5 Manfaat Batu Lempung dalam Keseharian

Diposting pada

5 Manfaat Batu Lempung dalam keseharian

Pengendapan bahan tanah yang tererosi ketempat lain disebut dengan sedimentasi. Batuan jenis sedimentasi ini tersebar di seluruh daerah di Indonesia serta salah satu ciri batuan sedimentasi adalah mengandung banyak sekali fosil sehingga batuan ini bisa dimanfaatkan oleh manusia. Proses terjadinya pengendapan pada batuan sedimen adalah adanya pelapukan yang terjadinya selama beribu-ribu tahun pada fosil.

Pengertian Batu Lempung

Batu lempung adalah batuan sedimen klastik, yang terdiri dari partikel yang sangat halus (berukuran kurang dari 1/256 mm) yang telah disemen menjadi batuan keras. Mineral lempung merupakan bagian integral dari batuan lumpur, dan mewakili konstituen paling melimpah pertama atau kedua berdasarkan volume, karena ada 35 spesies mineral lempung yang dikenal di bumi. Proses pembentukan batuan lempung dapat terjadi karenaya adanya proses pelapukan di permukaan bumi. 

Manfaat Batu Lempung

Manfaat batu lempung diantaranya yaitu:

  1. Bahan dasar keramik

Batu lempung dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan keramik (ubin), orselen dan gerabah. Yang menyebabkan terjadinya pengendapan pada batuan sedimentasi ni dapat membentuk ubin yang banyak manfaatnya untuk kehidupan manusia sehingga bisa dimanfaatkan untuk dasar pembuatan keramik.

  1. Bahan membuat semen

Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan keramik, batu lempung juga dapat dimanfaatkan untuk membuat semen, batu bata, agregat ringan lainnya. Selanjutnya, manfaat dari batu lempung adalah untuk membuat bahan campuran semen karena mempunyai unsur yang kuat.

  1. Bahan dasar kertas

Batu lempung memiliki kandungan mineral kaolinit yang bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan dasar yang baik dalam pembuatan kertas. Batu lempung banyak ditemukan di sekitaran dataran rendah yang deket dengan air sehingga bisa di gunakan untuk menjadi bahan dasar kertas.

  1. Membantu proses pengeboran

Batu lempung bisa digunakan sebagai lumpur yang membantu dalam proses pengeboran pada minyak bumi. Batu lempung yang digunakan untuk keperluan yang satu ini adalah yang berasal dari abu vulkanis. Batu lempung yang terbentuk dari lempung residu dan lempung sedimen yang terapat di sekitaran planet bumi.

  1. Penyerap cairan

Batu lempung yang berasal dari abu hasil letusan gunung api dapat digunakan untuk menyerap cairan yang ada pada kandang binatang ternak. Batuan yang terbentuk melalui pengendapan di sungai biasanya dapat bermanfaat untuk mengurangi caira terlebih karena mengandung unsur-unsur serapan.

Nah demikianlah  yang dapat dibagikan kepada segenap pembaca mengenai materi manfaat batuan lempung dalam keseharian. Semoga artikel yang di tulis ini dapat menambah wawasana serta menambah pengetahuna bagi segenap pembaca, sehingga tulisan ini menjadi salah satu sumber referensi.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.