Kelebihan dan Kekuarangan Pasar Oligopoli

Diposting pada

Kekuarangan dan Kelebihan Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli sejatinya merupakan salah satu jenis pasar yang tidak terdapat banyak penjual tetapi jumlah penguasa pasar tidak lebih dari dua penjual. Kita dapat melihat ciri pasar oligopoli dari jumlah penjual dari pasar tersebut.

Pasar jenis ini jelas sekali memiliki kelebihan salah satunya ialah cepat dalam melakukan inovasi dan bersaing dalam penetapan harga. Berdasarkan kelebihan tersebut pasar oligopoli juga memiliki kekurangan yang dapat kita lihat salah satunya adalah penjual dapat mengambil keuntungan yang besar yang dapat merugikan pihak lain. Termasuk disini yang dirugikan adalah masyarakat.

Pasar Oligopoli

Pasar Oligopoli adalah pasar duopoli dengan memiliki jumlah yang banyak dilingkungan dengan memanfaatkan kebutuhan hidup manusia. Pasar oligopoli memang kadang tidak memiliki banyak perbesaan dengan pasar monopoli. Pasar oligopoli memiliki jumlah penjual yang lebih banyak.

Perusahaan oligopoli ini biasanya juga bergerak pada bidang tertentu yang membutuhkan banyak biaya ketika pembuatan produk hingga pemasaran. Berdasarkan alasan tersebut tak banyak pesaing dari perusahaan yang ada.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli

Menelisik lebih dalam terkait dengan kelebihan yang menjadi keuntungan dan kerugian yang berdampak pada kenegatifan dalam penerapan pasar ini di masyarakat sangatlah penting. Sebab dengan demikian kita akan mafhum bahkan terdapat sistem kapitalisme (penguasaan berlebihan). Berikut adalah penjelasannya.

Kelebihan Pasar Oligopoli

Antara lain;

Memiliki cukup banyak pilihan barang

Barang yang tersedia di pasar oligopoli tidak hanya satu jenis saja tapi kita dapat memilih produk lain. Walaupun belum terdapat subtitusi yang sempurna namun sudah ada barang pengganti apabila barang yang dibutuhkan tidak ada.

Persaingan produsen memberi keuntungan bagi pembeli

Persaingan yang membuat penjual menawarkan harga yang berbeda-beda, sehingga membuat pembeli dapat memilih barang yang akan diinginkan dengan harga yang paling sesuai. Hal tersebut merupakan peluang bagi pembeli untuk menentukan pilihannya.

Perusahaan terus melakukan inovasi

Dalam kelebihan di Pasar oligopoli ini biasanya inovasi berkembang secara pesat, hal ini karena karena persaingan cukup ketat sehingga perusahaan terus melakukan pembaharuan untuk memenuhi permintaan pasar dan menjaga eksistensi perusahaan. Pengusaha akan terus bersaing dan hal tersebut terjadi secara berulang.

Kekurangan Oligopoli

Sedangkan yang menjadi kekuarangan dalam pasar oligopoli, antara lain;

Terjadi persaingan harga

Biasanya antar penjual satu dengan yang lain menetapkan harga yang berbeda sehingga terdapat persaingan dari segi harga. Persaingan itu tidak jarang merugikan salah satu pihak. Pihak yang dirugikan bisa pihak produsen atau konsumen.

Membutuhkan banyak biaya untuk promosi

Para pedagang harus melakukan banyak promosi untuk mengenalkan produknya. Promosi juga sarana untuk memberitahukan harga yang ditetapkan oleh penjual sehingga orang tertarik untuk membeli. Apabila penjual menetapkan harga murah akan tetapi tidak pernah melakukan promosi maka tidak akan dikenal oleh masyarakat dan berakhir merugi.

Pemborosan sumber daya ekonomi

Dalam hal ini sangatlah jelas bahwasanya jumlah penjual yang lebih dari satu kadang membuat perusahaan melakukan eksploitasi untuk menghasilkan produk dalam kuantitas dan kualitas yang memadai. Sehingga penerapannya kadangkala tidak melihat konsep pembangunan berkelanjutan.

Pasar Oligopoli di Indonesia

Menelaah kembali terkait dengan jenis pasar ini sangatlah banyak ditemukan dalam kehidupan bermasyarakat. Baik pada sektor penerbangan, perusahaan rintisan seperti strat up, sampai dengan air meneral. Berikut contoh analisisnya;

Penerbangan

Dalam sektor penerabangan di Indonesia bisa disebut sebagai bagian daripada pasar oligopoli. Hal ini lantaran secara garis besar hanya dimiliki oleh 2 maskapai penerbanga, yaitu Garuda Indonesia yang menjadi bagian daripada BUMN dan Lion Group.

2 Perusahaan ini terus menerus bersaing secara sehat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga dampak postifnya banyak inovasi yang diberikan demi kenyamanan. Akan tetapi untuk dampak negatifnya manakala sepakat dengan harga yang ditawarkan yang menjadi kerugian adalah masyarakat itu sendiri.

Dalam kerugian ini, dapat dilihat biasanya saat menjalang hari-hari besar. Seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal, ataupun tahun baru harga-haga pesawat ini cenderung naik. Bahkan beberapa waktu lalu Kementrian Perhubungan yang menjadi bagian daripada sistem pemerintahan di Indonesia sampai memberikan intruksi untuk menurunkan harga tiket pesawat.

Nah, itulah tadi telaah yang bisa kami uraikan kepada segenap pembaca terkait dengan kelebihan dan kekurangan pasar oligopoli di Indonesia beserta dengan kajian-kajiannya. Semoga memberikan pengetahuan serta wawasan yang mendalam. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *