Pengertian Dasar Laut Menurut Para Ahli

Diposting pada

Dasar Laut Adalah

Dasar laut pada hakekatnya menjadi salah satu macam pemandangan alam yang mengasikan, meskipun di luar daripada kondisi tersebut terdapat beragam bahaya-bahaya yang mengancam. Tak dapat dipengkuri bahwa sampai sekarang bagian daripada pengertian hidrosfer ini masih penuh misteri, seperti tidak terjangkaunya kedalaman, hewan yang menghuni, dan lain sebaginya. Oleh sebab itulah artikel ini akan memberikan definisi dasar laut menurut para ahli.

Dasar Laut

Kata Lautan atau dalam bahasa Inggris “ocean” berasal dari bahsa Yunani Kuno “Okeanós” adalah tubuh air asin yang membentuk sebagian besar dari pengertian hidrosfer planet. Karena samudra adalah komponen utama dari hidrosfer Bumi, samudra merupakan bagian integral dari kehidupan, membentuk bagian dari siklus karbon, dan mempengaruhi pola dalam unsur cuaca dan iklim.

Lautan menjadi habitat dari 230.000 spesies yang dikenal, tetapi karena masih banyak yang belum dijelajahi, jumlah spesies yang ada di lautan jauh lebih besar, mungkin lebih dari dua juta.

Pengertian Dasar Laut

Istilah untuk dasar laut antara lain seabed/seafloor/sea floor atau ocean floor. Sebagian besar lautan memiliki struktur yang sama, dibentuk oleh fenomena fisik yang sama, terutama dari pergerakan tektonik, dan sedimen dari berbagai sumber.

Sebagian besar lautan memiliki struktur yang sama, dibentuk oleh fenomena fisik yang sama, terutama dari pergerakan tektonik, dan sedimen dari berbagai sumber. Struktur lautan, dimulai dengan benua, biasanya diawali dengan adanya landas kontinen, berlanjut ke lereng benua – yang merupakan turunan curam ke lautan, hingga mencapai dataran abyssal – sebuah topografi dataran, bagian awal dasar laut, dan area utamanya.

Perbatasan antara lereng benua dan dataran abyssal biasanya memiliki penurunan yang lebih bertahap, dan disebut continental rise atau jedulan dalam pengertian benua, yang disebabkan oleh sedimentasi yang mengalir turun ke lereng benua.

Punggungan di tengah samudera, seperti namanya, adalah gunung yang naik melalui tengah lautan, di antara benua. Biasanya celah melewati sepanjang tepi punggungan ini. Di sepanjang tepi lempeng tektonik biasanya terdapat parit samudera – lembah yang dalam, yang diciptakan oleh gerakan sirkulasi mantel dari punggung gunung di tengah samudera ke parit samudera.

Air dalam pengertian laut dalam dibagi menjadi beberapa lapisan atau zona, masing-masing dengan ciri khas salinitas, tekanan, suhu dan kehidupan laut, sesuai dengan kedalamannya. Yang terletak di bagian atas dataran abyssal adalah zona abyssal, yang batas bawahnya sekitar 6.000 m (20.000 kaki). Zona hadal – yang meliputi parit samudera, terletak antara 6.000–11.000 meter (20.000–36.000 kaki) dan merupakan zona lautan terdalam.

Pengertian Dasar Laut Menurut Para Ahli

Adapun definisi dasar laut menurut pendapat para ahli, antara lain adalah sebagai berkut;

Cambridge Dictionary

Dasar laut merupakan permukaan padat bumi yang terletak di bawah laut

Oxford Dictionaries

Dasar laut adalah lapisan tanah di bawah laut

Nah, itulah tadi penjelasan secara singkatnya mengenai pengertian dasar laut menurut para ahli. Semoga melalui artikel ini memberikan referensi mendalam kepada segenap pembaca yang sedang mencoba untuk memahaminya. Trimakasih,

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *