3 Ruang Lingkup Biogeografi dalam Kehidupan Masyarakat

Diposting pada

Ruang Lingkup Biogeografi dalam Kehidupan Masyarakat

Biogeografi adalah salah satu contoh kajian biogeografi yang terpisah-pisah ini adalah ratites, sekelompok burung primitif (Palaeognatha) yang mencakup burung unta, kasuari, burung emu, rhea, dan kiwi. Selain darpada itu kajian ruang lingkup biogeografi perlu di pahami masyarakat agar lebih perhatian terhadap alam.

Sejumlah para ahli dalam bidang kajian biogeografi ekologi dan sejarah mengatakan bahwa persebaran distribusi organisme masa silam dan zaman masa sekarang mempunyai ketergantungan pada alam untuk itu untuk menentukan spesies bisa mengkaji ruang lingkup biogeografi yang terdapat didaerah-daerah seluruh Indonesia.

Biogeografi

Kajian tentang ruang lingkup biogeografi berkaitan erat pada pola sebaran spesies yang dapat dijelaskan berdasarkan gabungan0gabungan faktor keturunan, seperti spesifikasi hewan, kepunahan spesies, pergeseran benua karena kegiatan manusia, glasiasi, jalur sungai yang terus bergeser, permukaan laut dan ketersedian sumber daya alam untuk manusia.

Salah satu dasar mempelajari kajian tentang biogeografi yaitu bahwa pada setiap hewan dan seluruh tumbuhan mengalami evolusi sekali saja pada masa lalu.  Lalu berkenaan tentang ruang lingkup biogeografi adalah pembagian sebaran makhluk hidup di permukaan bumi berdasarkan pola sebaran organisme darat. Ruang lingkupnya biogeografi dibagi oleh WWF (World Wildlife Fund) yang akan dijelaskan pada tulisan dibawah ini.

Pengertian Biogeografi

Biogeografi merupakan suatu cabang ilmu yang berkenaan tentang pengetahuan penyebaran makhluk-makhluk hidup di seluruh permukaan bumi. Biogeografi juga mempelajari semua kehidupan termasuk dalam bagaiamanacara untuk bertahan hidup dalam konteks spesial dan temporal.
Konsep biogeografi menurut para ahli Biogeografi terbagi atas 2 macam yaitu: Zoografi (Biogeografi Hewan) dan Fitografi (Biogeografi Tumbuhan). Objek kajian biogeografi studi tentang penyebaran spesies menunjukkan bahwa spesies-spesies berasal dari satu daerah tertentu, namun setelah itu menyebar ke berbagai seluruh daerah.

Ruang Lingkup Biogeografi

Ruang lingkup biogeografi bisa dibedakan menjadi tiga bidang utama, yang masing-masing membahas distribusi spesies dari perspektif yang berbeda yaitu:

  1. Biogeografi historis

Biogeografi historis atau sejarah merupakan biogeografi yang terutama melibatkan distribusi atau persebaran hewan ditinjau dari perspektif evolusi. Studi biogeografi secara historis juga melibatkan beberapa penyelidikan terhadap distribusi filogenik dari waktu ke waktu.

  1. Biogeografi ekologi

Biogeografi ekologi mengacu pada studi tentang faktor-faktor yang berkontribusi pada distribusi global spesies tumbuhan dan hewan. Beberapa contoh faktor ekologi yang umumnya dipelajari termasuk iklim, habitat, dan produktivitas primer (laju di mana tumbuhan dalam ekosistem tertentu menghasilkan energi kimia netto).

Perlu kita ingat bahwa biogeografi ekologi memiliki perbedaan dengan biogeografi historis sebab melibatkan distribusi atau persebaran jangka pendek dari berbagai organisme, bukan perubahan jangka panjang selama periode evolusi.

  1. Biogeografi konservasi

Biogeografi konservasi berupaya untuk secara efektif menata dan mengelola tingkat keanekaragaman hayati saat ini di seluruh dunia dengan menyediakan banyak data dan kekhawatiran potensial tentang beberapa kajian biologi konservasi kepada para pembuat kebijakan.

Demikianlah tulisan yang dapat kami bagikan kepada segenap pembaca tentang ruang lingkup biogeografi dalam kehidupan masyarakat. Semoga pada tulisan ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan memberikan wawasan serta menjadi referensi bagi pembaca tentang materi terkait.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.