5 Manfaat Batu Milonit dalam Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada
Kegunaan Batu Milonit
Kegunaan Batu Milonit

Batuan milonit merupakan bagian dari jenis batuan metamorf yang dibentuk oleh deformasi elastis selama pemotongan intens ketika terjadi pelipatan dan patahan, suatu proses yang disebut metamorfosis kataklastik atau dinamis.

Batuan milonit sering dimanfaatkan masyarakat dalam penggunaan iterior rumah, bangunan kantor, bangunan gedung dan sebagainya. Namun batuan milonit sering kali dimanfaatkan juga dalam bahan dasar untuk kontruksi bangunan.

Batu Milonit

Proses tersebut melibatkan penghancuran batuan induk yang hampir sempurna sehingga mineral asli hampir sepenuhnya dipecah dan mengkristal kembali sebagai butiran yang lebih kecil yang saling bertautan erat, membentuk batuan padat dan keras. Sebagai hasil dari pemotongan yang terjadi selama pembentukan, mineral rekristalisasi tumbuh secara istimewa di sepanjang bidang foliasi yang sejajar dengan arah geser di permukaan bumi.

Manfaat Batu Milonit

Manfaat batu milonit, dianataranya yaitu:

  1. Penggunaan interior

Batu milonit sangat bermanfaat untuk keperluan arsitektur, baik untuk penggunaan interior maupun eksterior ruangan agar tampak indah untuk dipandang. Untuk penggunaan interior, batu milonit dapat digunakan untuk agregat dekoratif dan dekorasi interior.

  1. Penggunaan eksterior

Untuk keperluan eskterior, batu milonit dapat digunakan sebagai batu bangunan, batu paving, hiasan taman, dan lain-lain. Sehingga dalam penggunaan batuan jenis ini seringkali diburu oleh orang karena mempunyai segudang manfaat yang ada.

  1. Industri konstruksi

Selain bermanfaat dalam bidang arsitektur, batu milonit juga bermanfaat dalam industri konstruksi, diantaranya yaitu untuk agregat jalan, lansekap, batu Jalan, dan lain-lain. Karena pada dasarnya kandungan yang ada pada jenis batuan milonit ini sering dimanfaatkan oleh banyak orang.

  1. Membuat barang kuno

Bukan hanya bermanfaat untuk keperluan arsitekstur dan konstruksi sajayang dimanfaatkan oleh banyak orang akan tetapi, batu milonit juga bermanfaat sebagai bahan untuk membuat barang-barang kuno, seperti artefak dan monumen.

  1. Penggunaan komersial

Seperti halnya jenis-jenis batu metamorf lainnya yang secara umum bermanfaat untuk konstruksi dan keperluan komersial, batu milonit pun memiliki nilai komersial untuk membuat karya seni, batu permata, dan perhiasan sehingga tidak jarang pula orang yang memanfaatkannya dalam hal keindahan.

Demikianlah artikel yang dapat diberikan mengenai materi manfaat batu milonit di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja dapat memberikan pengetahun bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkan referensinya.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.