Tumbuhan Langka di Dunia

Diposting pada

Keragaman flora dan fauna di dunia memiliki keunikan dan karakteristik tertentu yang ada di berbagai macam belahan dunia. Keunikan flora dan fauna dipengeruhi beberapa faktor pembentukannya yang terjadi secara naluriah serta alamiah.

Pada artikel kali ini kita lebih membahas mengenai flora yang ada di dunia. Terdapat 5 benua besar yang ada di permukaan bumi kita tercinta ini. Benua Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia memiliki keunikan flora tersendiri yang tidak dimiliki oleh negara lain. Namun, keunikan jenis flora yang ada di dunia terbatasi oleh kelangkaan yang sudah sulit ditemukan keberadaan alamiahnya di tempat aslinya. Biasanya beberapa tumbuhan langka hanya ditemukan pada pengertian cagar alam tertentu. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai beberapa tumbuhan langka yang terdapat di seluruh penujuru dunia;

Tumbuhan Langka di Dunia

Daftar mengenai tumbuhan langka di dunia ini tidak terleas dari keberannya yang kerapkali banyak dimanfaatkan oleh manusia secara berlebihan tanpa lagi mempergunakan konsep dalam pembangunan berkelanjutan. Sehingga jumlahnya semakin terancam, berikut inilah daftar tumbuhan langka di dunia, antara lain;

Welwitschia Mirabilis

Welwitschia mirabilis merupakan tanaman asli dari daerah sub tropis. Tumbuhan ini bisanya ditemukan di daerah Eropa dan Amerika. Namun juga kadang – kadang ditemukan di Australia. Tanaman ini juga dapat kita saksikan di Kebun Raya Bogor. Karena Kebun Raya Bogor merupakan taman nasional atau tempat cagar alam bagi beberapa tanaman langka. Welwitscia mirabilis tumbuh dan berkembang dengan baik di iklim yang cenderun sejuk.

Tanaman ini tidak mampu hidup di iklim tropis dikarenakan tidak kuat dengan suhu panas. Di kebun raya bogor tanaman ini mendapatkan perlakuan yang special agar dapat beradaptasi dengan suhu panas iklim tropis wilayah Indonesia. Kelangkaan tanaman ini disebabkan karena tanaman tersebut menghasilkan bunga yang sangat wangi hingga dijadikan dasar pembuataan parfum.

Parfum dengan bahan dasar tanaman welwitschia mirabilis memiliki nilai ekonomi tinggi yang dapat diperjual belikan di pasaran. Tanaman ini memiliki ciri–ciri berdaun mungil dan berbuah sedikit namun sangat harum sekali baunya. Persebaran alamiah tanaman ini biasa ditemukan di negara Norwegia, Swedia, Skotlandia, Rusia, Turki, Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko. Baca jugaTumbuhan Langka di Indonesia

Dionaea Muscipula

Dionaea Muscipula merupakan tanaman langka yang berasal dari Afrika. Tanaman ini dikehidupan aslinya sudah jarang ditemukan karena hanya tumbuh sekitar 10 tahun sekali. Keberadaan tanaman dionaea muscipula dapat ditemukan di Madagaskar, Afrika. Dionaea muscipula memiliki ciri – ciri berdaun lebar dan berbuah lebat. Fungsi dari tanaman ini bagi manusia adalah untuk dijadikan sebagai hiasan.

Di Indonesia, kita tidak dapat menemukan tanaman ini karena jumlahnya yang sangat langka. Jika ingin melihat tanaman ini secara langsung kita dapat mengunjungi festival tumbuhan yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia setiap awal bulan Februari.

Rafflesia Arnoldi

Rafflesia Arnoldi merupakan tanaman yang berbau busuk dan ditemukan di Indonesia. Rfflesia Arnoldi ditemukan pertama kali oleh Sir Thomas Stanford Raffles pada tahun 1890 di Palembang, Sumatera Selatan. Tanaman ini merupakan tanaman raksasa dengan ukurannya jika mekar mencapai 55 kg dan lebar 3 meter. Tanaman ini mekar setiap 5 tahun sekali.

Kita dapat menyaksikan tanaman langka ini di dalam kebun raya bogor. Namun untuk melihat tanaman tersebut saat mkita perlu menunggunya sekitar 5 tahun sekali dan pada saat mekar jangan harap tanaman ini bunganya akan tercium wangi, melainkan baunya sangat amat busuk.

Bunga Bangkai

Bunga Bangkai memilik bau yang mirip dengan tanaman rafflesia arnoldi yaitu bau yang busuk. Perbedaan bunga bangkai dan rafflesia arnoldi adalah bunga Bangka bunganya berwarna hijau dan berbentuk lonjong dengan tumbuh ke atas.

Namun rafflesia arnoldi bunganya berwarna merah dan tubuh melebar. Bunga bangkai merupakan tanaman asli daerah tropis tepatnya di Indonesia yang kita dapat menemukannya secara alami di daerah Kalimantan dan Papua.

Desmodium Gyran

Desmodium gyran merupakan tanaman yang sudah tidak dapat ditemukan habitat alaminya di alam. Desmodium gyran merupakan jenis tanaman pepohonan yang memiliki daun rindang namun berbentuk kecil – kecil. Sehingga sinar matahari dapat menembus masuk ke dalam permukaan tanah. Desmodium gyran persebarannya saat masih ada dulu dapat ditemukan pada iklim sub tropis.

Tanaman desmodium gyran sekarang menjadi tanaman langka dikarenakan tumbuhan ini hanya tumbuh pada saat musim semi. Karena setelah musim semi muncul 3 musim lagi di kawasan sub tropism aka tanaman tersebut akan mati dan tidak tumbuh lagi. Hal ini yang menyebabkan tanaman desmodium gyran menjadi tanaman yang langka.

Hura Brasiliensis

Hura Brasiliensis merupakan tanaman bentuk pohon yang tinggi yang hanya dapat ditemukan di Amerika Selatan tepatnya di Negara Brazil. Pohon hura brasiliensis mempunyai ciri – ciri berbatang besar dan tinggi. Maka dari itu pepohonan jenis ini sering dimanfaatkan kayu nya untuk dibuat sebagai bahan dasar pembuatan rumah.

Jika di Indonesia tanaman pepohonan yang kayunya kuat digunakan sebagai bahan dasar bangunan, di Brazil juga mempunyai pohon yang kayunya kuat dijadikan bahan dasar pembuatan rumah. Tanaman hura brasiliensis sekarang kayunya menjadi amat sangat mahal dikarenakan jumlahnya yang sudah mulai jarang dan pertumbuhannya yang memakan waktu hingga puluhan tahun.

Bunga Jericho

Bunga Jericho merupakan tanaman khas daerah gurun. Bunga Jericho jumlahnya sangat sedikit di habitat aslinya di daerah gurun. Bunga Jericho memiliki sifat asli seperti tanaman kaktus. Yaitu dapat tumbuh dengan cara menyimpan cadangan air di batangnya. Persebaran bunga Jericho ini dapat ditemukan di Gurun Sahara dan Gurun Nevada. Bunga ini menjadi langka karena daunnya menjadi makanan pokok bagi beberapa hewan herbivora.

Namun kita dapat menemukan tanaman bunga Jericho di penangkaran cagar alam taman nasional bromo tengger semeru yang berada di Jawa Timur. Tanaman ini dibudidayakan sedemikian rupa agar terjaga kelestariannya.

Euphorbia Obesa

Euphorbia obesa merupakan tanaman asli daerah sub tropis di benua Eropa. Tumbuan ini memiliki bunga yang pada saat mekar berwarna merah. Tumbuhan ini juga memiliki ciri – ciri batang yang berduri untuk secara alamiah melindungi dirinya dari predator pemangsa. Tanaman euphorbia obesa sering dijadikan sebagai tanaman hias.

Tanaman euphorbia obesa dapat ditemukan di Indonesia di tempat penjualan tanaman – tanaman hias, namun jika ingin membeli tanaman ini harus siap untuk menyediakan biaya yang cukup mahal dikarenakan langkanya tanaman jenis ini.

Harga satu pot tanaman obesa yang belum berbunga biasanya dihargai sekitar Rp. 500.000.- hingga Rp. 1.000.000,- tergantung dari ukuran batang euphorbia obesa. Perawatan tanaman ini pun tidak sulit, cukup dengan melakukan pemupukan secara rutin saja.

Erysimum Menziesii

Sama seperti bunga Jericho, tumbuhan erysimum menziesii merupakan tanaman khas daerah gurun. Tanaman ini persebarannya meliputi daerah Benua Afrika tepatnya di daerah gurun. Tanaman erysimum menziesii sekarang menjadi langka karena pertumbuhannya di habitat aslinya tidak pesat naum sering diambil manusia untuk dijadikan tanaman hias.

Jade Vine Strongylodon Macrobotrys

Jade Vine Strongylodon Macrobotrys merupakan tanaman asli daerah sub tropis. Tanaman ini dapat ditemukan di daerah benua Eropa dan Amerika Utara. Tanaman ini sekarang menjadi langka dikarenakan sudah tidak cocok dengan suhu udara permukaan bumi yang tidak menentu, akhirnya tanaman ini sekarang mudah mati. Perlu budidaya yang sempurna supaya dapat melestarikan tanaman jenis ini.

Snowdia Hawkweed

Snowdia Hawkweed merupakan tanaman asli daerah kutub. Tanaman ini berbentuk rerumputan yang habitat aslinya merupakan tempat yang tertutup oleh salju. Tanaman ini menjadi langka karena sering diambil oleh beberapa jenis burung untuk dijadikan sarang.

Parrot’s Beak Lotus Berthelotii

Parrot’s beak lotus berthelotii merupakan tanaman asli daerah sub tropis. Tumbuhan ini biasa ditemukan di daerah Eropa. Tanaman jenis ini memiliki buah yang serupa dengan wortel. Tanaman ini langka karena buahnya merupakan wortel yang kaya manfaat dan terus menerus diambil manusia untuk dijadikan obat.

Ghost Orchid Epipogium Aphyllum

Ghost orchid epipogium aphyllum merupakan tanaman berwarna putih yang memiliki habitat asli di Eropa. Keunikan tanaman jenis ini adalah bersifat nocturnal. Yaitu buahnya mekar pada saat malam hari dan redup di kala siang hari.

Enchephalartos Woodii

Enchephalartos woodii merupakan tanaman berbentuk pohon besar yang hidup di daerah Amerika Selatan. Tumbuhan ini menjadi langka dikarenakan sering diambil pohonnya untuk dijadikan bangunan.

Lady Slippers Cypripedium Calceolus

Lady Slippers Cypripedium Calceolus adalah tanaman bunga yang berasal daeri negara spanyol. Tumbuhan jenis ini menjadi langka karena sering dijadikan tanaman hias yang bernilai ekonomi tinggi.

Demikianlah serangkaian tulisan mengenai daftar nama-nama dalam tumbuhan langka di Dunia dan manfaatnya yang sudah terancam. Semoga melalui referensi inilah bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan pembaca sekalian. Trimakasih,

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *