15 Dampak Interaksi Antar Ruang Dalam Bidang Ekonomi Dan Bidang Politik

Diposting pada

Dampak Interaksi Antar Ruang Dalam Bidang Ekonomi Dan Bidang Politik

Secara umum, interaksi adalah suatu tindakan yang terjadi saat dua atau lebih objek saling mempengaruhi atau mempunyai efek satu sama lain. Konsep interaksi dapat diterapkan dalam berbagai bidang ilmu, salah satunya adalah geografi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang hubungan, persamaan dan perbedaan antar ruang di bumi, penyebab interaksi antar ruang adalah adanya hubungan interaksi.

Adanya perbedaan antar ruang itulah yang memicu terjadinya interaksi, yang dalam geografi disebut sebagai interaksi antar ruang. Interaksi antar ruang adalah hubungan timbal balik antara dua wilayah atau lebih yang terjadi karena adanya perbedaan karakteristik ruang sehingga bisa menimbulkan gejala-gejala, kenampakan dan permasalahan baru. Interaksi antara ruang tersebut bisa berdampak positif maupun negatif dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang ekonomi dan politik.

Interaksi Antar Ruang

Dalam ilmu sosial, khusunya sosiologi, interaksi (yang mengacu pada interaksi sosial) adalah urutan tindakan sosial yang dinamis antara individu (atau kelompok) yang mengubah tindakan dan reaksinya karena tindakan partner interaksi mereka. Dampak interaksi antar ruang adalah untuk membantu mengkaji suatu permasalahan yang ada di sekitar. Pengrauh interkasi antar ruang ini disebabakan oleh faktor dari adanya dari dalam manusia.

Dalam geografi, ada pula istilah interaksi antara ruang, karena memang kajian geografi adalah daru sudut pandang keruangan atau spasial. Interaksi antara ruang yang dimaksud dalam geografi mengacu pada proses timbal balik yang berpengaruh terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dalam ruang (wilayah) tertentu, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Imteraksi antara ruang dapat berdampak positif dan negatif tergantung dengan pemabawaannya untuk kegiatan apa.

Pengertian Interaksi Antar Ruang

Interaksi antar ruang dapat didefinisikan sebagai suatu cara untuk mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi dan permasalahannya, serta keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang di sekitarnya. Interaksi antar ruang bisa berupa pergerakan orang, barang, atau informasi dari daerah yang satu (sebagai daerah asal) menuju daerah lain (sebagai daerah tujuan). Ataujuan terjadinya interaksi antar ruang adalah untuk mengubah keadaan suatu wilayah untuk menjadi lebih maju.

Agar interaksi ruang dapat terjadi, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya yaitu:

  1. Saling melengkapi (complementarity): Interaksi sosial dapat terjadi jika antara satu ruang dengan ruang yang lain saling membutuhkan, sehingga apabila keduanya saling berinteraksi bisa saling melengkapi kekurangan satu sama lain untuk menghasilkan komoditas yang berbeda.
  2. Kesempatan antara (intervening opportunity): Interaksi sosial dapat terjadi jika ada kesempatan untuk melakukan interaksi, artinya ada penawaran alternatif, di mana suatu ruang menawarkan pilihan yang lebih baik dari ruang asal atau ruang tujuannya.
  3. Kemudahan tranfer (transferability): Interaksi sosial dapat terjadi jika ada kemudahan transfer atau pemindahan, baik orang, barang, maupun informasi dari satu ruang ke ruang lainnya. Tranfserability juga bisa diartikan sebagai keadaan yang dapat diserahkan atau dipindahkan.

Dampak Interaksi Antar Ruang Dalam Bidang Ekonomi

Dampak interaksi antara ruang dalam bidang ekonomi, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Pasar terbuka untuk produk-produk ekspor

Terjadinya interaksi antara ruang dapat membuka pasar yang lebih besar untuk memasarkan produk yang dihasilkan oleh suatu negara ke negara lain yang juga membutuhkan produk tersebut, atau yang biasanya disebut dengan kegiatan ekspor. Eskpor itu sendiri bisa diartikan sebagai barang dan jasa yang diproduksi di satu negara dan dijual kepada pembeli di negara lain. Faktor yang mempengaruhi interaksi antara wilayah juga dapat mendorog perekonomian suatu negara untuk dapat lebih maju.

  1. Dapat melakukan impor barang ke negara lain

Selain ekspor, komponen lain dalam perdagangan internasional adalah impor, yaitu impor kegiatan memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri. Atau dengan kata lain, impor adalah barang dan jasa asing yang dibeli oleh warga negara, perusahaan, dan pemerintah dari negara lain.

Jika suatu negara mengimpor barang atau jasa lebih banyak daripada mengekspornya, maka negara akan mengalami defisit perdagangan. Jika mengimpor barang atau jasa lebih sedikit daripada mengekspornya, maka itu menciptakan surplus perdagangan.

  1. Berkembangnya pusat-pusat pertumbuhan

Apabila ekspor-impor adalah interaksi antara ruang yang terjadi lintas negara, dalam skala yang lebih sempit, interaksi juga terjadi antara dua wilayah yang dengan karakteristik yang berbeda, misalnya interaksi antara wilayah pedesaan dan perkotaan, interaksi antara wilayah perkotaan yang satu dengan wilayah perkotaan lainnta, atau interakdi antara wilayah pedesaan yang satu dengan wilayah pedesaan lainnya.

Sebagai contoh, di di kota-kota besar biasanya akan berkembang pusat-pusat kegiatan karena banyak terjadi pergerakan orang, barang, dan jasa di wilayah perkotaan. Kondisi yang demikian dapat menyebabkan perkotaan menjadi wilayah pusat pertumbuhan dengan beragam aktivitas, seperti pusat kegiatan pendidikan, pusat perbelanjaan, pusat hiburan, dan lain-lain.

  1. Kesempatan mendapatkan peluang pendidikan maupun pekerjaan di dalam maupun di luar negeri

Terjadinya interaksi antar ruang dapat berdampak pada terbukanya kesempatan bagi sumber daya manusia (SDM) untuk mendapatkan peluang pendidikan maupun pekerjaan secara terbuka, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dalam suatu ruang tertentu terjadi hubungan atau interaksi. tidak ada suatu ruangpun yang mampu memenuhi kebutuhannya sendiri, setiap ruang membutuhkan ruang lainnya.

Sebagai contoh, kampus-kampus besar maupun perusahaan-perusahaan yang bonafit biasanya di bangun di kota-kota besar. Ketika SDM yang berasal dari pedesaan mendapatkan kesempatan untuk kuliah di kampus besar maupun bekerja di perusahaan bonafit tersebut, maka itu menunjukkan telah terjadi interaksi antar ruang. Begitu pula ketika SDM dari Indonesia mengenyam pendidikan atau bekerja di perusahaan yang ada di negara lain.

  1. Mudah mengakses modal dari luar negeri

Interaksi antara ruang bukan hanya memudahkan sumber daya manusia (yang juga termasuk dalam kategori modal manusia) untuk mendapatkan pendidikan dan pekerjaan di wilayah lain, tapi juga memudahkan terjadinya aliran modal dari luar negri. Modal merupakan istilah untuk aset keuangan, seperti dana yang disimpan di rekening deposito dan / atau dana yang diperoleh dari sumber pembiayaan khusus.

Dari perspektif ekonomi modal keuangan, modal adalah bagian penting dalam menjalankan bisnis dan menumbuhkan ekonomi. Perusahaan memiliki struktur modal yang meliputi modal hutang, modal ekuitas, dan modal kerja untuk pengeluaran sehari-hari.

  1. Mudah berinvestasi ke luar negeri

Terjadinya interaksi antara ruang juga memberikan kemudahan bagi seseorang atau perusahaan untuk melakukan investasi dai luar negeri. Investasi berarti membeli asset atau menyimpan (menabung) uang di bank untuk mendapatkan bunga di masa depan. Interaksi antar ruang di dunia menyebabkan suatu negara bisa mendapatkan barang yang tidak dapat diproduksi di negaranya hal tersebut merupakan dampak dari interaksi antar ruang.

Investasi juga bisa diartikan sebagai jumlah total uang yang dikeluarkan oleh pemegang saham untuk membeli saham suatu perusahaan. Dalam ilmu manajemen ekonomi, investasi berarti tabungan jangka panjang.

  1. Meningkatnya kegiatan pariwisata

Interaksi antar ruang berpotensi pula untuk meningkatkan kegiatan pariwisata. Terlebih lagi pada masa sekarang ketika orang-orang mendapatkan tuntutan yang tinggi dalam pekerjaan mereka, tentunya sesekali mereka perlu untuk melakukan wisata ke tempat-tempat bersejarah atau berwisata alam untuk melihat pemandangan yang indah.

Hal itu juga didukung oleh kemudahan transportasi, baik dengan naik mobil pribadi atau naik bus ke jurusan lokasi wisata yang dituju. Apabila kegiatan pariwisata di suatu tempat berkembang dengan baik, maka itu dapat menunjang atau memberikan dampak positif bagi penduduk yang tinggal di sekitar obyek wisata.

Meskipun pada dasarnya, nilai dari kegiatan pariwisata bukan hanya ditinjau dari segi ekonomi saja, tapi apabila mengacu pada pengertian pariwisata itu sendiri yaitu “fenomena sosial, budaya dan ekonomi yang memerlukan perpindahan orang ke negara atau tempat di luar lingkungan mereka  yang biasanya untuk tujuan pribadi atau bisnis / professional”.

  1. Kalah bersaingnya tenaga kerja dalam negeri terhadap tenaga kerja asing

Meskipun interaksi antar ruang dapat memberikan dampak positif pada kemudahan mendapatkan peluang pekerjaan di dalam maupun di luar negeri, tapi apabila yang terjadi justru terlalu banyak tenaga kerja asing yang mungkin lebih terampil dibandingkan tenaga kerja dalam negeri, maka yang terjadi adalah tersingkirnya tenaga kerja dalam negeri.

Atau mungkin saja posisi atas ditempati oleh tenaga kerja asing, sedangkan tenaga kerja dalam negeri hanya sebagai pekerja kasar karena kurangnya softfkill. Hal ini tentunya bukan dampak yang diharapkan dari proses interaksi karena tenaga kerja dalam negeri berpotensi menjadi buruh di negara sendiri.

  1. Tersingkirnya produk dalam negeri

Bukan hanya tenaga kerja saja yang tersingkir, tapi kemudahan interaksi antara negara juga dapat berdampak negatif pada tersingkirnya produk-produk dalam negeri. Hal itu bisa saja dipengaruhi oleh kalah bersaingnya produk dalam negeri dibandingkan produk-produk yang berasal dari negara lain.

Untuk mengatasi hal ini, yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kualitas produk dalam negeri serta menanamkan sikap dalam diri kita agar mencintai produk-produk dalam negeri, tapi juga tidak boleh bersikap merendahkan produk negara lain.

  1. Alam terancam mengakami kerusakan

Dampak paling fatal dari terjadinya interaksi antar ruang adalah terjadinya kerusakan alam di dalam negeri, hal itu dikarenakan meningkatnya jumlah produksi yang tidak ramah lingkungan. Oleh sebab itu, perlu pengendalian dalam pemanfaatan sumber daya alam, terutama sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, misanya minyak dan gas, sebab apabila eksploitasi terus-menerus dilakukan maka sumber daya alam tersebut akan habis atau membutuhkan waktu ribuan tahun untuk terbentuk kembali.

Dampak Interaksi Antar Ruang Dalam Bidang Politik

Dampak interaksi antara ruang dalam bidang politik, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Memudahkan kerjasama politik antara negara

Interaksi antar ruang bukan hanya berdampak dalam bidang ekonomi, tapi dalam bidang politik pun tentunya turut merasakan dampaknya. Salah satunya yaitu memudahkan suatu negara untuk melakukan kerjasama politik dengan negara lainnya. Sebagai contoh kerjasama di bidang politik dan keamanan yang dilakukan oleh negara-negara anggota ASEAN, yaitu kerjasama dalam mewujudkan perdamaian di kawasan regional dan global

Kerjasama politik yang dapat dilakukan misalnya penempatan duta besar berkuasa penuh yang diikuti dengan pembukaan kedutaan besar di ibukota masing-masing negara dan konsulatnya; kunjungan diplomatik antar kepala negara, beserta jajaran menterinya; saling menghormati masalah politik dalam negeri masing-masing anggota dengan tidak mencampuri masalah dalam negeri.

  1. Menciptakan stabilitas politik

Kerjasama dalam bidang politik dapat berdampak positif pada terciptanya stabilitas politik. Sebagai contoh yaitu Traktat Persahabatan dan Kerjasama (The Treaty of Amity and Cooperation atau TAC) yang merupakan sebuah traktat yang tujuannya adalah untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia Tenggara, yang ditandatangani pada tahun 1979 oleh 5 Kepala Negara Pendiri ASEAN.

Pada tahun 1987, TAC diamandemen untuk membuka aksesi negara-negara di kawasan lain. Hingga tahun 2014, ada 32 (tiga puluh dua) negara, termasuk 10 negara ASEAN, yang telah mengaksesi TAC.

  1. Meningkatkan pastisipasi negara dalam menciptakan perdamaian dunia

Perdamaian dunia merupakan hal yang sangat penting dan menjadi tanggung jawab semua manusia yang ada di dunia. Melalui interaksi yang terjadi antar ruang (yang dalam hal ini cakupannya adalah antar negara), warga dari suatu negara bisa berpartisipasi dalam upaya mewujudkan dan meningkatkan perdamaian dunia.

Perdamaian dunia itu sendiri bisa diartikan sebagai sebuah gagasan kebebasan, perdamaian, dan kebahagiaan bagi seluruh negara dan/atau bangsa. Perdamaian dunia melintasi perbatasan melalui HAM, teknologi, pendidikan, teknik, pengobatan, diplomat dan/atau pengakhiran seluruh bentuk pertikaian yang terjadi di dunia dan menyangkut kepentingan seluruh umat manusia.

  1. Mudahnya penyebaran informasi politik dari berbagai belahan dunia

Seperti yang telah dituliskan di atas bahwa bentuk interaksi antar ruang bukan hanya berupa orang atau barang, tapi bisa juga berupa informasi, termasuk informasi-informasi dalam bidang politik dari negara-negara lainnya selama infromasi tersebut memang dipublikasikan agar dapat diakses dan dikatahui oleh orang-orang dari negara lainnya. Bilamana interaksi antarruang tidak langsung dapat terjadi komunikasi antar sesama sehingga satu sama lain dapat mengetahu situasi keadaan lingkungan di sekitarnya.

Misalnya informasi tentang Pemilihan Umum Presiden Amerika Serikat 2020 merupakan pemilihan presiden Amerika Serikat ke-59 yang diselenggarakan pada 3 November 2020, semua orang yang ada di dunia tentunya bisa mengetahui calon presiden maupun siapa yang akhirnya terpilih dari beragam artikel pemberitaan yang membahas hal tersebut.

  1. Masuknya ideologi asing ke dalam sebuah negara

Seperti halnya dampak inetraksi antar ruang dalam bidang ekonomi, dalam bidang politik terjadinya interaksi tersbeut juga dapat berdampak negative. Salah satunya adalah masuknya ideologi asing ke dalam sebuah negara yang seringkali tidak sesuai dengan ideologi asli dari negara tersebut.

Sebagai contoh Indonesia menganut ideologi Pancasila yang juga rawan terhadap pengaruh ideologi-ideologi lain yang tidak sesuai dengan Pancasila. Oleh sebab itu, sebagai bangsa Indonesia kita harus dapat mengamalkan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan harus pandai-pandai menyaring pengaruh ideologi asing yang masuk ke negara kita.

Demikianlah materi yang dapat dibagikan kepada segenap pembaca mengenai materi dampak interaksi dalam bidang ekonomi dan bidang politik. Semoga artikel yang di tuli sini dapat menambah wawasaan dan pengetahuan serta menjadi salah satu sumber referensi yang akan di cari.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.