Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna di Indonesia

Diposting pada

Pasar Persaingan Tidak Sempurna di Indonesia

Pasar persaingan tidak sempurna sejatinya memiliki dampak yang baik bagi keberlangsungan pasar terutama untuk kestabilan keadaan pasar dari berbagai masalah yang muncul. Karakteristik pasar persaingan tidak sempurna salah satunya ialah tidak pernah mengalami penurunan yang paling signifikan, hal ini karena dikontrol dengan baik oleh penguasa pasar.

Bahkan untuk di Indonesia sendiri penerapan dalam pasar persaingan tidak sempurna terdapat dalam kebutuhan masyarakat yang dianggap penting. Atas kondisi inilah tentusaja keberadaannya menjadi salah satu pendapat krusial bagi setiap negara.

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Hakekatnya untuk penguasaan akan sumber daya pada pasar persaingan tidak sempurna membuat proses pembetukan harga pasar berubah dan dikontrol oleh salah satu pihak. Pihak tersebut disebut sebagai penguasa pasar yang mendominasi segala kegiatan yang ada dalam lingkup pasar tersebut.

Peran masing-masing penjual berbeda-beda sesuai dengan pembagian dari penguasa pasar. Hal ini sesuai dengan realitas yang ada di Indonesia, beberapa kebutuhan primer yang menjuang hajat hidup orang banyak di kondisikan oleh sistem pemerintahan.

Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Adapun untuk beberapa contoh real dalam pasar persaingan tidak sempurna yang ada di Indonesia dan mudah ditemukan, antara lain seperti;

PLN

PLN merupakan satu-satunya perusahaan yang menyediakan jasa aliran listrik untuk pemukinam warga. PLN dapat menetapkan harga sesuai dengan kemauannya tanpa harus meminta persetujuan dari pelanggan. Pelanggan hanya menerina sejumlah harga yang ditawarkan oleh pihak perusahaan.

PLN dapat dengan mudah menetapkan ketetapan yang tepat untuk penggunaan jasa tersebut. Tidak terdapat pesaing sama sekali dalam menyediakan jasa aliran listrik kepada masyarakat. Hingga saat ini tidak ada masyarakat yang merasa keberatan atas situasi tersebut.

PT KAI

Merupakan perusahaan penyedia jasa layanan transportasi darat dalam bentuk kereta api. PT. KAI merupakan satu-satunya perusahaan yang mengurusi segala jenis perkeretaapian di Indonesia. PT. KAI melakukan segala hal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Mulai dari penyediaan gerbong, jalur rel, stasiun, dan lain-lain yang berkaitan dengan transportasi ini.

Perusahaan ini tidak memiliki pesaing sehingga dapat menetukan kebijakan sesuai dengan keperluan perusahaan. Segala aset yang dimiliki oleh perusahaan bersifat mutlak. PT. KAI melakukan segala jenis pelayanan sesuai dengan kemampuan perusahaan dan terjangkau oleh masyarakat.

PAM

Saluran air bersih yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. PAM merupakan perusahaan pengolah air bersih yang kemudian disalurkan kepada masyarakat. Perusahaan ini merupakan satu-satunya perusahaan yang menyediakan jasa tersebut.

Semua kebutuhan air dapat dipenuhi oleh prusahaan ini. Dan di berbagai wilayah, khususnya di Indonesia sendiri sangat potensial untuk dikembangkan. Misalnya dalam kondisi realnya seperti adanya Sungai Begawan Solo yang di kelola dengan baik sebagai sumber penyedia air PAM di perumahan-perumahan masyarakat.

Bulog

Penyedia makanan pokok bagi bangsa Indonesia, salah satunya ialah beras. Bulog bukan merupakan satu-satunya perusahaan yang menyediakan besar. Bulog merupakan acuan bagi perusahaan lain dalam menetapkan harga, persediaan pangan, dan lin-lain.

Bulog berperan sangat penting dalam ketersediaan bahan pokok makanan ini. Semua orang akan mengacu pada harga yang ditetapkan oleh bulog, dengan begitu bulog menjadi salah satu pengiasa pasar.

SPBU Pertamina

Salah satu perusahaan yang bisa disebut sebagai pasar persaingan tidak sempurna di Indonesia ialah terdapatnya SPBU yang semua ini sebenarnya berada di bawah nanungan BUMN, yaitu PT Pertamina. Hampir setiap orang membutuhkannya, seperti Solar, Premium, Pertamax, Pertalite, dan lain sebagainya.

Dari kasus SPBU inipula kita dapat menelaah kekurangan dan kelebihan dari pasar persaingan tidak sempurna, dalam hal ini untuk keuntungannya pemerintah bisa memberikan subsidi kepada masyarakat yang tidak mampu selain ini pengontrolan atas harga-hara juga dianlisis dari pendapatan (kemampuan masyarakat) untuk membelinya. Akan teteapi meskipun demiakian adanya, untuk kekurangan dalam sistem penjualan seperti ini ialah tidak adanya pesaing, sehingga manakala stok barang langka semua sektor termasuk perdagangan akan terganggu.

Nah, itulah tadi penjelasan dan ulasan yang bisa diberikan kepada pembaca terkait dengan contoh pasar persaingan tidak sempurna yang ada di Indonesia. Semoga memberikan referensi dan membantu semua tugas temen-temen yang membaca. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *