Pengertian Satelit, Macam, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Satelit Adalah

Satelit adalah objek di ruang angkasa yang mengorbit atau melingkari objek yang lebih besar. Ada dua jenis satelit, yaitu alami (seperti bulan yang mengorbit Bumi) atau buatan (seperti Stasiun Luar Angkasa Internasional yang mengorbit Bumi). Ada puluhan satelit alami di anggota tata surya, dengan hampir setiap ciri planet memiliki setidaknya satu satelit. Saturnus, misalnya, memiliki setidaknya 53 satelit alami.

Satelit buatan, bagaimanapun, tidak menjadi kenyataan sampai pertengahan abad ke-20. Satelit buatan pertama adalah Sputnik, sebuah penyelidikan ruang angkasa seukuran bola Rusia yang lepas landas pada 4 Oktober 1957. Tindakan itu mengejutkan sebagian besar dunia barat, karena diyakini Soviet tidak memiliki kemampuan untuk mengirim satelit ke ruang.

Satelit

Satelit adalah bulan, planet atau mesin yang mengorbit planet atau bintang. Misalnya, planet Bumi adalah satelit karena mengorbit matahari. Demikian juga, bulan adalah satelit karena mengorbit Bumi. Biasanya, kata “satelit” mengacu pada mesin yang diluncurkan ke ruang angkasa dan bergerak di sekitar Bumi atau benda lain di ruang angkasa.

Bumi dan bulan adalah contoh satelit alami. Ribuan satelit buatan manusia, mengorbit Bumi. Beberapa mengambil gambar planet yang membantu ahli meteorologi memprediksi cuaca dan melacak badai.

Beberapa mengambil gambar dari planet lain, matahari, lubang hitam, materi gelap atau galaksi yang jauh. Gambar-gambar ini membantu para ilmuwan lebih memahami tata surya dan alam semesta.

Satelit lain masih digunakan terutama untuk komunikasi, seperti sinyal TV dan panggilan telepon di seluruh dunia. Sekelompok lebih dari 20 satelit membentuk Global Positioning System, atau GPS. Jika kita memiliki penerima GPS, satelit-satelit ini dapat membantu mengetahui lokasi persis kita.

Pengertian Satelit

Satelit adalah benda apa pun yang bergerak di jalur melengkung di sekitar planet. Jalur yang diikuti oleh satelit adalah orbit, yang terkadang berbentuk lingkaran. Untuk memahami mengapa satelit bergerak dengan cara ini, kita harus mengingat kembali yang dikemukakan oleh Newton.

Newton mengusulkan bahwa gaya gravitasi ada di antara dua benda di alam semesta. Jika bukan karena gaya ini, sebuah satelit yang bergerak di dekat sebuah planet akan terus bergerak dengan kecepatan dan arah yang sama – garis lurus. Namun, jalur inersia garis lurus satelit ini, diimbangi oleh gaya tarik gravitasi yang kuat yang diarahkan ke pusat planet.

Satelit tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Tetapi sebagian besar memiliki setidaknya dua bagian yang sama antena dan sumber energi. Antena mengirim dan menerima informasi, sering ke dan dari Bumi. Sumber energi dapat berupa panel surya atau baterai. Panel surya menghasilkan tenaga dengan mengubah sinar matahari menjadi listrik.

Banyak satelit NASA membawa kamera dan sensor ilmiah. Kadang-kadang instrumen ini menunjuk ke arah Bumi untuk mengumpulkan informasi tentang tanah, udara, dan airnya. Di waktu yang lain mereka menghadap ke luar angkasa untuk mengumpulkan data dari tata surya dan alam semesta

Pengertian Satelit Menurut Para Ahli

Adapun definisi satelit menurut para ahli, antara lain:

  1. Collins Dictionary, Pengertian satelit adalah objek yang telah dikirim ke luar angkasa untuk mengumpulkan informasi atau menjadi bagian dari sistem komunikasi. Satelit bergerak terus-menerus di sekitar Bumi atau di sekitar planet lain.
  2. NASA, Definisi satelit adalah benda yang mengorbit di sekitar benda lain di luar angkasa.

Macam Satelit

Ada dua jenis satelit, yaitu satelit alami dan buatan manusia.

  1. Satelit Alami

Satelit alami adalah benda astronomi yang mengorbit planet atau planet kecil (atau kadang-kadang badan Tata Surya kecil lainnya). Ada 240 bulan yang diketahui di dalam tata surya, termasuk 163 yang mengorbit planet-planet, empat planet kerdil yang mengorbit, dan puluhan lainnya mengorbit badan tata surya kecil. Contoh satelit alami, diantaranya yaitu:

  1. Bulan

Bulan mengorbit Bumi setiap 27,3 hari sekali. Periode waktu ini disebut periode orbital atau periode sidereal. Namun, waktu dari satu bulan purnama ke bulan berikutnya adalah 29,5 hari (disebut periode sinode). Waktu tambahan ini adalah karena perubahan sudut ketika Bumi berputar mengelilingi Matahari.

Bulan tampaknya bergerak melintasi langit dari timur ke barat, dalam arah yang sama dengan Matahari bergerak. Namun, gerakan ini jelas dan tidak benar. Bulan sebenarnya mengorbit bumi di arah barat ke timur.

Alasan mengapa ia muncul di timur dan terletak di barat adalah karena rotasi aksial Bumi yang sangat cepat. Bumi berputar sekali setiap hari, dan Bulan mengorbit Bumi sekali setiap 27,3 hari.

Itu berarti bahwa gerakan orbital sejati Bulan di sekitar Bumi hanya dapat dilihat secara tidak langsung. Jarak yang dipindahkan oleh Bulan dalam 1 hari dapat diamati dengan membandingkan posisinya di langit pada satu waktu dengan posisi baru tepat 24 jam kemudian.

  1. Callisto

Callisto adalah satelit terbesar kedua Jupiter dan satelit ketiga terbesar di tata surya kita. Permukaannya adalah yang paling kawah dari benda apa pun di tata surya kita. Gambar Callisto yang ditangkap dengan pesawat ruang angkasa menunjukkan bintik-bintik putih terang menonjol di daerah yang lebih gelap.

Para ilmuwan berpikir daerah yang terang sebagian besar es dan daerah yang lebih gelap adalah daerah di mana es telah terkikis. Setelah dianggap sebagai tubuh batu mati dan tidak aktif, data yang dikumpulkan oleh pesawat ruang angkasa Galileo pada 1990-an menunjukkan Callisto mungkin memiliki lautan asin di bawah permukaan esnya.

Penelitian yang lebih baru mengungkapkan bahwa lautan ini mungkin terletak lebih dalam di bawah permukaan daripada yang diperkirakan sebelumnya, atau mungkin tidak ada sama sekali. Jika ada lautan, ada kemungkinan lautan berinteraksi dengan batu di Callisto, menciptakan habitat potensial untuk kehidupan.

  1. Phobos

Phobos adalah satelit Mars yang berdiameter 17 x 14 x 11 mil (27 kali 22 kali 18 kilometer). Itu mengorbit Mars tiga kali sehari, dan sangat dekat dengan permukaan planet sehingga di beberapa lokasi di Mars tidak dapat selalu terlihat.

Phobos mendekati Mars dengan kecepatan enam kaki (1,8 meter) setiap seratus tahun; pada tingkat itu, itu akan menabrak Mars dalam 50 juta tahun atau pecah menjadi sebuah cincin. Fiturnya yang paling menonjol adalah Kawah Stickney 6 mil (9,7 kilometer), dampaknya menyebabkan pola garis-garis di permukaan bulan.

  1. Satelit Buatan

Satelit buatan adalah satelit yang dibuat dan diluncurkan manusia ke orbit menggunakan roket. Saat ini ada lebih dari seribu satelit aktif yang mengorbit Bumi. Ukuran, ketinggian, dan desain satelit tergantung pada tujuannya.

Satelit dibangun oleh para insinyur dan membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk dibangun. Satelit harus diuji berkali-kali untuk memastikan satelit siap diluncurkan ke luar angkasa. Contoh satelit buatan, diantaranya yaitu:

  1. Satelit Cuaca

Satelit cuaca adalah jenis satelit yang terutama digunakan untuk memantau cuaca dan iklim Bumi. Satelit dapat mengorbit kutub, menutupi seluruh Bumi secara tidak sinkron, atau geostasioner, melayang di atas tempat yang sama di khatulistiwa.

Satelit Lingkungan Operasional Geostasioner atau Geostationary Operational Environmental Satellite (GOES) adalah salah satu contoh satelit cuaca. 

  1. Satelit Komunikasi

Satelit komunikasi memungkinkan percakapan telepon dan data disampaikan melalui satelit. Satelit komunikasi umum termasuk Telstar dan Intelsat.

Fitur terpenting dari satelit komunikasi adalah transponder – radio yang menerima percakapan pada satu frekuensi dan kemudian memperkuatnya dan mentransmisikannya kembali ke Bumi pada frekuensi lain. Satelit biasanya berisi ratusan atau ribuan transponder.

Contoh satelit komunikais misalnya satelit Optus D1 berada dalam orbit geostasioner di atas garis khatulistiwa dan memiliki jangkauan jejak untuk memberikan sinyal ke seluruh Australia dan Selandia Baru.

  1. Satelit Ilmiah atau Satelit Astronomi

Satelit ilmiah, seperti Hubble Space Telescope, melakukan segala macam misi ilmiah. Mereka melihat segala sesuatu mulai dari bintik matahari hingga sinar gamma. Satelit seperti Hubble Space Telescope mengorbit pada ketinggian 600 km dan memberikan gambar yang sangat tajam tentang bintang dan galaksi jauh. Teleskop ruang angkasa lainnya termasuk Spitzer dan Chandra.

  1. Satelit Navigasi

Satelit navigasi membantu kapal dan pesawat menavigasi. Yang paling terkenal adalah satelit GPS NAVSTAR. GPS (global positioning system) terdiri dari 24 satelit yang mengorbit pada ketinggian 20.000 km di atas permukaan bumi. Perbedaan waktu untuk sinyal yang diterima dari empat satelit digunakan untuk menghitung lokasi pasti dari penerima GPS di Bumi.

  1. Satelit Pengamat Bumi

Satelit pengamat bumi memeriksa planet untuk perubahan dalam segala hal, dari suhu ke hutan ke cakupan lapisan es. Yang paling terkenal adalah seri Landsat.

  1. Satelit Militer

Satelit militer berguna untuk menyampaikan komunikasi terenkripsi, pemantauan nuklir, mengamati pergerakan musuh, peringatan dini peluncuran rudal, menguping pada tautan radio terestrial, pencitraan radar dan fotografi (menggunakan apa yang pada dasarnya adalah teleskop besar yang mengambil gambar dari area yang menarik secara militer).

  1. Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS)

Ini adalah laboratorium ruang layak huni. Pada ketinggian 400 km, ISS bergerak dengan kecepatan 28.000 km / jam dan mengorbit Bumi setiap 92 menit sekali. Para ilmuwan di dalam ISS mampu melakukan banyak percobaan berharga dalam lingkungan gayaberat mikro.

Ciri Satelit

Ciri-ciri satelit alami, diantaranya yaitu:

  1. Mengorbit planet atau benda lain yang lebih besar dari dirinya dan yang bukan buatan manusia.
  2. Sifat orbital dan komposisi satelit alami memberi kita informasi penting tentang asal dan evolusi sistem satelit.
  3. Satelit alami yang mengorbit relatif dekat dengan planet ini pada orbit prograde umumnya diyakini telah terbentuk dari wilayah reruntuhan yang sama dari cakram protoplanet yang memunculkan primernya.
  4. Sebaliknya, satelit tidak beraturan (umumnya mengorbit pada orbit jauh, cenderung, eksentrik dan / atau retrograde) dianggap sebagai asteroid yang mungkin lebih jauh terfragmentasi oleh tumbukann.

Ciri-ciri satelit buatan bisa dilihat dari ukuran dan ketinggiannya yang bervariasi. Beberapa satelit kubus berukuran 10 cm. Beberapa satelit komunikasi memiliki panjang sekitar 7 m dan memiliki panel surya yang panjangnya 50 m.

Satelit buatan terbesar adalah Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Bagian utama dari ini adalah sebesar lima kamar tidur besar, tetapi termasuk panel surya, itu adalah sebesar lapangan rugby.

Ketinggian satelit di atas permukaan bumi juga bervariasi. Ketinggian yang dipilih untuk satelit tergantung pada pekerjaan yang dirancang untuknya. Tiga orbit yang umum dari satelit, meliputi:

  1. Low Earth orbit (LEO) – dari 200 hingga 2.000 km, misalnya, ISS mengorbit pada 400 km dengan kecepatan 28.000 km / jam, dan waktu untuk satu orbit sekitar 90 menit.
  2. Medium Earth orbit (MEO) – sebagian besar satelit MEO berada di ketinggian 20.000 km, dan waktu untuk satu orbit adalah 12 jam.
  3. Geostationary orbit (GEO) – 36.000 km di atas Bumi. Waktu untuk satu orbit adalah 24 jam. Ini agar sesuai dengan rotasi Bumi sehingga satelit tampak tetap di atas titik yang sama di atas permukaan Bumi. Ini digunakan untuk banyak satelit komunikasi dan cuaca.

Itulah tadi artikel lengkap yang bisa kami tuliskan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan pengertian satelit menurut para ahli, macam, ciri, dan contoh dalam berbagai bidang. Semoga bisa memberikan referensi bagi kalian yang membutuhkannya.

Sumber Referensi
  1. What Is a Satellite? Dari https://www.nasa.gov/audience/forstudents/5-8/features/nasa-knows/what-is-a-satellite-58.html
  2. What Is a Satellite? Dari https://science.howstuffworks.com/satellite1.htm
Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *