Pengertian Sumberdaya Alam, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

pengertian sumber daya alam

Bumi merupakan satu–satunya planet pada sistem tata surya yang memiliki unsur makhluk hidup di dalamnya. Kehidupan yang terdapat di planet bumi didukung oleh keberadaan oksigen dan air yang terdapat di planet bumi. Unsur oksigen diperlukan makhluk hidup (manusia, binatang, dan tumbuhan) untuk bertahan hidup. Unsur air pada keperluannya untuk menunjang kehidupan sama pentingnya dengan unsur oksigen. Selain kedua unsur tersebut di dalam bumi juga terdapat sumberdaya alam untuk penunjang kebutuhan makhluk hidup

Makhluk hidup tidak dapat terlepas dari fungsi sumberdaya alam bagi proses kehidupan. Sayangnya sumberdaya alam banyak yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai ulasan tentang pengertian sumberdaya alam, jenis, fungsi, dan contohnya.

Sumberdaya Alam

Sumberdaya hakekatnya berasal dari bahasa inggris “resource” , maka dari itu secara kepenulisan sumberdaya tidak boleh dipisahkan. Bahkan dalam spesifikasinya sumberdaya alam pada dasarnya mempunyai 2 jenis, yakni sumberdaya alam hayati berupa hewan dan tumbuhan. Serta sumberdaya alam non hayati berupa semua jenis bahan tambang dan panas bumi.

Sumberdaya alam juga ada sebagai sumberdaya alam yang dapat diperbarui dan sumberdaya alam yang tidak dapat diperbarui. Oleh karenanya itulah kebutuhan manusia tidak akan terpisahkan dari prosesi pemanfaatan dalam jenis sumber daya alam.

Pengertian Sumberdaya Alam

Sumberdaya alam adalah seluruh sesuatu dengan unsur alamiah dan dapat diterapkan dalam pemanfaatannya untuk penunjang kebutuhan hidup manusia. Manusia itu sendiri juga merupakan sumberdaya bagi suatu negara dan perusahaan. Sumberdaya dalam bentuk manusia disebut sebagai sumberdaya manusia.

Pengertian Pengertian Sumberdaya Alam Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian sumber daya alam menurut beberapa ahli

Terdapat beragam pengertian sumberdaya alam yang dikemukakan oleh para ahli, yang pada dasarnya mengacu pada satu hal yaitu kebermanfaatan sumberdaya alam untuk memenuhi kebutuhan hidip manusia. Beberapa pengertian tersebut diantaranya yaitu:

Ireland (1974) dalam Soerianegara (1977)

Sumberdaya Alam adalah keadaan lingkungan alam yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Zikry Maulana (2014 )

Sumberdaya Alam didefinisikan sebagai segala bentuk materi, energi, ruang, waktu dan keanekaragaman yang diperlukan oleh mahluk hidup utk mempertahankan kelestariannya.

Wikipedia

Sumber daya Alam (Natural Resouces) ialah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Yang termasuk di dalamnya bukan hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan lapisan tanah.

Jenis Sumberdaya Alam

Pada pengertian lain sumberdaya alam memiliki arti sebagai semua unsur yan terdapat di alam dan dapat dimanfaatkan oleh manusia dengan cara mengambilnya sebijak mungkin agar tidak cepat habis untuk digunakan sebagai kebutuhan hidupnya. Berikut adalah beberapa jenis dari sumberdaya alam.

Sumberdaya Alam Berdasarkan Sifatnya

Penggolongan jenis sumberdaya alam yang ditinjau dari sifatnya yang pertama digolongkan berdasarkan sifatnya. Klasifikasi jenis sumberdaya alam yang ditinjau dari sifatnya terbagi 2 macam, yaitu sumberdaya alam yang dapat diperbarui dan sumberdaya alam yang tidak dapat diperbarui. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Sumberdaya Alam yang Dapat Diperbarui

Sumberdaya alam jenis ini tidak akan habis walaupun dipakai secara terus menerus. Sumberdaya alam yang dapat diperbarui karena akan terus memproduksi jumlahnya secara tidak terbatas dengan jangka waktu yang berkala. Contoh dari sumberdaya alam yang dapat diperbarui adalah hewan, tumbuhan, air, udara, tanah, dan sinar matahari. Baca jugaContoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui

Sumberdaya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumberdaya alam yang tidak dapat diperbarui mengandung maksud babhwa sumberdaya alam jenis ini jumlahnya akan habis apabila dipakai secara terus–menerus secara tidak bijak. Sumberdaya alam jenis ini dalam proses pembentukannya memerlukan waktu yang sangat amat lama sekali.

Sehingga jika digunakan secara terus–menerus jumlahnya akan habis dan tidak terasa lagi manfaatnya. Contoh dari sumberdaya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumberdaya alam berupa bahan galian seperti minyak, emas, logam, dan lain sebagainya. Baca jugaContoh Sumberdaya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumberdaya Alam Berdasarkan Jenisnya

Yang pertama tadi adalah klasifikasi sumberdaya alam yang ditinjau dari sifatnya. Lalu yang kedua ini adalah klasifikasi sumberdaya alam yang ditinjau berdasarkan sifatnya. Sumberdaya alam berdasarkan sifatnya penjelasannya adalah sebagai berikut;

Sumberdaya Alam Hayati atau Sumberdaya Alam Biotik

Sumberdaya alam hayati atau sumberdaya alam biotik adalah sumberdaya alam yang berasal dari 2 jenis makhluk hidup yaitu tumbuhan dan hewan. Sumberdaya alam hayati yang berasal dari hewan adalah telur, daging, ikan, dan lain – lain. Sedangkan sumberdaya alam hayati yang berasal dari tumbuhan adalah segala jenis tanaman.

Sumberdaya Alam Non Hayati atau Sumberdaya Alam Abiotik

Sumberdaya alam non hayati atau sumberdaya alam abiotik adalah sumberdaya alam yang berasal dari benda mati seperti tanah, air, udara, sinar matahari, dan hasil bahan galian seperti minyak bumi, emas, logam, dan lain–lain.

Sumberdaya Alam Berdasarkan Pembentukannya

Klasifikasi jenis sumberdaya alam yang ketiga adalah jenis sumberdaya alam yang ditinjau berdasarkan proses pembentukannya. Sumberdaya alam berdasarkan proses pembuatannya dibedakan atas 4 jenis yang penjelasannya sebagai berikut.

Sumberdaya Alam Materi

Sumberdaya alam materi adalah sumberdaya alam yang berasal dari benda mati namun sumberdaya alam jenis ini dapat diambil dari alam secara langsung melewati beberapa proses pengambilan bahan tambang dan diolah terlebih dahulu sehingga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup masyarakat.

Sumberdaya Alam Energi

Sumberdaya alam energy adalah sumberdaya alam yang hasil dari pengeluaran energinya dapat menjadi mandaat untuk kebutuhan hidup manusia. Contoh dari sumberdaya alam energy adalah minyak bumi, batu bara, panas bumi, sinar matahari, air, dan lain sebagainya.

Sumberdaya Alam Ruang

Sumberdaya alam ruang adalah sumberdaya alam yang bentuknya adalah ruang, waktu, atau lokasi yang dapat diambil manfaatnya untuk kebutuhan hidup manusia agar keberlangsungan hidupnya dapat terpenuhi. Letak astronomis, geografis, topografi, serta kenampakan suatu wilayah mempengaruhi keberadaan sumberdaya ruang. Contoh dari sumberdaya alam ruang adalah gunung, bukit, lembah, danau, dan lain – lain.

Sumberdaya Alam Waktu

Sumberdaya alam waktu adalah sumberdaya alam yang kehadirannya untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dipengaruhi oleh keadaan musim, iklim, cuaca, temperatur, suhu, dan waktu. Contoh dari sumberdaya alam waktu adalah di daerah yang kering jarang ditemukan air bersih pada saat musim kemarau tetapi saat terjadinya musim hujan keberadaan air akan sangat amat berlimpah sekali.

Sumberdaya Alam Berdasarkan Daya Pakai dan Nilai Ekonomis

Klasifikasi jenis sumberdaya alam yang keempat adalah jenis sumberdaya alam yang ditinjau dari daya pakai dan nilai ekonomisnya. Sumberdaya alam jenis ini terbagi menjadi 2 yang mana penjelasannya adalah sebagai berikut.

Sumberdaya Alam Ekonomis

Sumberdaya alam nilai ekonomis adalah sumberdaya alam yang memiliki nilai ekonomi tinggi bagi perdagangan. Sumberdaya alam ekonomi ini contohnya adalah emas, minyak bumi, batu bara, dan lain–lain.

Sumberdaya Alam Daya Pakai

Sumberdaya alam daya pakai adalah sumberdaya alam yang pemakainnya dibutuhkan sepanjang waktu oleh seluruh jenis makhluk hidup. Sumberdaya alam daya pakai contohnya adalah sinar matahari, udara, dan air.

Sumberdaya Alam Berdasarkan Lokasinya

Klasifikasi jenis sumberdaya alam yang kelima ini adalah pembagian sumberdaya alam yang ditinjau dari lokasinya. Sumberdaya alam berdasarkan lokasinya dibedakan menjadi 2, penjelasannya adalah sebagai berikut.

Sumberdaya Alam Akuatik

Sumberdaya alam akuatik adalah sumberdaya alam yang dihasilkan oleh daerah perairan seperti laut, sungai, danau, dan rawa–rawa. Contoh dari sumberdaya alam akuatik adalah ikan, kepiting, batuan sungai, dan lain – lain.

Sumberdaya Alam Terrestrial

Sumberdaya alam terrestrial adalah sumberdaya alam yang dihasilkan oleh daerah daratan. Contoh dari sumberdaya terrestrial ini adalah hasil pertanian, hasil hutan, hasil kebun, hasil tambang, dan lain sebagainya.

Pemanfaatan Sumberdaya Alam

Sumberdaya alam jika dimanfaatkan dengan baik akan menunjang segala kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainya. Tetapi jika sumberdaya alam tidak dimanfaatkan dengan baik akan timbul kemubadziran yang akan merugikan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Potensi sumberdaya alam bisa berdampak pada timbulnya lapangan pekerjaan baru. Sebagai contoh terdapatnya bahan tambang emas di daerah Papua dapat menjadi lapngan pekerjaan dengan upah yang tinggi dikarenakan pada dasarnya emas mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Ditambah lagi dengan negara Indonesia yang merupupakan negara agraris yang sebagian penduduknya mempunyai mata pencaharian sebagai petani dan nelayan akan memanfaatkan hasil pertanian dan hasil tangkapan laut guna diekspor ke luar negeri.

Sudah merupakan tugas kita sebagai manusia untuk turut menjaga keberadaan sumberdaya alam di muka bumi ini agar generasi manusia di masa yang akan datang dapat merasakan manfaat dari ketersediannya sumberdaya alam di muka bumi ini.

Nah, penjelasan diatas merupakan sedikit materi tentang sumberdaya alam. Semoga dengan hadirnya artikel diatas dapat membantu pembaca dalam mempelajari materi tentang sumberdaya alam. Maju terus pendidikan Indonesia. Terima Kasih!

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *