Manfaat Batu Gneiss dalam Keseharian

Diposting pada

Kegunaan Batu Gneiss

Batuan pada hakekatnya berbentuk massa padat yang berasal dari kumpulan mineral atau berbagai materi mineraloid secara alami yang senantisa dapat memberikan beragam manfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia, misalnya saja dalam hal ini ialah batuan gneiss dalam untuk keperluan membangun rumah dan jalan.

Tetapi disisi lain, yang pasti batuan gneiss termasuk salah satu jenis batuan metamorf yang persebaran ada di Indonesia

Batu Gneiss

Batuan gneiss yang juga dikenal dengan nama lain genes adalah batuan metamorf berfoliasi dalam permukaan bumi sehinga untuk karakteristiknya dapat dikenali dari pita dan lensa dari komposisi mineral yang berbeda-beda, bahkan beberapa pita atau lensa dalam batuan  gneiss memiliki kandungan mineral dengan butiran yang terikat bersama-sama dalam tekstur yang saling terkait.

Sedangkan khusus untuk pita lain mengandung mineral yang lempeng atau memanjang yang menunjukkan preferensi orientasi yang sejajar dengan pita keseluruhan pada batuan. Penampilan dan tekstur berpita inilah (bukan komposisi) yang akhirnya mendefinisikan gneiss.

Manfaat Batu Gneiss

Adapun untuk beberapa kegunaan yang dimiliki oleh batuan gneiss, dianataranya yaitu:

  1. Bahan bangunan

Batuan gneiss adalah batu yang luar biasa untuk berbagai tujuan. Beberapa jenis batuan gneiss ini cukup tahan lama untuk berfungsi dengan baik sebagai batu dimensi. Misalnya saja untuk kegunannya batuan ini digergaji menjadi balok dan lempengan yang digunakan dalam berbagai proyek pembangunan hotel, rumah, dan lainnya.

  1. Konstruksi jalan

Sifat yang ada daam batu gneiss yang cukup tahan lama juga bermanfaat pada konstruksi jalan, yaitu untuk pengerasan jalan. Dimana proses pengerasan jalan ini berguna untuk wilayah-wilayah yang memiliki kerentanan dalam memanfatakan aspal. Misalnya saja daerah dengan lapisan tanah lumpur.

  1. Penggunaan interior

Gneiss juga merupakan pilihan yang tahan lama untuk penggunaan interior, dan membuat meja atau ubin yang fantastis. Mineral dalam gneiss tidak tergores saat terkena asam rumah tangga biasa seperti cuka atau jeruk.

Sehingga dalam batuan gneiss dapat menahan penggunaan berat, karena terdiri dari mineral dalam kisaran 6 sampai dengan 7 pada skala Mohs, yang berarti lebih keras dari kaca dan memiliki kekerasan yang hampir sama dengan baja.

  1. Keperluan dekoratif untuk dapur dan kamar mandi

Kebanyakan gneiss seperti halnya granit, yaitu untuk batu hias. Sifat gneiss yang padat dan keras dan umumnya tidak terlalu rentan terhadap kerusakan kimia. Itu membuat pilihan batu dekoratif yang bagus untuk dapur dan kamar mandi.

  1. Bahan kerajinan

Batu gneiss juga pada daeranya bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat barang-barang kerajinan bernilai ekonomidalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini misal untuk produk-produknya seperti membuat asbak, jambangan bunga, dan patung.

Itulah saja artikel yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan beberapa fungsi yang menjadi kegunaan dalam batuan gneiss. Semoga bisa bermanfaat.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *