Macam Lingkungan Buatan dan Penjelasannya

Diposting pada

Jenis Lingkungan Buatan

Lingkungan adalah tempat di mana komponen dalam arti biotik dan makna abiotik berada. Realitas ini termasuk kekuatan fisik, kimia dan alam lainnya. Makhluk hidup hidup di lingkungan senantiasa berinteraksi dan menyesuaikan diri dengan kondisi di lingkungan mereka. Di lingkungan ada interaksi yang berbeda antara hewan, tanaman, lapisan tanah, air, dan makhluk hidup dan makhluk hidup lainnya.

Secara garis besar, lingkungan yang ada di sekitar kita bisa dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan alam, yaitu lingkungan yang terjadi secara alami, misalnya laut, sungai, danau, gunung, bukit dan lingkungan buatan, yaitu lingkungan yang secara senagaja diciptakan oleh manusia untuk kepentingan tertentu, misalnya sawah, kebun binatang, jalan, jembatan, dan lain sebagainya.

Lingkungan Buatan

Lingkungan buatan ialah lingkungan yang secara sengaja dibuat oleh manusia untuk kepentingan atau keperluan tertentu, sehingga bisa dikatakan bahwa tanpa adanya tindakan dari manusia, maka lingkungan buatan tidak akan terbentuk.

Lingkungan buatan mengacu pada lingkungan yang dibangun untuk melayani untuk tujuan tertentu, misalnya aktivitas manusia mulai dari lingkungan sipil berskala besar hingga ke tempat-tempat pribadi.

Macam Lingkungan Buatan

Contoh lingkungan buatan, meliputi:

  1. Akuarium

Akuarium adalah tempat di mana ikan dan hewan lain yang hidup di air dipelihara oleh manusia. Akuarium bisa berupa tangki kecil, atau bangunan besar dengan satu atau lebih tangki besar. Orang-orang yang memelihara akuarium harus memastikan ikan mereka hidup di lingkungan yang mirip dengan habitat alami mereka. Ini berarti memperhatikan kualitas air, penerangan, dan makanan.

Akuarium publik besar sering populer di kalangan wisatawan. Mereka menunjukkan ikan dan hewan lain yang mereka simpan dalam tangki besar, dan juga sering melindungi spesies yang hampir punah. Contoh akuarium publik adalah Sydney Aquarium, Sydney, New South Wales, Australia.

  1. Sawah

Sawah adalah sebidang lapisan tanah subur yang digunakan untuk menanam tanaman semi-statis, terutama padi dan talas. Segela arti ekosistem sawah berasal dari budaya pertanian padi Neolitik di lembah Sungai Yangtze di Cina selatan, yang terkait dengan budaya pra-Austronesia dan Hmong-Mien.

Pertanian sawah tetap merupakan bentuk dominan dari menanam padi di zaman modern. Ini dipraktikkan secara luas di Bangladesh, Kamboja, Cina, India, Indonesia, Iran, Jepang, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Korea Utara, Pakistan, Filipina, Korea Selatan, Sri Lanka, Thailand, Taiwan, dan Vietnam.

  1. Pasar

Pasar adalah tempat di mana dua pihak dapat berkumpul untuk memfasilitasi pertukaran barang dan jasa. Pihak-pihak yang terlibat biasanya adalah pembeli dan penjual. Pasar bisa berbentuk fisik seperti outlet ritel, tempat orang bertemu langsung, atau virtual seperti pasar online, di mana tidak ada kontak fisik langsung antara pembeli dan penjual.

Istilah pasar juga mengambil bentuk lain. Misalnya, ini bisa merujuk ke tempat di mana sekuritas diperdagangkan – pasar sekuritas. Atau, istilah ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan kumpulan orang yang ingin membeli produk atau layanan tertentu seperti pasar perumahan Brooklyn atau seluas pasar berlian global.

  1. Taman Bunga

Taman bunga adalah taman di mana bunga ditanam dan dipajang. Karena bunga mekar di berbagai waktu dalam setahun, dan beberapa tanaman tahunan tidak berbunga ketika musim dingin, desain taman bunga dapat mempertimbangkan mempertahankan rangkaian kombinasi warna yang mekar dan konsisten melalui berbagai musim.

Tren lain yang bahkan lebih baru adalah “taman bunga di dalam kotak”, di mana seluruh desain taman bunga dikemas, dengan paket terpisah dari setiap jenis bunga, dan tata letak yang cermat untuk diikuti untuk menciptakan pola yang diusulkan.

  1. Kebun Binatang

Kebun binatang (taman margasatwa) ialah tempat untuk memeliharan hewan dalam lingkungan buatan, untuk dipertunjukkan kepada publik. Selain berfungsi sebagai tempat rekreasi, kebun binatang juga berfungsi sebagai tempat pendidikan, riset, dan tempat konservasi untuk satwa terancam punah.

Di kebun binatang, binatang dilepas di kawasan luas dan terbuka, serta tidak dikurung di kandang-kandang sempit, tapi dibatasi dengan pagar atau parit.

  1. Taman Kota

Taman kota ialah taman yang letaknya lingkungan perkotaan dalam skala yang luas dan dapat mengantisipasi dampak-dampak yang muncul karena perkembangan kota dan dapat dinikmati oleh semua warga kota.

Taman kota berfungsi secara ekologis misalnya: sebagai paru-paru kota karena menghasilkan banyak O2; memfilter debu dan asap kendaraan bermotor, sehingga mampu meminimalisasi polusi udara; untuk meredam kebisingan kota yang padat aktivitas.

Selain itu, juga memiliki fungsi sosial misalnya: sebagai sarana olahraga, bermain, dan rekreasi; menambah nilai estetika sebuah lingkungan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah kota.

  1. Rumah

Rumah adalah bangunan yang dibuat untuk tempat tinggal orang. Itu tidak mudah dikemas dan dibawa seperti tenda, atau dipindahkan seperti karavan. Jika orang tinggal di rumah yang sama untuk lebih dari kunjungan singkat, maka mereka menyebutnya “rumah” mereka. Menjadi tanpa rumah disebut tunawisma.

Rumah-rumah memiliki atap untuk mencegah hujan dan matahari, dan dinding untuk menahan angin dan dingin. Mereka memiliki bukaan jendela untuk membiarkan cahaya, dan lantai. Rumah-rumah dari berbagai negara terlihat berbeda satu sama lain, karena bahan, arti iklim, dan gaya yang berbeda.

  1. Sekolah

Sekolah adalah lembaga pendidikan yang dirancang untuk menyediakan ruang belajar dan lingkungan belajar untuk pengajaran siswa di bawah arahan guru. Sebagian besar negara mempunyai sistem pendidikan formal yang pada umumnya bersifat wajib untuk semua penduduknya.

Nama-nama untuk sekolah-sekolah ini berbeda di setiap negara, tapi umumnya mencakup sekolah dasar untuk anak kecil dan sekolah menengah untuk remaja yang telah menyelesaikan pendidikan dasar. Sebuah institusi di mana pendidikan tinggi diajarkan, biasanya disebut universitas.

  1. Jalan

Jalan adalah jalan raya, rute, atau jalan darat antara dua tempat yang telah diaspal atau diperbaiki untuk memungkinkan perjalanan dengan berjalan kaki atau beberapa bentuk alat angkut, termasuk kendaraan bermotor, kereta, sepeda, atau kuda.

Terkadang ada jalur sepeda. Nama-nama lain untuk jalan meliputi jalan raya, jalan, jalan bebas hambatan, jalan tol, jalan antar negara bagian, jalan raya, atau jalan lokal primer, sekunder, dan tersier.

  1. Jembatan

Jembatan adalah struktur yang dibangun untuk menjangkau rintangan fisik, seperti badan air, lembah, atau jalan, tanpa menutup jalan di bawahnya. Itu dibangun untuk tujuan menyediakan bagian atas hambatan, biasanya sesuatu yang dapat merugikan untuk menyeberang sebaliknya.

Ada banyak desain berbeda yang masing-masing melayani tujuan tertentu dan berlaku untuk situasi yang berbeda. Desain jembatan bervariasi tergantung pada fungsi jembatan, sifat medan tempat jembatan dibangun dan berlabuh, bahan yang digunakan untuk membuatnya, dan dana yang tersedia untuk membangunnya.

Nh, itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca tentang jenis lingkungan buatan yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi edukasi serta menambah referensi bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *