 3,13 SA dari Matahari. Ini adalah salah satu famili terbesar dengan lebih dari 4700 anggota yang diketahui, dan terdiri dari inti yang terdefinisi dengan baik dari badan yang lebih besar yang dikelilingi oleh wilayah yang lebih kecil.

  1. Cybele

Asteroid Cybele (juga dikenal sebagai “Cybeles”) adalah kelompok asteroid dinamis, dinamai menurut asteroid 65 Cybele. Dianggap oleh beberapa orang sebagai pos terdepan dari sabuk asteroid yang diperpanjang, kelompok tersebut terdiri dari hampir 2000 anggota dan beberapa collisional families.

  1. Hildas

Asteroid Hilda adalah kelompok dinamis lebih dari 4000 asteroid yang terletak di luar sabuk asteroid dalam resonansi orbital 3: 2 dengan Jupiter. Namanya adalah asteroid 153 Hilda. Hilda bergerak dalam orbit elips sehingga aphelia mereka menempatkan mereka di seberang Jupiter (di L3), atau 60 ° di depan atau di belakang Jupiter pada titik L4 dan L5 Lagrangian.

  1. Asteroid yang Mendekati Bumi (Near-Earth Asteroids/NEAs)

Benda-benda ini memiliki orbit yang mendekati Bumi. Asteroid yang benar-benar melintasi jalur orbit Bumi dikenal sebagai Earth-crossers (pelinta Bumi). Pada 19 Juni 2013, 10.003 asteroid dekat Bumi diketahui dan jumlah diameter lebih dari 1 kilometer diperkirakan 861, dengan 1.409 diklasifikasikan sebagai asteroid yang berpotensi berbahaya, yang dapat menimbulkan ancaman bagi Bumi.

Beberapa asteroid yang termasuk jenis NEAs, yaitu:

  1. Atens: sumbu semimayor kurang dari 1,0 AU dan jarak aphelion lebih besar dari 0,983 AU;
  2. Apolos: sumbu semimayor lebih besar dari 1,0 AU dan jarak perihelion kurang dari 1,017 AU;
  3. Amors: jarak perihelion antara 1,017 dan 1,3 AU.
  1. Trojan

Asteroid ini berbagi orbit dengan planet yang lebih besar, tetapi tidak bertabrakan dengannya karena mereka berkumpul di sekitar dua tempat khusus di orbit (disebut titik L4 dan L5 Lagrangian). Di sana, tarikan gravitasi dari matahari dan planet diimbangi oleh kecenderungan trojan untuk terbang keluar dari orbit.

Trojan Jupiter membentuk populasi asteroid trojan yang paling signifikan. Diperkirakan jumlah mereka sebanyak asteroid di sabuk asteroid. Selain Trojan Jupiter, ada pula Trojan Mars dan Neptunus. Kemudian pada tahun 2011, NASA mengumumkan penemuan Trojan Bumi.

Di antara konsentrasi utama asteroid di Sabuk Utama terdapat wilayah yang relatif kosong yang dikenal sebagai celah Kirkwood (Kirkwood Gaps), yaitu wilayah di mana periode orbit suatu benda ialah pecahan sederhana dari Jupiter. Sebuah benda yang terletak di orbit seperti itu memiliki kemungkinan besar akan dipercepat oleh Jupiter ke orbit yang berbeda.

Ada juga beberapa “asteroid” (ditunjuk sebagai “Centaur”) di luar tata surya:

  1. 2060 Chiron (alias 95 P / Chiron) mengorbit antara Saturnus dan Uranus;
  2. 335 Damocles mengorbit berkisar dari dekat Mars hingga di luar Uranus;
  3. 5145 Pholus mengorbit dari Saturnus hingga melewati Neptunus.

Mungkin ada lebih banyak lagi, tetapi orbit yang melintasi planet seperti itu tidak stabil dan kemungkinan besar akan terganggu di masa depan. Komposisi objek-objek ini mungkin lebih mirip dengan komet atau objek Sabuk Kuiper daripada asteroid biasa. Secara khusus, Chiron sekarang diklasifikasikan sebagai komet.

Kesimpulan

Dari pejelelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa berbagai jenis ukuran dalam ciri asteroid berkisar dari Vesta (yang terbesar) dengan diameter sekitar 329 mil (530 kilometer), bahkan hingga benda yang lebarnya kurang dari 33 kaki (10 meter). Massa total semua asteroid yang digabungkan lebih kecil dari Bulan Bumi. Jumlah asteroid yang diketahui saat ini adalah: 992.379.

Sebagian besar asteroid berbentuk tidak beraturan, meskipun beberapa hampir bulat, dan sering berlubang atau berkawah. Saat mereka berputar mengelilingi matahari dalam orbit elips, asteroid juga berputar, terkadang sangat tidak menentu, jatuh saat mereka pergi.

Lebih dari 150 asteroid diketahui memiliki bulan pendamping kecil (beberapa memiliki dua bulan). Ada juga asteroid biner (ganda), di mana dua benda berbatu dengan ukuran yang kurang lebih sama mengorbit satu sama lain, serta sistem asteroid rangkap tiga.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan macam-macam asteroid dan contohnya. Semoga memberikan pemahaman untuk kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensinya, trimakasih.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *