Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Diposting pada

Kekurangan dan Kelebihan Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna pada dasarnya adalah salah satu cabang ilmu dalam lingkup mikro ekonomi yang juga dikaji dalam objek studi geografi. Bentuk pasar ini  sangatlah dipengaruhi oleh banyak hal. Dimana segala sesuatu yang terjadi di pasar bukan karena mekanisme pasar namun ditentukan oleh beberapa orang yang memiliki peran penting dalam lingkup pasar tersebut.

Adapun untuk kelebihan dari bentuk pasar ini ialah mampu melakukan inovasi dengan baik karena tuntutan pasar. Pasar menghendaki semua barang yang dijual berbeda antara toko satu dengan yang lain. Kekurangan dari sistem ini adalah penjual satu dengan yang lain tidak memiliki keuntungan yang sama.

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna adalah ketidaksesuaian antara konsep pasar yang biasa. Pasar ini terdapat hal-hal yang mungkin sangat berbeda dengan keadaan pada pasar persaingan sempurna. Dimana orang yang telah menguasai pasar akan memberikan dominasi yang besar dalam keberjalanan pasar.

Selain itu, untuk keadaan pasar dikontrol oleh pihak tertentu yang menetukan segala bentuk kebijakan yang ada. Bentuk kebijakan tersebut akan dijalankan oleh semua pihak yang ada dalam lingkungan pasar tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Setiap bentuk pasar pasti memiliki kelebihian yang menjadi keuntungan serta kekurangan yang berakibat pada dampak negatif. Oleh sebab itulah berikut terkait penjelasan lengkapnya. Antara lain;

Kelebihan

Yang menjadi keuntungan dari adanya pasar persaingan tidak sempurna, antara lain sebagai berikut;

  1. Kualitas barang unggulan, setiap penjual ingin menjual produknya dengan kaulitas yang terbaik. Tidak ada penjual dengan produk dengan harga yang murah. Bahan yang digunakan dalam memproduksi barang menggunakan bahan dengan kualitas terbaik.
  2. Perusahaan dapat berkembang dengan baik, semua perusahaan dapat berkembang sesuai dengan prosinya masing-masing. Perkembangan perusahaan sesuai dengan tindakan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Perusahaan dapat cepat berkembang apabila sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh penguasa pasar.
  3. Produk yang dibutuhkan oleh masyarakat dapat dipenuhi dengan baik, semua produk yang dibutuhkan oleh masyarakat disediakan oleh para penjual. Hal tersebut disebabkan banyaknya jenis produk yang ditawarkan, namun variasi produk sangat minim.

Kekurangan

Kelebihan diatas juga dibarengi dengan kekurangannya, berikut merupaka kekurangan dari pasar persaingan tidak sempurna,

  1. Harga hanya dikuasai oleh satu pihak, yang dapat menentukan harga pasar hanya satu pihak. Harga pasar sudah dibentuk menyesuaikan keinginan penguasa pasar. Pedagang lain dapat menetapkan harga berdasarkan ketentuan tersebut. Dapat lebih mahal atau lebih murah tergantung masing-masing individu.
  2. Terdapat permainan harga, penguasa pasar dapat dengan mudah menaikkan atau menurunkan harga produk pada pasar tersebut. Ketetapan harga dapat diubah kapanpun ketika penguasa pasar ingin megubahnya.
  3. Merugikan salah satu pihak, dalam ketetapan yang dilakukan oleh penguasa pasar terdapat beberapa pihak yang mungin dirugikan. Kerugian itu dapat dirasakan oleh pembeli atau pedagang lain selain penguasa pasar.
  4. Tidak terdapat alternatif pembelian produk, pembeli tidak dapat memilih alternatif lain dalam memenuhi kebutuhan primer, sekunder dan tersier.
  5. Melakukan eksploitasi pada pembeli, penguasa pasar dapat menetapkan harga sesuai dengan kemauannya dengan mengorbankan pembeli. Pembeli merupakan pihak paling dirugikan dalam situasi ini.

Contoh Pasar persaingan Tidak Sepurna

Untuk menganalisisnya lebih dalam, maka berikut ini akan diulas contoh kasus terkait kelebihan dan kekuarangan dari adanya jenis pasar ini, yaitu;

PLN

Perusahaan Listrik Negara adalah salah satu kasus nyata dalam pasar persaingan tidak sempurna. Perusahaan ini berada di bawah kekuasaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara), sebagai bentuk kelebihan penanganan atas PLN diakomodir secara nasional yang regionalnya tersebar di berbagai wilayah.

Sehingga dalam konsepnya PLN sebagai kebutuhan masyarakat yang dimiliki oleh Negara akan menopang pendapatan secara nasional, lantaran perusahaannya berkembang dengan baik.

Meski demikian diakui atau tidak yang menjadi kekurangan dari adanya PLN sebagai jenis pasar persaingan tidak sempurna masyarakat akan memiliki satu harga, dimana ketika PLN naik maka harga-haraga kebutuhan juga akan naik. Masyarakat disini dipaksa untuk tetep membeli, lantaran Listrik sudah menjadi kebutuhan.

LPG

LPG yang merupakan akronim dari bahasa Inggris Liquified Petroleum Gas merupakan salah satu bentuk pasar tidak sempurna yang mudah ditemukan dalam kehidupan masyarakat. Penjualan Elpiji ini disebarluaskan oleh Partamina yang juga merupakan bagian dari BUMN.

Nah, itulah tadi pengulasan yang bisa diberikan terkait dengan kelebihan dan kekurangan pasar persaingan tidak sempurna dan contohnya yang ada di Indonesia. Semoga melalui artikel ini memberikan materi kengkap untuk segenap pembaca. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *