3 Contoh Arus Laut dalam Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Contoh Arus Laut dalam Kehidupan Sehari-hari

Diakui atau tidak keberadaan arus laut dalam kehidupan sehari-hari dapat diamanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh arus laut yang dapat dimnafaatkan untuk manusia adalah sebagai sumber tenaga listrik dan juga arus laut bisa dimanfaatkan untuk menjaga kadar oksigen. Jenis-jenis arus laut sudah tersebar di dunia dan Indonesia maka dari itu bisa di manfaatkan manusia serta menjadi sebuah sumber alternatif untuk kehidupan manusia.

Pada prinsipnya persebaran arus laut itu terdapat di seluruh dunia, maka tidak khayal bahwa arus laut merupakan gerakan air yang mengalir dari suatu massa air yang dikarenakan adanya tiupan oleh angin atau perbedaan pergerakan gelombang panjang di sekitar laut terebut.Berikut adalah akan kami jelaskan tentang contoh arus laut dalam kehidupan sehari-hari.

Arus Laut

Arus laut mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia dalam kehidupan sehari, karena keberadaan arus laut didalam kehidupan sehari-hari bisa membawa berbagai nutrisi yang baik untuk pertumbuhan manusia dan makanan ke organisme makhluk hidup yang melekat di laut. Arus laut biasanya terjadi karena adanya gerakan dasar laut oleh air sehingga terjadilah arus laut.

Sebenarnya contoh arus laut dalam kehidupan sehari-hari ini juga sangat berguna untuk semua kalangan masyarakat karena untuk membantu serta memanfaatkan arus laut untuk kegiatan manusia. Jenis laut yang tersebar di Negara Indonesia mempunyai contoh arus laut masing-masing karena setiap laut itu mempunyai karakteristik berbeda-beda.

Pengertian Arus Laut Menurut Para Ahli

Adapun definisi arus laut menurut para ahli, antara lain:

  1. Pond dan Pickard (1983)

Arus laut dapat didefinisikan sebagai proses gerakan masa air laut menuju kesetimbangan hidrostatis yang menyebabkan perpindahan horizontal dan vertikal massa air. Yang di maksud dengan arus adalah arus yang timbul karena perbedaan kadar garam dan suhu air laut sehingga terjadilah arus laut. Contoh arus alut yang tedapat di Asia adalah Arus laut Kuroshio.

  1. Gross (1990)

Arus laut dapat didefinisikan sebagai proses pergerakan massa air laut dari wilayah yang berbeda secara kontinu atau terjadi secara terus-menerus. Contoh arus laut yang terdapat di dalam kehidupan sehari-hari itu juga bisa bergerak secara vertikal maka dari itu terkadang arus laut ini mempunyai dampak positif dan negatif.

Contoh Arus Laut

Contoh-contoh arus laut, antara lain:

  1. Contoh Arus Laut Kuroshio

Arus Kuroshio atau dikenal juga dengan sebutan Arus Jepang adalah arus hangat yang mengalir dari Asia Tenggara ke utara, melewati perairan China menuju perairan Jepang. Arus Kuroshio mendapatkan namanya dari warnanya yang cenderung gelap kehitaman, sehingga seringkali disebut pula Arus Hitam.

Kedalam Arus Kuroshio sekitar 1.300 kaki (400 m). dengan kedalaman tersebut, Arus Kuroshio melaju dengan kecepatan antara 20 dan 120 inci (50 dan 300 cm) per detik.

  1. Contoh Arus Laut Oyashio 

Arus Oyashio adalah arus dingin yang berasal dari utara, yaitu dari laut Bering dan samudera Arktik, yang kemudian membawa air dari daerah kutub melewati selat Bering ke bagian selatan menuju samudera Pasifik, lebih tepatnyadi  lepas pantai Russia di kota Vladivostok dan perairan Jepang.

Arus Oyashio pada akhirnya akan bertemu dengan arus hangat Kuroshio di perairan Jepang, kemudian bercampur disana. Pencampuran antara arus hangat Kuroshio dan arus dingin Oyashio inilah yang menyebabkan Jepang kaya akan sumber daya ikan.

  1. Contoh Arus Laut Teluk

Arus teluk atau yang biasanya dikenal dengan gulf stream merupakan arus laut yang paling terkenal. Arus teluk membuat tempat-tempat yang dekat dengan kutub utara tidak membeku, karena arus yang satu ini memainkan peran penting dalam mendistribusikan kembali panas ke seluruh planet bumi seutuhnya.

Arus teluk merupakan arus yang berasal dari gerakan air permukaan dekat khatulistiwa di Samudra Atlantik. Air bergerak atau mengalir ke arah barat di Samudra Atlantik menuju ke utara, ke Eropa bagian barat laut. Arus teluk bisa dilihat dengan jelas. Warnanya adalah biru terang. Hal itulah yang membedakannya dengan perairan lain yang berwarna biru kehijauan.

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan kepada seluruh segenap pembaca terkait contoh arus laut dalam kehidupan sehari-hari. Semoga pada tulisan ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan segenap pembaca dan dapat dijadikan sebagai salah satu referensi.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.