Pengertian Arus Laut, Faktor, Jenis, dan Persebarannya

Diposting pada

Laut merupakan salah satu jenis perairan di struktur bumi yang mewakili luas sejumlah 2/3 wilayah permukaan bumi. Laut memiliki rasa yang asin. Rasa asin pada laut disebabkan karena laut adalah tempat tujuan aliran air yang lain seperti sungai. Kandungan senyawa yang beragam dibawa sungai mengalir ke laut sehingga rasanya asin. Laut juga memiliki arus seperti sungai. Arus yang dimiliki laut bentuknya tidak mengalir seperti sungai, parit, selokan, dan sebagainya. Arus laut sering berbentuk ombak. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi mengenai pengertian arus laut, faktor, jenis, dan persebarannya.

Pengertian Arus Laut

Pengertian arus laut adalah jumlah keseluruhan dalam permukaan air laut yang bergerak atau berpindah secara naik dan turun dalam besaran yang sangat banyak. Arus laut sering disebabkan karena angin, perbedaan gelombang, dan lain-lain.

Angin yang berhembus melalui permukaan laut membawa tekanana yang menyebabkan dampak air laut menjadi bergelombang. Gelombang ini memancarkan radiasi pengikisan atau sedimentasi hingga dapat menyebabkan abrasi. Abrasi adalah pengkisan tanah oleh air laut. Abrasi dapat dicegah dengan melakukan kegiatan reklamasi.

Angin yang berhembus menyebabkan ombak tergantung pada besaran hembusan angin. Semakin kencang angin yang berhembus maka ombak atau arus laut yang akan terjadi tekanannya akan semakin tinggi atau semakin besar dari kondisi yang sebelumnya.

Fakta Arus Laut

Arus laut sering menjadi hal yang menakutkan bagi para pelaut di zaman dahulu. Pasalnya, teknologi kapal pada zaman dahulu belum secanggih sekarang. Dahulu, pelaut hanya mengandalkan keseimbangan kapal dalam berlayar. Padahal jika arus laut sedang tidak bersahabat dapat menimbulkan hal yang berbahaya bagi kapal.

Namun yang terjadi di pelaut zaman sekarang tidak terlalu memperdulikan arus laut. Kapal memiliki teknologi canggih yang dapat beradaptasi dengan arus laut di samudera manapun. Bahaya yang ditimbulkan arus laut kepada kapal sudah tidak lagi menjadi masalah yang berarti.

Arus laut memiliki dampak pada jumlah ikan yang tersebar di lautan. Ikan laut akan memilih tempat tinggal dengan arus laut yang bertekanan suhu hangat agar keberlangsungan hidup ikan tidak terancam karena suhu laut yang ekstrim. Selengkapnya, bacaPengertian Laut, Jenis, dan Manfaatnya

Faktor Arus Laut

Arus laut yang terjadi di permukaan laut disebabkan karena faktor internal yang berasal dari lautan seperti tekanan dan densitas air. Serta dapat berasal dari faktor eksternal laut berupa komponen abiotik laut seperti angin, tekanan udara, gravitasi bumi, radiasi matahari, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah penjelasan secara lengkap mengenai faktor arus laut.

Topografi

Topografi atau kenampakan alam mempengaruhi arus laut dapat terjadi. Topografi pulau yang membentuk teluk menyebabkan tekanan massa air yang tinggi sehingga kemungkinan besar air laut akan mendapatkan gaya sehingga terbentuk arus laut

Densitas Air

Densitas air disebut juga dengan arus aliran air. Sifat dasar air adalah mengalir dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. Kita semua tahu bahwa laut merupakan titik terendah yang ada dipermukaan bumi. Ketinggian permukaan air laut dan pantai lebih tinggi pantai. Maka dari itu fenomena terjadinya arus laut dapat terjadi.

Angin

Angin menyebabkan terjadinya ombak di lautan. Hembusan angin membawa aliran air laut terbawa hingga terbentuk wujud ombak. Arus laut yang terbentuk karena faktor hembusan angin menentukan kutnya deburan laju ombak.

Tingkat Garam

Laut merupakan perairan dengan rasa yang asin karena mengandung kadar garam yang tinggi. Rasa asin dan kadar garam di laut yang tinggi itu berasal dari sungai-sungai yang mana laut menjadi menjadi tempat tujuan akhir membawa kandungan berbagai macam unsur kimia sehingga terkumpul jadi satu hingga menyebabkan rasa asin.

Radiasi Sinar Matahari

Radiasi sinar matahari mampu mengakibatkan terjadinya arus laut. Sinar matahari masuk menyinari ke dalam lautan hingga kedalaman berkisar antara 60 sampai dengan 90 meter di bawah permukaan laut. Air laut yang terkena sinar matahari suhunya akan naik sesuai dengan suhu di permukaan.

Akibatnya tekanan suhu pada air laut yang semula dingin akan berubah menjadi panas karena terkena sinar matahari. Perbedaan suhu ini atau pertemuan antara suhu dingin dan suhu panas ini menimbulkan gejolak hingga terbentuk arus laut.

Jenis Arus Laut

Arus laut memiliki klasifikasi jenis yang dapat dibedakan berdasarkan jenis dan kedalamannya berdasarkan jenisnya arus laut dapat terbagi menjadi arus termohaline (disebabkan karena densitas air dan gravitasi bumi), arus pasut (disebabkan karena pasut), arus geostropik (kenampakan topografi), dan arus wind driven current (disebabkan karena angin).

Sedangkan berdasarkan kedalamannya arus laut dibedakan jenisnya menjadi arus permukaan yang disebabkan karena pergerakan permukaan laut dan arus dalam yang disebabkan karena pergerakan air dasar laut.

Persebaran Arus Laut

Arus laut tersebar di seluruh permukaan bumi yang berupa lautan. Luas lautan yang berperan 2/3 luas dari bumi merupakan hak mutlak arus laut terdapat di seluruh belahan dunia. Berikut adalah persebaran arus laut di seluruh dunia

Samudera Pasifik

Samudera pasifik membentang dari barat Amerika hingga barat Indonesia. Arus laut yang terdapat di samudera pasifik adalah arus khatulistiwa utara yang mengalir sejajar dengan garis khatulistiwa di permukaan samudera pasifik dengan memiliki suhu panas. Suhu panas dari arus khatulistiwa ini diakibatkan karena garis khatulistiwa adalah dimana garis yang dilintasi oleh matahari. Daratan dan perairan yang dilewati garis khatulistiwa mengandung iklim tropis.

Kemudian ada arus kuroshio. Arus kuroshio adalah arus laut di permukaan samudera pasifik yang terjadi di sekitar lautan Asia Timur. Yang ketiga ada arus kalifornia. Arus kalifornia adalah arus laut di permukaan samudera pasifik yang terjadi di sebelah barat amerika.

Terakhir terdapat arus orashio. Arus laut orashio adalah arus laut di permukaan samudera pasifik yang terjadi karena pertemuan arus oyashio dan arus kuroshio. Pada arus laut ini terdapat banyak ikan karena tempat ini memiliki suhu stabil karena menjadi tempat pertemuan antara suhu panas dan suhu dingin.

Samudera Antlantik

Samudera antlantik adalah lautan samudera luas yang membentang di sebelah barat Amerika menuju ke sebelah timur Eropa. Di samudra atlantik terdapat arus laut khatulistiwa utara, arus teluk gulfstream, arus Greenland timur, arus Labrador, arus canari, arus khatulistiwa selatan, arus brazilia, arus angin barat, dan arus benguela.

Samudera Hindia

Samudera hindia adalah lautan samudera luas yang membentang dari barat Indonesia hingga timur Afrika. Arus laut yang terdapat di samudera hindia adalah arus musim barat daya, arus musim timur, arus khatulistiwa selatan, arus maskarena, arus agulhas, dan arus angin barat.

Nah, penjelasan diatas adalah sedikit ulasan mengenai materi arus laut yang dikaji dari pengertian, faktor, jenis, dan persebarannya. Semoga artikel ini dapat membantu wawasan pembaca dalam menambah pengetahuan. Terima kasih !

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *