Perbedaan Hewan Vertebrata dan Avertebrata

Diposting pada

Perbedaan Hewan Vertebrata dan Avertebrata

Kingdom animalia diklasifikasikan menjadi dua kelompok besar, yaitu vertebrata dan avertebrata. Vertebrata maupun avertabrata diperlukan bagi alam dan keduanya saling bergantung satu sama lain untuk mendukung kelangsungan hidup masing-maisng. Namun untuk mengetahui perbedaan diantaranya keduanya, kita perlu mengetahui masing-masing ciri dan keragaman organisme tersebut. Fungsi tulang belakang pada hewan adalah untuk menopang tubuh hewan tersebut dan melindungi sumsum tulang belakang.

Secara umum perbedeaan antara vertebrata dan avertebrata yaitu vertebrata merupakan hewan dengan karakteristik utama memiliki tulang belakang, ciri hewan vertebarata tersebut adalah umum untuk semua hewan. Kelompok utama yang termasuk hewan vertebrata adalah  ikan, amfibi, reptil, burung dan mamalia. Sedangkan ciri hewan avertabrata merupakan hewan yang memiliki karakteristik utama tidak memiliki tulang belakang. Kelompok utama yang termasuk hewan avertebrata adalah  serangga, annelida, moluska, echinodermata, protozoa, krustasea, dan arakhnida.

Hewan Vertebrata dan Avertebrata

Pada sebagian besar chordata, notochord digantikan oleh serangkaian tulang yang saling terkait selama perkembangan awal. Kehadiran tulang-tulang inilah yang menentukan apakah suatu hewan adalah vertebra atau avertebrata. Contoh hewan vertebrata ikan dan hewan mamalia sedangkan contoh hewan avertebrata ubur-ubur, cacing, bekicot dan lain-lain.

Perbedaan Hewan Vertebrata dan Avertebrata

Perbedaan antara vertebrata dan avertebarata dapat ditinjau dari beberapa aspek, anatra lain:

  1. Habitat 

Baik vertebrata maupun avertevrata dapat hidup di berbagai habitat, tapi pada dasarnya vertebrata bisa menyesuaikan diri di semua habitat dengan mudah. Hal itu disebabkan karena vertebrata memiliki sistem saraf yang sangat berkembang dan kerangka internal yang memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan darat, laut, dan udara.

Namun demikian, avertebrata juga ditemukan di berbagai habitat, mulai dari hutan dan gurun, hingga gua dan lumpur dasar laut. 

  1. Populasi 

Hingga saat ini, hampir 2 juta spesies avertebrata telah diidentifikasi. 2 juta spesies tersebut membentuk sekitar 98% dari total hewan yang diidentifikasi di seluruh kingdom animalia, yaitu 98 dari 100 jenis hewan di dunia saat ini adalah avertebrata. Di sisi lain, vertebrata hanya membentuk 2% dari spesies hewan.

  1. Klasifikasi 

Vertebrata dapat diklasifikasikan menjadi lima kelas, yang terdiri atas ikan, amfibi, reptil, burung, dan mamalia. Sebaliknya, yang termasuk contoh avertebrata diantaranya yaitu spons, ubur-ubur, anemon laut, bintang laut, bulu babi, teripang, cacing, cumi-cumi, gurita, siput, bivalvia, laba-laba, kecoa, dan lain-lain. 

  1. Ukuran

Salah satu perbedaan mencolok antara vertebrata dan avertebrata adalah ukurannya. Avertebrata, seperti cacing, kerang, dan serangga, berukuran kecil dan bergerak lambat karena tidak memiliki cara efektif untuk menopang tubuh yang besar dan otot yang dibutuhkan untuk memberinya tenaga. Tetapi ada beberapa pengecualian, seperti cumi-cumi, yang ukurannya mungkin mendekati 15 meter (50 kaki).

Vertebrata memiliki sistem pendukung serbaguna, sehingga vertebrata memiliki kemampuan untuk mengembangkan tubuh yang lebih cepat dan lebih besar daripada avertebrata. 

  1. Adaptasi terhadap lingkunga

Berbeda dengan avertebrata, vertebrata memiliki sistem saraf yang sangat berkembang, sehingga vertebrata bisa bereaksi dengan sangat cepat terhadap perubahan di lingkungan sekitar mereka. Inilah yang memberi mereka keunggulan kompetitif dibandingkan avertebrata.

Sedangkan, kebanyakan avertebrata memiliki sistem saraf yang lebih sederhana, dan perilaku mereka hampir seluruhnya berdasarkan naluri. Sistem ini bekerja dengan baik pada sebagian besar waktu, meskipun hewan-hewan avertebrata seringkali tidak mampu belajar dari kesalahan mereka.

Misalnya, ngengat berulang kali berkibar di sekitar cahaya terang, bahkan berisiko terbakar. Pengecualian penting adalah gurita dan kerabat dekatnya, yang dianggap sebagai salah satu hewan paling cerdas di dunia avertebrata.

Demikianlah materi yang dapat dibagikan kepada pembaca mengenai materi perbedaan hewan vertebarata dan avertebrata. semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada segenap pembaca serta dapat menjadi salah satu sumber referensi untuk mencari informasi yang terkait.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.