Ciri Khas Peta Topografi dan Kenampakannya

Diposting pada

Ciri Khas Peta Topografi

Peta topografi adalah alat yang penting karena mereka dapat mewakili lanskap tiga dimensi dalam dua dimensi. Seseorang yang dapat membaca arti peta topografi dapat mengetahui lokasi puncak, lembah, punggung bukit, di antara fitur-fitur lahan lainnya.

Peta topografi juga dapat menunjukkan kepada kita apakah kita akan bepergian menanjak atau menurun di jalan atau jalur tertentu. Sehingga sangatlah pantas jikalau dalam peta ini memiliki ciri yang berebeda dengan peta-peta pada umumnya.

Peta Topografi

Peta topografi adalah representasi grafis dari konfigurasi tiga dimensi dari permukaan bumi. Hal ini setidaknya menunjukkan ukuran, bentuk dan distribusi fitur lansekap, dan menyajikan posisi horizontal dan vertikal dari fitur-fitur yang diwakili.

Peta Topografi Menurut Para Ahli 

Adapun definisi peta topografi menurut para ahli, antara lain:

  • International Cartographic Association (Asosiasi Kartografi Internasional), Peta topografi adalah peta pada skala besar dan menengah yang menggabungkan berbagai macam informasi. Cakupan dasar (seri peta terbesar suatu negara) didasarkan pada pengukuran yang dilakukan di lapangan dan/atau dari foto udara.

Ciri Peta Topografi

Peta Topografi sebagai bentuk ringkasan lanskap dan menunjukkan fitur fisik (alami dan buatan manusia) yang penting di suatu daerah. Sehingga dalam proyeksi peta ini memiliki karakteristik yang khas. Yakni;

  1. Peta topografi menunjukkan ketinggian menggunakan garis kontur, yaitu garis yang menggabungkan titik-titik dengan ketinggian yang sama.
  2. Peta topografi memiliki penekanan pada menunjukkan pemukiman manusia (jalan, kota, bangunan, dan lain-lain), tetapi dapat mencakup beberapa informasi tematik seperti vegetasi atau batas-batas taman nasional.
  3. Peta topografi biasanya diproduksi oleh agen pemerintah, ini sering merupakan agen pemetaan spesialis dan mungkin memiliki tujuan sipil atau pertahanan. Di Indonesia, badan yang bertanggungjawab sebagai penyedia peta adalah Badan Informasi Geospasial IBIG)
  4. Peta topografi memiliki standar yang didefinisikan dengan baik (disebut Spesifikasi) yang dipatuhi secara ketat, hal ini bervariasi antara lembaga pemetaan dan skala peta.
  5. Peta topografi memiliki sistem referensi lokasi yang sangat baik, termasuk garis lintang dan bujur, tetapi mungkin juga memiliki garis kisi/garis bantu.
  6. Peta topografi sering memiliki informasi tambahan seperti panah yang menunjuk ke arah Utara Magnetik dan Utara Sesungguhnya.

Kenampakan Peta Topografi

Kenampakan pada peta topografi dapat dibagi menjadi tiga kelompok utama, yaitu

  1. Relief: Digambarkan dengan garis kontur berwarna coklat yang menunjukkan bukit, lembah, gunung, dataran, dan lain-lain. Ketinggian dituliskan dalam satuan meter (atau kaki) di atas permukaan laut rata-rata. Ada juga titik ketinggian (ditunjukkan dalam warna hitam), di mana ketinggian danau, puncak bukit atau persimpangan jalan ditandai untuk ketinggian.
  2. Fitur perairan: Digambarkan dengan warna biru, yang mewakili lautan, danau, sungai, aliran, rawa, dan lain-lain.
  3. Fitur budaya: Digambarkan dalam warna hitam, mereka mewakili semua fitur buatan manusia: bangunan, jalan, jalur kereta api, batas tanah, dan lain-lain.
Kesimpulan

Beragam penjelasan diatas, dapatlah dikatakan jika karakteristik yang paling khas dari peta topografi adalah bahwa bentuk tiga dimensi dari permukaan bumi dimodelkan dengan menggunakan garis kontur. Kontur adalah garis imajiner yang menghubungkan lokasi dengan ketinggian yang sama.

Segingga manfaat peta topografi juga menggunakan berbagai simbol untuk menggambarkan fitur alami dan buatan manusia seperti jalan, bangunan, kuari, danau, sungai, dan vegetasi. Oleh karena itulah jika kita bisa membaca peta topografi, kita bisa mengetahui di mana bagian terendah dari tanah serta puncaknya. Informasi semacam ini berguna untuk berbagai alasan, seperti hiking, membangun proyek, mendikte pergerakan militer, dan transportasi.

Itulah ulasan materi bahasan yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca, berhubungan dengan ciri peta topografi dan kenampakannya. Semoga memberikan literasi, edukasi, serta dapat dijadikan referensi bagi semuanya.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *