Pasar Monopoli: Pengertian, Ciri-ciri, Dampak, dan Contohnya

Diposting pada

Menjelang hari raya idul fitri banyak dari kita yang datang menyerbu pusat perbelanjaan seperti mall untuk membeli baju lebaran. Mempunyai baju baru ketika sudah mendekati idul fitri memang menjadi suatu kebudayaan masyarakat Indonesia. Dirasa kurang pas apabila saat menyambut hari lebaran kita tidak mengenakan baju baru. Tapi mengapa harus mall untuk tempat kita membeli baju baru? Jawabannya adalah mall merupakan pusat perbelanjaan yang menguasai pasar dalam negeri. Penguasaan pasar itu yang menyebabkan mall banyak didatangi penduduk di dalam pengertian negara berkembang untuk membeli barang apapun yang mereka inginkan.

Pusat perbelanjaan yang mendominasi apapun kebutuhan masyarakat banyak untuk membeli barang yang diinginkan bermakna pasar monopoli. Penjelasan tentang pengertian pasar monopoli, ciri, dampak, dan contohnya akan diulas pada penjelasan sebagai berikut;

Pasar Monopoli

Pasar monopoli memiliki kekuatan yang besar yaitu hak paten dan hak ekslusif untuk barang dagangan yang mereka sediakan. Hak paten dan hak eksklusif membuat produsen kecil yang akan membuat produk yang sejenis dianggap sebagai peniru dan akhirnya diberi cap sebagai barang tiruan. Pemberian label sebagai barang tiruan membuat produsen kecil sulit untuk berkembang.

Sesuatu yang harus diperhatikan pelaku pasar monopoli adalah memperhatikan peningkatan kualitas produk yang ditawarkan agar posisi kepercayaan di masyarakat terhadap produk tersebut tetap bertahan dan tidak tergeser oleh barang dari produsen yang lain.

Mempertahankan kualitas produk jika tidak disertai dengan menetapkan harga yang sesuai akan membuat konsumen menjadi ragu untuk memakai barang produsen pasar monopoli. Selain itu produsen pasar mopoli juga harus memperhatikan inovasi perkembangan barang penawaran agar membuat konsumen terkesan dan tertarik dengan barang tersebut. Baca jugaPasar Persaingan Tidak Sempurna: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Pasar Monopoli

Pasar monopoli adalah pasar yang berjenis memiliki 1 produsen dalam lingkup besar hingga mencakup penguasaan pasar seluruh negeri dan banyak dicari konsumen yang mana pada hal ini disebut sebagai konsumen pasar. Pasar monopoli diambil dari bahasa Yunani yaitu kata monos yang berarti 1 dan polein yang berarti menjual. Jadi pasar monopoli merupakan pasar yang hanya memiliki 1 produsen atau penjual yang besar.

Produsen dalam pasar monopoli punya andil yang cukup besar dalam kegiatan perdagangan. Peran besar para penggerak perekonomian papan atas ini membuat produsen kecil kalah saing untung turut meramaikan pasar. Produsen besar pasar monopoli memiliki peran yang besar dikarenakan mereka punya modal dan keuangan yang besar sehingga masyarakat secara luas telah mengenal.

Berbeda dengan produsen baru yang walaupun memiliki keuangan dan modal yang besar namun belum dikenal masyarakat secara luas maka akan kalah saing dengan pelaku pasar monopoli. Hal ini juga terjadi pada produsen kecil yang memiliki modal kecil namun dikenal oleh masyarakat luas tetap akan kalah saing dengan pelaku bisnis pasar monopoli tersebut dalam kegiatan perdagangan.

Fenomena sosial ini terjadi karena masyarakat lebih percaya kepada merek yang ditawarkan oleh pelaku bisnis pasar monopoli tersebut hingga sang produsen tidak melakukan promosi namun tetap saja akan dicari oleh masyarakat luas. Baca jugaPengertian Pasar Oligopoly, Ciri, Jenis, dan Contohnya

Ciri Pasar Monopoli

Pasar monopoli memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis pasar yang lain. Selain ciri khas pasar monopoli yang utama yaitu hanya memiliki 1 produsen penguasa pasar, ciri khas pasar monopoli juga beragam. Yaitu sebagai berikut;

Sulitnya Mencari Barang Sejenis yang Kualitasnya Serupa

Jika kita mencari barang yang disedakan oleh produsen pelaku pasar monopoli diluar area penjualannya maka yang kita dapat adalah barang serupa dengan kualitas yang berbeda. Hal ini yang menyebabkan barang yang ditawarkan pasar monopol tetap setia menjadi incaran para konsumen.

Menjadi Tolak Ukur Penentuan Harga Industri Kecil

Para pelaku produsen kecil yang mana dalam hal ini disebut dalam kategori pengertian industri kecil apabila menetapkan harga barang sejenis dengan barang pasar monopoli maka tolak ukur penetapan pasti jauh dibawah harga barang pasar monopoli.

Jika harga yang ditawarkan produsen kecil tidak memperhatikan harga pasar monopoli maka produk produsen kecil tidak akan laku karena masyarakat tidak akan tertarik dengan produk produsen kecil tersebut.

Tidak Menggunakan Promosi yang Berlebihan

Barang yang ditawarkan pelaku pasar monopoli sudah dipercaya dan selalu dicari oleh segenap masyarakat secara luas. Jadi bagi produsen pasar monopoli, promosi yang berlebihan tidak penting karena hanya akan membuang biaya periklanan. Baca jugaPasar Persaingan Sempurna: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

Macam Pasar Monopoli

Dalam seluruh dunia perdagangan yang disebut dengan pasar, semuanya memiliki jenis yang beragam. Tidak terkecuali dengan pasar monopoli yang memiliki beberapa jenis menurut klasifikasinya. Penjelasan dibawah ini merupakan klasifikasi dari macam-macam pasar monopoli;

Pasar Monopoli Negara

Pasar monopoli negara adalah pasar monopoli yang digunakan negara untuk membantu kepentingan penduduk. Sifat penggunaan negara dalam membantu penduduk melalui pasar monopoli biasanya bersifat pemberian subsidi untuk kepentingan masyarakat.

Contoh dari pasar monopoli negara adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN), Telkom, Kantor Pos, Pertamina, dan lain sebagainya. Baca jugaPengertian Negara, Jenis, Unsur, dan Syaratnya

Pasar Monopoli Alami

Pasar monopoli alami merupakan pasar monopoli iklim dalam pengertian sumberdaya alam, dan kondisi di suatu wilayah sehingga pelaku produsen pasar monopoli tersebut tidak memiliki persaingan perdagangan oleh pelaku pasar monopoli di daerah lain.

Contoh lebih lanjutnya di dalam pasar monopoli alami adalah Perusahaan Batu Bara, Perusahaan Semen, dan lain-lain.

Pasar Monopoli Kekayaan Intelektual

Pasar monopoli kekayaan intelektual adalah pasar monopoli yang seluruh hasil perdagangannya merupakan hak yang didapatkan oleh pelaku produsen pasar monopoli untuk terus berkembang pada barang yang disediakan. Pasar monopoli kekayaan intelektual dibedakan menjadi 3, yaitu

Kekayaan Hak Cipta

Kekayaan hak cipta yang didapatkan oleh produsen pasar monopoli merupakan hak yang tidak boleh digunakan oleh produsen yang lain. Hak cipta perlu dimiliki oleh pelaku produsen pasar monopoli untuk mengatur kegiatan perdagangan.

Kekayaan Hak Paten

Kekayaan hak paten diperoleh dari pelaku pasar monopoli dari negara untuk penghargaan terhadap barang yang disediakan oleh produsen pasar monopoli tersebut. Hak paten berfungsi sebagai jalan untuk produsen lain agar tidak menggunakan gagasan atau ide produsen lain yang akan dituangkan dalam barang dagangannya.

Kekayaan Hak Merek

Kekayaan hak merek merupakan kekayaan intelektual yang harus dimiliki oleh setiap pelaku produsen pasar monopoli agar barang dagangannya tidak ditiru oleh pelaku produsen pasar monopoli yang lain.

Pasar Monopoli Tenaga Ahli

Pasar monopoli tenaga ahli adalah pasar monopoli yang pada proses prouksinya menggunakan sumberdaya tenaga ahli di dalamnya. Contoh pelaku produsen pasar monopoli tenaga ahli adalah Microsoft, Apple, Google, dan lain-lain.

Dampak Pasar Monopoli

Dalam kegiatan perdagangan pasti membawa dampak yang positif dan dampak yang negatif. Tak terkecuali dengan pasar monopoli. Penjelasan mengenai dampak pasar monopoli dapat kita simak pada ulasan sebagai berikut;

Dampak Positif

  • Peningkatan inovasi
  • Persaingan sehat
  • Memberikan dorongan produsen lain untuk bersaing
  • Memberikan kemudahan bagi masyarakat

Dampak Negatif

  • Menyebabkan perdagangan pasar gelap yang tidak melewati jalur cukai sehingga merugikan bagi devisa negara
  • Tidak ada tawar-menawar
  • Tidak mendengarkan keluhan konsumen

Nah, penjelasan diatas merupakan pembahasan mengenai pengertian pasar monopoli, ciri, macam, dampak, dan contohnya. Semoga hadirnya artikel ini dapat bermanfaat bagi segenap pembaca sekalian, terutama yang sedang mencari referensinya. Terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *