4 Tujuan Dilakukannya Reklamasi dan Contohnya

Diposting pada

Tujuan Reklamasi

Praktik reklamasi dilakukan berbagai negara pada hakekatnya menjadi bagian daripada kegiatan yang memungkinkan penambahan lahan guna mendukung produksi pertanian dalam pemenuhan tanaman pangan, lahan jerami, padang rumput, tanaman bioenergi, bahkan sebagai penyedian hunian dan tempat wisata.

Prihal inilah tujuan penggunaan lahan direklamasi senantisa mengatasi laju pertumbuhan penduduk tidak terbatas sedangkan luas wilayah dan perwilayahan tidak terbatas. Sehingga banyak pihak memberikan konsep untuk penambahan lahan tersebut.

Reklamasi

Reklamasi adalah kegiatan penambangan yang bertujuan untuk menghasilkan kondisi tanah dan air guna memenuhi kebutuhan manusia. Dimana prihal ini bentang alam yang ditambang memenuhi kebutuhan manusia ketika itu bisa mendukung usaha ekonomi yang layak dan bentuk lain dari pengembangan masyarakat.

Tujuan Reklamasi

Reklamasi memiliki tujuan yang beragam, diantaranya;

  1. Menjadi kawasan baru yang lebih bermanfaat

Tujuan adanya reklamasi menurut Modul Terapan Pedoman Perencanaan Tata Ruang Kawasan Reklamasi Pantai Tahun 2007 ialah untuk menjadikan kawasan perairan yang mengalami kerusakan atau belum termanfaatkan menjadi kawasan baru yang lebih baik dan bermanfaat.

Dimana khususnya pada kawasan daratan baru yang dihasilkan dari proses reklamasi bisa dimanfaatkan untuk:

  1. Kawasan permukiman
  2. Kawasan perindustrian
  3. Kawasan bisnis dan pertokoan
  4. Kawasan pelabuhan udara
  5. Kawasan perkotaan
  6. Kawasan pertanian
  7. Jalur transportasi alternatif
  8. Reservoir air tawar di pinggir pantai
  9. Kawasan pengelolaan limbah dan lingkungan terpadu
  10. Sebagai tanggul perlindungan daratan lama dari ancaman abrasi
  11. Kawasan wisata terpadu
  1. Memperoleh kembali tanah yang hilang

Tujuan adanya reklamasi dari aspek fisik dan lingkungan sebagaimana yang secara nyata bisa dilihat ialah agar dapat memperoleh kembali lapisan tanah yang hilang akibat gelombang laut. Disinilah, fungsi utama penambahan lahan sebagai tempat tinggal.

  1. Mendapatkan Kawasan Baru

Diakui ataupun tidak, untuk mendapatkan tanah baru di kawasan depan garis pantai sangat sulit, apalagi untuk keperluan mendirikan bangunan yang akan dimanfaatkan sebagai benteng perlindungan garis pantai agar tidak terjadi erosi.

Sehingga dengan adanya permasalahan tersebutlah dalam konsep pembangunan berwawasan lingkungan adanya pembangunan reklamasi diharapkan tetap menjaga kondisi alam serta menambah kawasan untuk kemudian di kelola.

  1. Langkah dalam pengembangan kota

Reklamasi dilakukan oleh negara atau kota-kota besar yang mengalami peningkatan laju pertumbuhan dan kebutuhan lahannya sangat pesat, tapi terkendala dengan semakin sempitnya lahan daratan (mengalami keterbatasan lahan).

Dengan kondisi yang demikian, pemekaran kota ke arah daratan sudah tidak memungkinkan lagi untuk dilakukan, sebagai solusinya diperlukan daratan baru melalui upaya reklamasi.

Contoh Reklamasi

Adapunya untuk contoh atas keberhasilan reklamasi. Misalnya saja;

  1. Singapura

Haruslah diakui bahwa Singapura menjadi satu-satunya negara maju di kawasan Asia Tenggara. Wilayah negara ini sejatinya lebih sempit daripada New York yang ada di Amerika Serikat. Dengan jumlah penduduk yang padat maka tak khayal pemerintah Singapura pada awal abad ke-19 sampai 20 melakukan reklamasi untuk daerah-daerahnya.

Tujuannya jelas, yaitu guna menopang kawasan komersial, permukiman, industri, dan pemerintahan yang sudah ada, termasuk kawasan resmi dan militer.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya tujuan reklamasi dan contohnya. Semoga saja mampu memberi wawasan sekaligus pengetahuan bagi semua kalangan yang sedang membutuhkan referensinya.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.